Tribute kepada Venesia, Roma, dan Vatican sebelum terjadi Lockdown

Hello World!!!!

Kali ini saya ingin menunjukan rasa keprihatinan yang sangat tinggi dengan kejadian yang terjadi di dunia saat ini. Wabah Virus Corona, telah melumpuhkan segala hal yang berhubungan dengan pariwisata dan penerbangan. Betapa banyak nya orang yang membatalkan reservasi hotel, megurungkan niat nya untuk travelling, dan juga membatalkan tiket penerbangan nya. Di tulisan kali ini aku mau tribute dengan negara Italia, negara ini sangat saya rindukan sekali, Dan tepat seminggu yang lalu Italia sebagai salah satu negara yang mengalami pukulan keras pada saat wabah ini berjalan, telah memberikan keputusan lockdown seluruh kawasan nya. Karena penderita wabah virus Corona telah mencapai 20 ribu orang dan Italia adalah negara kedua terbesar setelah Tiongkok daratan yang populasi penduduknya terkena wabah ini.

Setelah saya melihat instagram dan artikel media, bayangkan saja kota-kota tua Italia seperti Venesia, Roma, dan Vatican mendadak kosong tidak ada orang. Oleh sebab itu atas dasar keprihatinan ini saya ingin flashback beberapa dokumentasi saya akan ketiga kota tersebut jauh sebelum ada nya wabah ini ataupun adanya keputusan lockdown. Foto foto berikut saya ambil pada bulan Maret 2018 jadi tepat dua tahun lalu, namun perbedaannya sangat jauh sekali.

  1. Venesia

Venesia adalah kota dengan kanal kanal yang sangat indah. Pada saat saya berada disana dua tahun lalu, suasana kotanya sangat romantis, banyak sekali bangunan tua yang megah. Gereja gereja dan istana para leluhur dari Venesia seakan akan bercerita. Tidak ada gedung yang tidak bercerita, apalagi pada saat saya ke sana pada musim dingin, jadi bisa dikatakan suasana nya sangat sepi. Walaupun belum di lockdown, tapi suasana kota nya pada musim dingin tidak jauh berbeda dengan pada saat ini. Berikut foto foto saya ketika berada di Venesia.

Suasana para pengemudi Gondola membawa penumpang, hari ini mereka hanya menangalkan perahunya di luar sedih ya…..
Kanal Kanal Di Venesia adalah kanal yang paling indah di dunia
Ponte De Rialto atau yang biasa disebut Rialto Bridge dari sini pemandangan kanal sangat indah
Lihatlah betapa banyak nya manusia yang ingin mengagumi keindahan Venesia, tapi sekarang St. Mark Square kosong
Pemandangan dari Ponte De Guglie, salah satu jembatan legenda di Venesia

2. Roma dan Vatican

Selain Venesia, kota utama Italia yaitu Roma dan bahkan sang negara kecil Vatican juga dilakukan lockdown. Saya berada di Roma satu hari, dan jujur senang sekali makan pasta di kota ini. Entah kenapa pasta di kota ini hampir sama dengan pasta yang sering saya makan ketika di Indonesia. Ditambah dengan pizza sayur bayam nya yang tidak akan pernah saya lupakan, yaitu menyantap pizza sayur pertama kali di Roma.

Vatican yang menjadi salah satu negara impian saya, karena saya sering membaca buku Dan Brown terkait dengan Vatican. Kota ini adalah kota suci umat Katolik. St. Peter Square sebuah lapangan besar dimana umat katolik melakukan peribadatan, kabarnya sangat sepi, bahkan tidak ada orang. Semua peribadatan keagamaan yang biasanya dilakukan di St Peter Cathedral jadi dilakukan di rumah melalui koneksi online. Berikut adalah beberapa dokumentasi saya dengan keindahan kota Roma dan Vatican.

St. Peter Square yang dipenuhi oleh para turis
St. Peter Cathedral dari atas St. Angelo
Sore itu melihat matahari terbenam di atas St. Angelo yang menghadap ke St. Peter Cathedral
Roma memang selalu penuh dengan orang baik itu turis, maupun para pilgrim
The Pantheon di malam hari
Salah satu piazza di kota Roma, yang biasanya banyak seniman yang bernyanyi di sini

 

Piazza De Popolo, salah satu tempat favorit aku di Roma
Bagian Dalam Pantheon yang buka 24 jam dan tidak pernah sepi
Trevi Fountain yang legendaris

Berdasarkan catatan sejarah negara negara di Eropa juga sudah mengalami hal seperti wabah ini berabad lalu. Tepatnya pada abad ke-18 wabah Black Plague telah menyebar dengan sangat luar biasa, dan diceritakan bahwa wabah tersebut telah menewaskan hampir setengan populasi warga Eropa dan bahkan menjadikan Eropa masuk dalam masa kegelapan seperti yang diceritakan oleh para pujangga Eropa. Begitu juga dengan bangunan bangunan di Italia baik di Roma, Vatican, dan Venesia, mereka sudah menyaksikan perjuangan kota ini dari satu wabah ke wabah lain nya, dulu mereka menyaksikan lockdown untuk Black Plague sekarang mereka melihat nya lagi dengan Corona. Dan pastinya bangunan ini akan terus bertahan menjadi saksi bisu.

Bagaimanapun juga lockdown sudah terjadi, mari kita berharap saja semoga wabah Virus Corona dapat segera berakhir dan negara negara yang mengalami lockdown dapat membuka pintu lagi untuk para pendatang. Terus terang saya masih ingin sekali berkunjung ke Italia, ada beberapa kota yang sangat ingin saya kunjungi. Diantaranya adalah Florence dan Milan. Semoga masalah ini segera selesai dari Italia, Indonesia, dan dunia sehingga kita bisa berkunjung lagi ke negara ini.

Namun saya juga berharap semoga Indonesia juga cepat terbebas dari wabah ini, tercatat di Indonesia sampai dengan saya menulis artikel ini sudah 117 orang yang terindikasi positif terkena wabah ini. Mungkin bisa ditarik sedikit kesimpulan bahwa memang benar beberapa teori para praktisi lingkungan, kadang dunia memang butuh break dan saat ini lah mereka break, kota kota yang sepi sehingga ekonomi menjadi sepi walaupun itu bisa membuat manusia yang hidup menjadi kewalahan tapi hal tersebut diyakini untuk hidup yang lebih baik di masa mendatang.

Terima kasih sudah membaca artikel singkat flashback saya di Italia. Yuk silahkan tuliskan komentar kalian atau pengalaman kalian di Italia atau pendapat kalian terkait wabah Corona.

Pray for the better World

Stay Safe Everyone

Ferdi Cullen

Written by

Hi my name is Ferdi, you can call me Ferdi Cullen. When I was a little boy I want to become a diplomat who can travel the world. However, my passion for technology is more powerful so I become one of an employee in telecommunication company in Indonesia. I believe with digital technology we can travel the world easier, and I already made it, 23 countries so far until 2017 and still counting. Recently, in 2018 I Live in Seattle, yes I'm a Seattleites and I'm ready to travel as a micro traveller around the US just stay tuned for my stories. If you want to contact me please don't hesistate to call me deen.froesson27@gmail.com Ferdi Cullen Seattle

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

#FDCG

SEBUAH CATATAN TENGIK ANAK TEKNIK

Yogesh Joshi Blogs

My personal experience of travel and love for Mountains.

Jalancerita

Tiap Perjalanan Punya Cerita

Asambackpacker01.wordpress.com

Perjalanan untuk mendapatkan pencerahan

djangki

Avant Garde

Momentum Kehidupan

Sumber Motivasi, Inspirasi, dan Pengembangan

Travelover Travelogue

Just a little story of my little adventure...

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

wanderlustJW

We travel not to escape life, but for life not to escape us.

Eka Hei

Selalu ada cerita dalam setiap langkah

leniaini blog

between thoughts and memories

DC Elseworlds

Live your fantasy here

Watashi no Sekai

All about my world

Catatan Perjalanan Hidupku ^^

Karena setiap detik perjalanan hidup adalah pelajaran, dan akan menjadi kenangan yang akan selalu membuatmu bersyukur :)

DEESUCII@DuniaSementara

senantiasa ada senyum dari-Nya dalam Kesyukuran dan Kesabaran tanpa tepi

Claraberkelana.com

Travel Stories

Catatan Kangsole

Tentang semua yang terlintas dan kenangan

秀賢の空

Welcome to the freakest blog that you ever see! Happy blogwalking!^^

Half-time Traveller

a Globe-trotter Wanna Be

simple Ula

I want to be rich. Rich in love, rich in health, rich in laughter, rich in adventure and rich in knowledge. You?

Nonikhairani

Once You Make a Decision, The universe Conspires To Make It Happen

Pink Traveler

Kemasi ranselmu dan pergilah melihat dunia

the travelearn

learning by traveling

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

%d bloggers like this: