Pengalaman Gegap Gempita 4th of July

Hola World

Apa kabar? Semoga para pembaca blog ini selalu diberikan kesehatan dan juga rejeki Amin.

Foto lagi mejeng di pinggir Lake Union Seattle. di sekitaran Gas Work Park

Sudah lama sekali ya sejak tulisan saya terakhir di akhir Maret, tentang bagaimana keindahan Roma dan Praha sebelum lock down. Bulan Juli merupakan bulan yang sangat menggembirakan, pasalnya di bulan ini adalah bulan dimana matahari pada posisi terbaiknya. Kalau di belahan dunia disebut dengan Summer. Tulisan saya berikut ini, saya akan menceritakan pengalaman indah saya pada tahun lalu dimana saya ikut merayakan musim panas di tengah kemerdekaan Amerika Serikat. Jujur itu adalah pengalaman yang paling terkesan sepanjang hidup saya. Gegap gempita, rasa nasionalisme warga Amerika, rasa menyambut musim yang baik, dan masa liburan. Semua rasa manis ini bercampur membuat saya sangat kagum dengan makna hari kemerdekaan dari negara itu. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk baca kisah ini ya.

Alkisah di bulan Juli tanggal 4 tahun 2019, awalnya di pagi hari yang cerah, saya bangun sangat pagi karena harus merapihkan beberapa barang lagi berhubungan tidak lama lagi Visa student saya akan habis masa berlakunya dan saya harus segera cabut dari Amerika. Tepatnya tanggal 9 Juli, saya harus segera keluar dari negara Amerika Serikat, jadi pada hari itu sebenarnya saya sedang mempersiapkan diri merapihkan barang untuk pindahan. Tidak terasa waktu, pukul 8 sudah tiba saya lari pagi sebentar karena memang udaranya pas lagi hangat sekitar 20 derajat celcius pokoknya hangat sekali, sehingga saya memutuskan lari pagi selama 1 jam. Setelah itu saya kembali ke Apartemen saya untuk melanjutkan mengemas barang barang lagi dan saat itu kondisi apartemen sangat berantakan, saya bahkan tidak mengijinkan kolega dan temen datang ke apartemen karena super berantakan.

Setelah selesai merapihkan beberapa barang, Agak sorean saya janjian sama seorang temen mahasiswa internasional berkebangsaan Vietnam untuk melihat firework di Gas Work Park. Informasi, bahwa untuk perayaan 4th of July di Seattle selalu dipusatkan di Gas Work Park ini. Namun kita harus datang lebih awal dikarenakan pasti kalau datang nya agak malam sulit untuk cari tempat yang bisa melihat dengan jelas kembang api nya. Jadi disarankan datang nya di sore hari walaupun acaranya baru mulai jam 9 malam pada saat matahari terbenam (saat summer matahari terbenam sekitar jam 8.30 malam)

GAS WORK PARK

Jadi apa itu Gas Work Park, Gas Work Park adalah sebuah taman yang dulunya adalah pabrik Gas di Seattle. Jadi sekitar tahun 1906-1956, di tempat ini merupakan tempat pengolahan gas bumi. Karena adanya perubahan aturan untuk pengembangan energi alternatif selain gas, ditambah juga dengan efek lingkungan yang ditimbulkan oleh pabarik ini selama 50 tahun membuat akhirnya pemerintah kota Seattle memutuskan untuk menutup perusahaan gas ini tiba tiba dan menghentikan operasional usahanya. Baru pada tahun 1976, dua puluh tahun setelah pabrik ini tutup, hadirlah taman yang dibuka untuk publik, salah satu keindahan taman ini adalah berada tepat di pinggir danau dan bisa memandang keindahan kota Seattle yang ada di seberang danau.

Ini dia yang bikin uniik, bekas alat penyulingan Gas yang sengaja di biarkan menambah keindahan taman ini

Uniknya adalah kita bisa melihat pemandangan bekas alat alat penyulingan gas berbalut danau, skyscrapper kota Seattle, dan bukit yang hijau. Saat Summer adalah saat terbaik untuk datang ke taman ini, sebab cahaya matahari nya sangat bagus menyinari rerumputan di taman ini, banyak sekali masyarakat memilih piknik di tempat ini.

Perpaduan manis antara danau, skyscrapper, rumput hijau, dan alat penyulingan gas

Selain untuk piknik, tentunya warga Seattle menggunakan tempat ini untuk berolahraga baik naik sepeda, joging maupun kadang ada juga seperti kelas yoga di sini. Dengan luas kurang lebih 20 hektare, menjadikan taman ini sebagai “the must visit place if you go to Seattle”. Saya pribadi sangat kagum dengan taman ini karena dua hal, pertama adalah keberanian kota Seattle menutup perusahaan gas ini karena masalah lingkungan, dan kedua bagaimana sang arsitek mampu merubah suasana taman ini dari gambar di bawah menjadi begitu asri dan alamiah, seakan akan seperti tidak pernah ada pabrik gas di sini.

Courtesy : MOHAI, pabrik gas di tahun 1935, sebelum disulap jadi taman

 

FIREWORKS IN 4TH OF JULY

Salah satu tradisi dari orang Amerika pada saat  4th of July yang merupakan hari kemerdekaan Amerika Serikat adalah menyaksikan fireworks atau kembang api. Berikut adalah beberapa cuplikan video kembang api yang ada di perayaan Gas Work Park tahun lalu.

Bayangkan masih sore sudah sepadat ini, dan ada miniatur obor liberty di puncak bukit taman ini
Jam 9 malam ketika acara dimulai sudah sepadat ini

Saya tiba di tempat ini sore dan harus bersabar menunggu sampai pukul 10 malam dan kembang api hanya berlangsung selama satu jam. Betapa luar biasa bukan kita harus menunggu 5 jam untuk menyaksikan kembang api yang hanya satu jam. Mohon baca juga kisah saya di tahun baru di New York berikut, dimana peristiwa kembang api berujung hujan namun hal itu terbayar dengan kehadiran saya menyaksikan kembang api di Gas Work Park ini.

Kembang Api yang terbaik sepanjang hidup aku
Ini Kembang Api Favorit saya

Ada beberapa tempat yang sudah dijadikan VIP, dan anda harus pesan untuk bisa mendapatkan posisi tersebut. Saya mendapat posisi di atas bukit dengan dengan tanda liberty yang memang dibangun setiap tahun di tempat ini. Kemudian acara akan dimulai pada pukul 9 malam tepat matahari terbenam. acara dimulai dengan beberapa lagu dari artis lokal, dan karena ini siaran langsung ada host nya dari sebuah radio swasta di Seattle yang saya juga tidak tahu nama radionya. Baru pukul 10 malam setelah menyanyikan lagu Sfar Spangled Banner (harus pada berdiri ya saat lagu ini dinyanyikan walaupun anda bukan warga negara Amerika), barulah acara kembang api dimulai.

Jadi tepat di tengah ada sebuah kapal yang melintas di tengah Lake Union dan kapal ini tiba tiba meluncurkan kembang api juga dan saya sangat kaget melihat nya. Warna kembang api dominan merah dan ada bentuk bintang sama hal nya dengan bendera Amerika Serikat. Gegap gempita dan kemegahan ini membuat saya yakin ini adalah hari terbaik saya selama berada di  Seattle.

Demikian kisah pengalaman saya di tengah gegap gempita perayaan kemerdekaan Amerika Serikat di Seattle, semoga tulisan ini bermanfaat dan jangan lupa untuk terus nantikan kisah selanjutnya dari blog ini. Jika ingin berkomentar feel free untuk komentar atau bertanya saya siap menjawab dengan senang hati.

Happy Fourth of July

Ferdi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s