Edinburgh Kota Seribu Kastil Part 1

Hola World,

Apa kabar? Semoga semua pembaca blog ini dalam keadaan sehat dan aman selalu. Tulisan kali ini saya akan ceritakan pengalaman saya traveling yang masih bisa dikatakan belum lama ini. Jadi pada awal tahun 2020 tepatnya bulan Januari 2020 kemarin saya ikut rombongan keluarga temen saya yang kebetulan merencanakan ke UK karena adik temen saya yang akan wisuda. Akhirnya, karena sudah lumayan lama tidak melakukan traveling dan tiba tiba mendengar rencana tersebut akhirnya saya mengajukan diri untuk bergabung dan terima kasih nya mereka bersedia menerima saya, padahal saya agak takut juga karena mungkin bisa mengganggu kan tapi pada kenyataan nya mereka sangat menyambut sekali keikutsertaan saya di grup ini.

Perjalanan ke UK pada bulan Januari 2020 ini sangat menyenangkan sekali, dan saya sangat bersyukur masih bisa traveling di tahun 2020 ini. Coba bayangkan saja kalau saya sempat tidak memberanikan diri bilang sama temen saya itu untuk pergi bersama pasti saya sudah tidak akan traveling di tahun ini karena ada nya pandemi ini. Menyenangkan, saya berkesempatan untuk berkunjung ke Skotlandia pada lawatan ke UK kali ini. Sebelumnya saya pernah ke UK pada tahun 2015 namun belum sempat ke Skotlandia karena satu dan lain hal. Jadi saya sangat senang sekali perjalanan kali ini saya berhasil ke mampir ke negeri yang selalu disebut Ed Sheeran sebagai Castle on The Hill ini.

Kota Edinburgh merupakan kota yang sangat magis sekaligus indah sekali. Setiba saya dari London dengan kereta di Edinburgh Station saya langsung meresapi dingin nya kota ini dan sekaligus takjub dengan bangunan rumah yang semuanya memang mirip kastil tua, padahal itu bisa jadi rumah warga atau gereja. Jadi benar seperti yang diceritakan oleh Ed Sheeran di lagu Castle on The Hill, bahwa Edinburgh dan Skotlandia adalah kota seribu kastil.

Suasana Pagi di Kota Edinburgh

Calton Hill

Hari pertama saya segera beranjak ingin sekali ke Calton Hill. Saya penasaran sekali dengan pemandangan yang selama ini saya lihat di Instagram tentang tempat ini dan alhamdulillah rasa penasaran pun berhasil terobati. Ternyata Calton Hill itu berada cukup jauh dari penginapan kami. Dan karena temen saya ada bawa orangtua mereka tidak ikut ke Calton Hill, jadi saya sendirian ke sana, dengan hanya berjalan kaki sekitar kurang lebih 2km saya sampai di tempat yang mendapat julukan Edinburgh Acropolis.

Calton Hill ini juga dulu adalah sebuah gunung berapi sebelum menjadi bukit yang indah

Dengan jalan yang cukup menanjak, dan ada beberapa anak tangga yang harus dilewati jika menuju Calton Hill. Tapi sepadan dengan pemandangan panorama dari Calton Hill ini yang bisa saya bilang spektakuler, kita bisa melihat bird view dari kota Edinburgh dengan sangat mengagumkan. Walaupun sangat dingin karena jam menunjukan pukul 7 pagi dan matahari juga masih belum begitu menunjukan posisi nya. Selain pemandangan nya, Calton hill juga unik karena ada beberapa monumen yang disebut dengan National Monument Scotland di sini. Monumen ini sangat unik, kenapa karena memang sengaja tidak diselesaikan, jadi kesannya seperti reruntuhan tapi itu bukan reruntuhan, jadi monumen itu memang sengaja dibangun seakan akan kita melihat reruntuhan layaknya kota Acropolis di Yunani. Betapa mengagumkan sekali di Calton hill ini, saya menghabiskan waktu 2 jam hanya untuk foto foto dan menikmati pemandangan kota tua Edinburgh di Calton Hill.

Pemandangan dari atas Calton Hill benar benar jadi mood booster di kota ini
National Monument Scotland yang didesain mirip dengan Acropolis di Yunani
Beberapa bangunan lain di Calton Hill, ada observatory juga di sini

Free Walking Tour Edinburgh with City Explorers

Setelah puas di Calton Hill, saya melihat jam dan saya punya janji dengan City Explorers salah satu penyedia tour di Edinburgh tepat pukul 10 pagi. Saya pun bergegas ke tempat yang sudah tertulis di email saya tersebut. Ini merupakan Free Walking Tour, yang merupakan sebuah konsep bisnis yang sudah cukup lama di dunia turisme Eropa, dimana warga lokal akan membantu para turis untuk berkeliling kota tanpa biaya hanya perlu daftar di website atau bahkan sosial media mereka. Konsep pembayaran nya adalah dengan tips, dan isitilahnya adalah “pay as you wish” jadi setelah selesai acara silahkan berikan tips berapa pun yang anda rasa sesuai dengan pengalaman yang telah anda rasakan.

Suasana kota Edinburgh menjelang pukul 10 sambil nunggu tur

 

Untuk free tour kali ini guidenya ramah, dan dia mampu menjelaskan kisah Edinburgh dengan sangat baik. Tur ini ada beberapa tema, seperti Tema  Hantu di Edinburgh biasanya malam hari, atau tema Harry Potter, oh iya di Edinburgh ini tempat nya JK Rowling mendapat inspirasi untuk buku Harry Potter, tapi saya pesan yang City Tour biasa yaitu tour ke beberapa Top Spot nya kota Edinburgh. Tur dimulai dari Royal Mile, St. Giles Cathedral, The Writers Museum, Victoria Street, Grassmarket, CastleHill, dan berakhir di Greyfriars Bobby tepat pukul 1 siang. Perjalanan dengan mengunakan kaki atau jalan kaki, jadi sebaiknya menggunakan sepatu yang sesuai jika mengikuti tur ini. Kurang lebih ada 5 orang yang mengikuti tur bersama saya karena biasanya Januari adalah low season jadi tidak banyak orang yang datang ke Skotlandia tapi enak sekali karena tidak ramai, setelah ada daftar ulang sama si guide dan tepat pukul 10 (jangan telat ya karena jika telat langsung ditinggal) kami pun bergerak menuju St. Giles Cathedral.

The Royal Mile

Royal Mile, adalah sebuah jalan yang menjadi jalan yang dulu hanya boleh dilewati oleh Raja dan Ratu Skotlandia. Terbentang dari selatan yaitu di kastil tempat tinggal Raja dan Ratu Skotlandia bernama Palace of Holyrood House menuju ke Edinburgh Castle. Sepanjang Royal Mile ini banyak spot yang sangat unik untuk dijelajahi. Bahkan kalau mau satu harian tidak akan cukup menjelajahi lorong demi lorong di kota yang magis ini.

Royal Mile dimulai dari patung David Hume
Suasana Royal Mile di pagi hari
Patung Adam Smith yang merupakan patung baru dibangun tahun 2008

Yang menarik perhatian saya ada dua dan kebetulan dijelaskan juga oleh si Guide yaitu Patung Adam Smith di depan St. Giles Cathedral dan patung David Hume. Untuk Adam Smith, saya jadi teringat masa masa kuliah S1 dulu di mana saya belajar ilmu ekonomi mikro, dan selalu dosen saya membahas tentang peran Adam Smith dalam Kapitalisme dunia. Walaupun Skotlandia tidak terlalu kapitalis, tapi Bapak Wealth of Nation yaitu Adam Smith adalah orang Skotlandia dan bahkan dia merupakan alumni University of Glasgow dan professor di University of Edinburgh. Patung nya sendiri bisa dibilang belum terlalu lama, diresmikan pada tangaal 4 Juli 2008, tapi sekilas dipandang patungnya kok mirip George Washington di Amerika Serikat ya, ternyata pembuat patung memang orang Amerika dan menggunakan pernak pernik yang sama yang dipakai oleh George Washington di abad ke 18 tersebut.

Satu lagi patung yang menarik adalah patung David Hume, David Hume adalah seorang philosopis  filsafat sekaligus sejarawan terkenal di abad 18. Merupakan salah satu professor di University of Edinburgh dan sahabat dekat nya Adam Smith. Patung ini jauh lebih tua dibandingkan dengan patung Adam Smith, dibangun tepat beberapa tahun d abad ke 18 setelah Hume meninggal dunia, bahkan patung ini menjadi icon Royal Mile, jadi ingin cari Royal Mile ya tandanya adalah patung ini. Ada tradisi lokal yang menarik perhatian saya ketika dijelaskan si guide, yaitu apabila kita mengusap jari kaki Hume kita akan mendapat keberutungan silahkan boleh percaya boleh tidak dan banyak turis yang percaya sehingga mereka berfoto sekaligus mengusap jari kaki Hume tersebut

Menarik sekali bukan kota seribu kastil ini, next episode saya akan ceritakan kisah lanjutan dari perjalanan free walking tour nya ke St. Giles Cathedral, Writers Museum, Victoria Street, Castle Hill, Grassmarket, sampai ke Greyfriars Bobby nantikan part 2 dari tulisan ini ya

Pemandangan di Calton Hill tidak akan pernah saya lupakan

Sampai jumpa dan Tetap Sehat

Ferdi Cullen

 

 

Written by ferdicullen

Hi my name is Ferdi, you can call me Ferdi Cullen. When I was a little boy I want to become a diplomat who can travel the world. However, my passion for technology is more powerful so I become one of an employee in telecommunication company in Indonesia. I believe with digital technology we can travel the world easier, and I already made it, 23 countries so far until 2017 and still counting. Recently, in 2018 I Live in Seattle, yes I'm a Seattleites and I'm ready to travel as a micro traveller around the US just stay tuned for my stories. If you want to contact me please don't hesistate to call me deen.froesson27@gmail.com Ferdi Cullen Seattle

1 comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

#FDCG

SEBUAH CATATAN TENGIK ANAK TEKNIK

Yogesh Joshi Blogs

My personal experience of travel and love for Mountains.

Jalancerita

Tiap Perjalanan Punya Cerita

Asambackpacker01.wordpress.com

Perjalanan untuk mendapatkan pencerahan

djangki

Avant Garde

Momentum Kehidupan

Sumber Motivasi, Inspirasi, dan Pengembangan Diri

Travelover Travelogue

Just a little story of my little adventure...

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

wanderlustJW

We travel not to escape life, but for life not to escape us.

Eka Hei

Selalu ada cerita dalam setiap langkah

leniaini blog

between thoughts and memories

DC Elseworlds

Live your fantasy here

Watashi no Sekai

All about my world

Catatan Perjalanan Hidupku ^^

Karena setiap detik perjalanan hidup adalah pelajaran, dan akan menjadi kenangan yang akan selalu membuatmu bersyukur :)

DEESUCII@DuniaSementara

senantiasa ada senyum dari-Nya dalam Kesyukuran dan Kesabaran tanpa tepi

Claraberkelana.com

Travel Stories

Catatan Kangsole

Tentang semua yang terlintas dan kenangan

秀賢の空

Welcome to the freakest blog that you ever see! Happy blogwalking!^^

Half-time Traveller

a Globe-trotter Wanna Be

simple Ula

I want to be rich. Rich in love, rich in health, rich in laughter, rich in adventure and rich in knowledge. You?

Nonikhairani

Once You Make a Decision, The universe Conspires To Make It Happen

Pink Traveler

Kemasi ranselmu dan pergilah melihat dunia

the travelearn

learning by traveling

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

%d bloggers like this: