FILMING AND INSPIRATIONAL LOCATION TOUR HARRY POTTER di london

Hello World,

Pada kesempatan tulisan ini ijinkan saya ingin berbagi pengalaman pada bulan Januari 2020, jadi pada kunjungan saya ke London sebelum pandemi saya berkesempatan untuk mengikuti sebuah free walking tour tematik dengan tema Harry Potter. Harry Potter merupakan sebuah brand yang sangat besar, setelah dirilisnya novel dan film pertama sampai ketujuh, United Kingdom (UK) sebagai negara asal JK Rowling sang penulis, tentu tidak mau ketinggalan untuk mempopulerkan brand ini. Salah satu caranya adalah beberapa tour guide di UK, mereka mengadakan filming and inspirational Location Tour terkait Harry Potter. Informasi yang ada dalam tulisan ini adalah dari sumber ketika saya mengikuti tour, dan dari beberapa sumber lain hasil riset saya sendiri. Dengan harapan setelah pandemi berakhir para penggemar Harry Potter dimanapun kalian berada bisa mendapat referensi dari tulisan saya ini.

Ini adalah rute Tour Harry Potter

Untuk memulai filming and inspirational location tour ini, saya jelaskan sedikit maksudnya inspirational location adalah tempat yang biasa dilalui oleh JK Rowling keseharian sehingga dia mendapat inspirasi dari tempat tersebut untuk dituangkan dalam novel Harry Potter dan filming location adalah tempat yang memang dijadikan tempat syuting untuk franchise film Harry Potter. Jadi ada kurang lebih 8 tempat yang akan kita kunjungi yaitu Trafalgar Square, Ministry of Defense Office, Scotland Palace, Great Scotland Yard, Cecil Court, Bedford Court, Leadenhall Market dan St. Pancras Station. Tulisan ini akan saya bagi 2 bagian, karena cukup banyak yang dibahas, jadi tetap membaca blog ini ya untuk lanjutan kisah nya.

TRAFALGAR SQUARE AND SOUTH AFRICAN EMBASSSY

Trafalgar Square di Hari Tur

Tour dimulai dari Trafalgar Square, saya sempat bingung kenapa kita mulai dari sini. Kemudian sang Guide menjelaskan bahwa JK Rowling bekerja di kantor UN yang tidak jauh dari Trafalgar Square jadi setiap hari dia selalu melewati tempat ini. Jadi bisa dikatakan di sinilah asal mula JK Rowling mendapat inspirasi dari buku yang dia tulis dengan judul Harry Potter. Saya sangat kagum dengan sosok JK, karena hanya dengan melihat bangunan atau tempat saja dia sudah punya imajinasai tingkat tinggi. Untuk mengenang kiprah JK Rowling di wilayah ini, acara premiere film Harry Potter terakhir yaitu Harry Potter and The Deathly Hallows part 2 dilakukan di Trafalgar Square ini. Kebetulan sang guide pada tahun 2011 hadir pada acara tersebut, dia pun menggambarkan kepada kami betapa hiruk pikuk nya kala itu bayangkan katanya Red Carpet terbaring sampai ke National Gallery dan banyak jalan ditutup untuk sebuah hari yang sangat bersejarah di dunia perfilman dan Harry Potter.

Video Suasana Premiere Harry Potter The Deathly Hallows Part 2

Selain kenangan premiere, ternyata ada satu bangunan yang letaknya di pojokan Trafalgar Square yang menjadi sumber inspirasi JK ketika masih bekerja di UN dan sering wara wiri di Trafalgar Square yang dia abadikan sebagai Gringotts Wizarding Bank. Bangunan itu merupakan kantor pemerintahan kedutaan dari Negara Afrika Selatan. Gedung Embassy South Africa ini menjadi cikal bakal bentuk Gringotss Wizarding Bank yaitu sebuah bank yang nasabahnya adalah para penyihir itu.

Gedung Embassy South Africa di pojok Trafalgar Square

MINISTRY OF DEFENSE, AND SCOTLAND PALACE

White Palace di depan Whitehall yang merupakan kompleks kantor pemerintahan UK

Perjalanan berlanjut ke Whitehall sekitaran White Palace, tempat ini merupakan kompleks kantor pemerintahan dari UK. Ada satu gedung yang sangat JK kagumi yang juga menjadi inpirasi JK dalam bukunya yaitu Gedung UK Ministry of Defense atau kantor Menteri Pertahanan UK, tempat ini menjadi inspirasi untuk membuat gedung Ministry of Magic di dalam buku, yaitu sebuah kementrian sihir yang bertanggung jawab mengurusi segala permasalahan dunia Sihir.

Kantor Gedung Ministry of Defense cikal bakal Ministry of Magic di Harry Potter

Tidak terlalu jauh dari Gedung Ministry of Defense ada sebuah tempat bernama Great Scotland Yard, dan ada satu jalan yang bernama Scotland Palace, di tempat ini adalah properti kepunyaan kepolisian UK. Tempat ini menjadi tempat syuting dari Harry Potter and The Deathly Hallows Part 1 tahun 2010 dan juga Order of The Phoenix. Adegan nya kalau masih pada ingat yaitu ketika Harry, Ron, dan Hermione menyamar menjadi tiga pegawai kementrian sihir dan mencari Hocrux nya Voldemort yang terdapat di dalam kementrian Sihir, ketika melihat sebuah connecting bridge antara satu gedung dengan gedung lain ini akan langsung membuat ingatan kita kembali ke adegan dimana Harry dan teman-temannya itu masuk ke gedung kementrian sihir.

Suasana Scotland Palace tempat syuting Harry potter ke Ministry of Magic

Ada cerita menarik di sini seperti yang dikemukakan oleh guide, syuting tidak diperbolehkan di depan kantor Ministry of Defense namun JK Rowling tidak mengijinkan apabila adegan berkaitan dengan Kementrian Sihir dilakukan di tempat lain di luar dari Whitehall (kompleks kantor kantor pemerintahan ini). Oleh sebab itu akhirnya sang sutradara memilih Scotland Palace ini.

Cerita soal ijin, masih pada ingat adegan ketika Harry, Ron, dan Hermione dijemput sama bapaknya Ron dan mereka pakai transportasi umum kereta MRT Inggris di London yang disebut dengan tube. Stasiun tempat syuting adegan itu adalah Stasiun Westminster yang merupakan stasiun yang sangat dekat dengan beberapa landmark penting di London seperti Parliaments Building, dan Big Ben kabarnya untuk mendapat ijin syuting di stasiun Westminster harus mendapat persetujuan dari Parlemen, dan kocaknya parlemen langsung setuju tanpa berpikir panjang setelah mendengar Harry Potter akan syuting di situ, dengan alasan kalau ada syuting regulasi di Parlemen adalah harus tutup dan diliburkan hal ini pernah terjadi pada saat syuting film James Bond di stasiun yang sama yaitu Stasiun Westminster, dengan harapan bisa libur tanpa pikir panjang parlemen langsung setuju hehehe cerita yang sangat lucu bukan.

Ini dia cuplikan adegan singkat di Stasiun Westminster yang meliburkan Parlemen Inggris itu

CECIL COURT AND BEDFORD COURT

Setelah bercerita terkait dengan kisah syuting Harry Potter di Deathly Hallows dan Stasiun Westminster, tur berlanjut melintasi Charing Cross dan ada sebuah jalan kecil di sebelah Charing Cross bernama Cecil Court. Di Cecil Court ini, JK Rowling mendapat inspirasi tentang Diagon Alley, walaupun ada juga versi lain mengatakan JK mendapat inspirasi di Victoria Street yang ada di Edinburgh, ketika JK tinggal di Edinburgh bisa lihat cerita nya di link ini. Apapun versinya saya percaya JK akan kombinasikan kedua tempat itu dan jadilah Diagon Alley

Cecil Court inspirasi Diagon Alley

Cecil Court ini sendiri saya rasa cukup magis ya bahkan lebih misterius dibandingkan dengan Victoria Street di Edinburgh, karena di Victoria Street layaknya toko toko di Inggris biasa tapi yang dijual di Cecil Court ini adalah barang barang yang unik dan saya rasa saya paham kenapa JK jadi terinspirasi untuk menamakan tempat ini sebagai Diagon Alley tempat nongkrong nya para penyihir. Barang unik yang dijual contohnya adalah toko yang katanya menjual lukisan-lukisan dari orang hilang jadi kalau ada keluarganya yang meninggal atau hilang mereka akan minta dilukis oleh salah satu pelukis di toko lukisan di Cecil Court ini, kemudian ada juga toko yang menjual obat obatan tradisional Inggris yang diracik sendiri macam pelajaran Herbologi di Harry Potter, dan ada juga toko buku khusus klenik yang menjual buku buku tentang riset ilmu hitam di Eropa plus ada juga toko peramal iya percaya tidak percaya ada toko yang menawarkan jasa ramalan dengan bola kristal dan kartu Tarot di Cecil Court, makanya jelas sekali saya paham bahwa jalan ini memang misterius sekali walalupun lambang toko dan warnanya sangat indah.

Selain Cecil Court tidak jauh dari situ ada yang namanya Bedford Court, jadi kalau di Inggris Court itu maksudnya adalah jalan kecil. Jalan ini hanya bisa ditempuh di Bedford Bury, dan masuk ke Bedford Court jalan yang sangat kecil ini. Di sini ada juga toko juga tapi merupakan toko biasa jual souvenir dan ada juga rumah warga, menariknya adalah Bedford Court ini menjadi cikal bakal dari Knockturn Alley, yaitu jalan yang merupakan tempat berkumpulnya para penyihir jahat, ingat dong pas di Harry Potter kedua dimana Harry tersesat dan ke Knockturn Alley kemudian ketemu Hagrid. Arsitektur toko toko di sini serba hitam dan sangat menyeramkan apalagi dengan sempitnya jalan kita jadi seakan akan berhalusinasi tentang segala hal.

Suasana Di Bedford Court yang merupakan pencitraan dari Knockturn Alley

Demikian beberapa tempat di part 1 ini, tempat tempat yang menjadi cikal bakal maupun memang tempat syuting langsung dari film Harry Potter. Sebagai penggemar Harry Potter saya sangat senang sekali bisa berkunjung ke tempat ini. Nantikan part selanjutnya karena kita akan bahas ada 2-3 tempat lagi di London yang menjadi tempat syuting dan inspirasi Harry Potter.

Sampai Jumpa

Ferdi Cullen

Sumber foto dan Video dari koleksi pribadi London Jan 2020, kecuali 2 video dari Youtube

Written by ferdicullen

Hi my name is Ferdi, you can call me Ferdi Cullen. When I was a little boy I want to become a diplomat who can travel the world. However, my passion for technology is more powerful so I become one of an employee in telecommunication company in Indonesia. I believe with digital technology we can travel the world easier, and I already made it, 23 countries so far until 2017 and still counting. Recently, in 2018 I Live in Seattle, yes I'm a Seattleites and I'm ready to travel as a micro traveller around the US just stay tuned for my stories. If you want to contact me please don't hesistate to call me deen.froesson27@gmail.com Ferdi Cullen Seattle

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

#FDCG

SEBUAH CATATAN TENGIK ANAK TEKNIK

Yogesh Joshi Blogs

My personal experience of travel and love for Mountains.

Jalancerita

Tiap Perjalanan Punya Cerita

Asambackpacker01.wordpress.com

Perjalanan untuk mendapatkan pencerahan

djangki

Avant Garde

Momentum Kehidupan

Sumber Motivasi, Inspirasi, dan Pengembangan Diri

Travelover Travelogue

Just a little story of my little adventure...

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

wanderlustJW

We travel not to escape life, but for life not to escape us.

Eka Hei

Selalu ada cerita dalam setiap langkah

leniaini blog

between thoughts and memories

DC Elseworlds

Live your fantasy here

Watashi no Sekai

All about my world

Catatan Perjalanan Hidupku ^^

Karena setiap detik perjalanan hidup adalah pelajaran, dan akan menjadi kenangan yang akan selalu membuatmu bersyukur :)

DEESUCII@DuniaSementara

senantiasa ada senyum dari-Nya dalam Kesyukuran dan Kesabaran tanpa tepi

Claraberkelana.com

Travel Stories

Catatan Kangsole

Tentang semua yang terlintas dan kenangan

秀賢の空

Welcome to the freakest blog that you ever see! Happy blogwalking!^^

Half-time Traveller

a Globe-trotter Wanna Be

simple Ula

I want to be rich. Rich in love, rich in health, rich in laughter, rich in adventure and rich in knowledge. You?

Nonikhairani

Once You Make a Decision, The universe Conspires To Make It Happen

Pink Traveler

Kemasi ranselmu dan pergilah melihat dunia

the travelearn

learning by traveling

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

%d bloggers like this: