filming and inspirational location tour harry potter di London part 2

Hello World

Apa kabar? semoga selalu sehat, selamat datang kembali di tulisan saya bagian kedua terkait dengan Filming and Inspirational Location Tour di London. Pada tulisan sebelumnya saya sudah bahas beberapa tempat yang menjadi lokasi inspirasi dari JK Rowling untuk menulis buku Harry Potter dan juga tempat terkait pengambilan gambar pada film Harry Potter di London. Untuk tulisan kali ini, kita akan bahas tiga tempat terakhir yaitu Craven Street, St. Pancras Station, dan Leadenhall Market.

CRAVEN STREET

Rumah-rumah bergaya Georgian menghiasi Craven Street, sebuah jalan kecil di persimpangan Charing Cross. Rumah-rumah ini ternyata adalah inspirasi dari JK terhadap rumah paling fenomenal dan sering disebut dalam buku Harry Potter yaitu 12 Grimmauld Place yang merupakan rumah Keluarga Black. Sirius Black adalah ayah baptis dari Harry, rumah Keluarga Black didaulat sebagai rumah penyihir terutama penyihir bangsawan seperti yang dikisahkan oleh JK, dan rumah bergaya Georgian yang sering dilewati oleh JK di Craven Street ini membuat dia berimajinasi bahwa rumah ini menjadi cikal bakal rumah Keluarga Black. Dan satu lagi untuk tempat syuting Rumah Keluarga Black sebenarnya bukan di sini tapi ada satu tempat lagi dengan rumah bergaya Georgian yang mirip nama jalan nya adalah Claremont Square kebetulan saya tidak ke situ, tapi jika ada kesempatan lagi mudah mudahan bisa ke sana.

Suasana di Craven Street, jalan dengan rumah rumah bergaya Georgian
Salah satu rumah bergaya Georgian di Craven Street,struktur rumah mulai dari pintu sampai bata merah sangat mirip

Selain rumah rumah cantik di wilayah Craven Street, berdekatan dengan itu tepat nya antara Cecil Court dan St Martin Lane ada sebuah restoran makanan Greek (Yunani) dengan lambang seorang pria dengan sebuah tungku masak besar. Restoran ini info dari guide adalah inspirasi JK untuk lambang pub Leaky Cauldron yaitu salah satu pub yang ada di buku Harry Potter. Sebelum jadi restoran kabarnya tempat ini memang dulunya merupakan pub setidaknya pada saat JK masih bekerja dan sering melewati tempat ini. Tidak jauh dari situ, ada sebuah pub yang walaupun tidak dikemukakan oleh guide tapi saya suka pub nya malah mirip juga dengan Leaky Cauldron.

Lambang pria di abad pertengahan dengan tungku besar, inspirasi lambang Leaky Cauldron

Setelah melewati Craven Street kita tiba di St. Martin Lane dan di sini tur berakhir, seperti biasa free walking tour, di tempat ini si guide mulai memberikan kantong yang bisa kita isi dengan tips untuk apresiasi guide yang sudah mengajak kita keliling ke tempat-tempat menarik di tur ini.

Ini pub keren yang suasananya menurut saya mirip juga di Leaky Cauldron

ST. PANCRAS STATION

Setelah selesai dengan tour, saya masih penasaran dengan info yang didapat oleh tur guide di dua tempat terakhir. Pertama, adalah St. Pancras Station yang merupakan sebuah stasiun kereta di sebelah King Cross Station. Dimana tempat ini adalah tempat adegan mobil terbang ketika Harry dan Ron tidak bisa menembus Platform 9 3/4 di film Harry Potter kedua, interior dan eksterior dari stasiun ini keren dengan warna oranye yang sangat mencolok ditambah ada sebuah menara jam nya, namun adegan tersebut banyak di salah artikan oleh fans terutama fans di luar negeri (di luar UK) mereka mengira bahwa bangunan megah itu adalah King Cross Station, kabarnya hal ini cukup banyak mengecoh para penggemar termasuk saya sebagai yang menonton filmnya dimana saya mengira itu juga adalah King Cross Station padahal bangunan megah berwarna oranye itu adalah St. Pancras Station. Ya ampun baru sadar ya setelah belasan tahun dari film tersebut.

Sumber Youtube adegan di St Pancras Station, bertajuk flying car di Harry Potter kedua
Jika dari sudut ini terlihat kan bahwa tempat ini yang menjadi lokasi syuting Flying Car di Harry Potter kedua

LEADENHALL MARKET

Tempat kedua yang tidak dikunjungi di tur tapi sempat disebutkan oleh sang guide, sehingga membuat saya penasaran dan memutuskan untuk melihatnya sendiri, yaitu Leadenhall Market. Tempat ini merupakan tempat syuting dari tempat yang menjadi penghubung London dan Diagon Alley.

Arsitektur dari Leadenhall Market yang bergaya Victorian dan keren sekali

Leadenhall Market terletak di distrik dari kota London yang bernama City of London, distrik ini merupakan distrik bisnis di London, khususnya di perbankan dan keuangan. Cara untuk ke Leadenhall Market anda tinggal naik Tube dan bisa berhenti di Bank Station atau Monument Station. Setelah keluar dari stasiun tube kalian akan melihat para bankir banyak halu lalang di wilayah ini, dan banyak sekali cabang cabang bank berseliweran di sekeliling mata memandang, saya melihat ada cabang DBS,HSBC sampai pusat nya Bank of England.

Bagian dalam Leadenhall Market pencahayaan gedung sangat baik
Bagian luar Leadenhall Market juga tidak kalah menarik

Untuk pintu masuk ke Leadenhall Market adalah dari jalan Gracechurch Street. Awalnya Leadenhall Market adalah sebuah pasar dan sudah dibangun sejak abad ke 15, bayangkan saja sudah berapa umurnya, pada saat saya ke sana sedang dilakukan renovasi. Yang paling bikin saya kagum adalah arsitektur Victorian nya yang keren sekali, langit langitnya dihiasi dengan kaca kaca yang megah dan indah. Dulunya pasar ini menjual barang kebutuhan pokok seperti keju dan daging, sekarang menjadi market pub alias kumpulan pub dan restoran ternama, masing masing restoran punya tempat duduk di luar dan sangat menarik sekali bisa nongkrong sambil makan siang di tempat ini. Kabarnya juga tempat ini merupakan tempat makan siangnya para karyawan bank di sekitaran tempat ini.

Menarik sekali kalau bisa duduk di cafe dan restoran di Leadenhall Market ini

Memang tidak salah pilihan dari Chris Columbus sang sutradara film Harry Potter pertama memilih tempat ini, jadi dimana kah tepatnya syuting dilakukan. Jadi ada sebuah toko kacamata dan di situlah tempat syuting Harry Potter dan Hagrid diambil. Dimana di toko kacamata itu di film digambarkan sebuah toko dengan pintu hitam Hagrid dan Harry bersama sama masuk melalui pintu hitam dan kemudian mereka masuk ke sebuah pub berisi banyak penyihir yang akhirnya ujung dari pub itu menembus ke Diagon Alley.

Dan disini tempat syuting nya pub yang menjadi penghubung London dan Diagon Alley, sekarang jadi Optician tempat pembuatan kacamata
Adegan Harry dan Hagrid melewati Leadenhall Market menuju ke pub rahasia yang menghubungkan London dan Diagon Alley

Demikian kisah singkat part 2 tempat tempat yang menjadi inspirasi dan juga lokasi syuting Harry Potter. Mudah mudahan bisa menambah pengetahuan dan bisa membantu bagi yang ingin jelajah London dengan tema Harry Potter. Jika kalian ingin ikut tour tematik Harry Potter kalian bisa search saja di tripadvisor Harry Potter Tour London, dan ada banyak operator tour yang menawarkan tour ini tapi pastikan untuk membaca detailnya terutama di mana meeting point nya, apakah ini free walking tour, atau private tour, apakah sesuai budget, rutenya kemana saja, silahkan baca di masing-masing deskripsinya. Kalau saya karena lebih suka yang free walking tour maka saya cenderung memilih yang free walking tour. Berikutnya, untuk tempat inspirasi dan syuting Harry Potter tidak hanya ada di London tapi lumayan tersebar beberapa tempat lain di luar London namun masih di UK. Mulai dari film 1 sampai dengan 3, syuting dilakukan di beberapa tempat menarik di UK misalnya di Oxford, Edinburgh, Gloucester, dan Durham dan untuk saat ini masih menjadi bucket list saya untuk bisa bekunjung ke kota kota tersebut selain London. Semoga suatu hari nanti.

Namun mulai dari film ke empat sampai ke tujuh film mayoritas dilakukan syuting di Studio eksklusif dengan menggunakan efek CGI yang tidak lain adalah Harry Potter Studio London bagian dari Warner Bros Studio di London. Di Harry Potter Studio London kita bisa melihat langsung tempat syuting yang dirancang untuk Harry Potter, semuanya lengkap mulai dari Diagon Alley, Gringgots Bank, dan tempat terkenal lainya. Harry Potter Studio London juga adalah tempat wisata tapi biayanya lumayan besar dan harus ada reservasi dulu untuk bisa datang ke tempat ini karena biasanya tidak pernah sepi dari turis. Saya juga belum sempat ke sini, karena harus reservasi jauh jauh hari, tempatnya lumayan jauh dari London walaupun masih di sekitaran London, dan harus satu harian jika ingin melihat semua nya secara lengkap.

Demikian kisah saya meninjau lokasi perfilman tersebut, nantikan kisah selanjutnya yang tidak kalah seru saya akan menceritakan kisah tentang inspirasi travel lain nya.

Sampai Jumpa

Ferdi Cullen

Sumber foto adalah koleksi pribadi, video dari youtube

Written by

Hi my name is Ferdi, you can call me Ferdi Cullen. When I was a little boy I want to become a diplomat who can travel the world. However, my passion for technology is more powerful so I become one of an employee in telecommunication company in Indonesia. I believe with digital technology we can travel the world easier, and I already made it, 23 countries so far until 2017 and still counting. Recently, in 2018 I Live in Seattle, yes I'm a Seattleites and I'm ready to travel as a micro traveller around the US just stay tuned for my stories. If you want to contact me please don't hesistate to call me deen.froesson27@gmail.com Ferdi Cullen Seattle

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

#FDCG

SEBUAH CATATAN TENGIK ANAK TEKNIK

Yogesh Joshi Blogs

My personal experience of travel and love for Mountains.

Jalancerita

Tiap Perjalanan Punya Cerita

Asambackpacker01.wordpress.com

Perjalanan untuk mendapatkan pencerahan

djangki

Avant Garde

Momentum Kehidupan

Sumber Motivasi, Inspirasi, dan Pengembangan

Travelover Travelogue

Just a little story of my little adventure...

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

wanderlustJW

We travel not to escape life, but for life not to escape us.

Eka Hei

Selalu ada cerita dalam setiap langkah

leniaini blog

between thoughts and memories

DC Elseworlds

Live your fantasy here

Watashi no Sekai

All about my world

Catatan Perjalanan Hidupku ^^

Karena setiap detik perjalanan hidup adalah pelajaran, dan akan menjadi kenangan yang akan selalu membuatmu bersyukur :)

DEESUCII@DuniaSementara

senantiasa ada senyum dari-Nya dalam Kesyukuran dan Kesabaran tanpa tepi

Claraberkelana.com

Travel Stories

Catatan Kangsole

Tentang semua yang terlintas dan kenangan

秀賢の空

Welcome to the freakest blog that you ever see! Happy blogwalking!^^

Half-time Traveller

a Globe-trotter Wanna Be

simple Ula

I want to be rich. Rich in love, rich in health, rich in laughter, rich in adventure and rich in knowledge. You?

Nonikhairani

Once You Make a Decision, The universe Conspires To Make It Happen

Pink Traveler

Kemasi ranselmu dan pergilah melihat dunia

the travelearn

learning by traveling

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

%d bloggers like this: