Boston Kota Sejarah Part 3 : Menelusuri Freedom Trail Mandiri tanpa Tour

Hola worlds!!

Pada tulisan berikut ini Ferdi akan membahas edisi terakhir dari kisah Ferdi di kota Boston. Bayangkan sudah part 3, memang banyak sekali cerita yang bisa diceritakan kalau sudah bicara tentang Boston. Di Part 3 ini, Ferdi akan ceritakan pengalaman menarik dalam mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Kota Boston, tempat tersebut terhubung satu sama lain dan disebut dengan Freedom Trail.

Boston Clock Tower, jadi mirip di London ya
Ferdi Cullen shoe dan Tanda Freedom Trail

Freedom Trail ini merupakan salah satu cara untuk mengenal geografi dan sejarah kota Boston, khusus para turis disarankan untuk mengikuti jalur Freedom Trail ini. Berbekal brosur, google map dan tentunya stamina untuk jalan kaki, ferdi pun bersemangat mengikuti Freedom Trail secara mandiri tanpa tur. The Freedom Trail adalah jalan sepanjang 2,5 mil atau 4 km yang melewati 16 tempat bersejarah di kota Boston, Massachusetts. Pemerintah Kota Boston juga membuat peta berupa garis merah di  jalanan sepanjang rute Freedom Trail, sehingga walaupun kita tidak ikut tur, kita bisa dengan mudah mencari nya.

Jalur yang sangat iconic yang terhubung sejauh 2.5 mile ini menghubungkan 16 situs bersejarah yang semuanya masih terjaga dengan baik. Ada Free Tour untuk Freedom Trail ini dengan guide yang akan menggunakan pakaian ala abad ke -16, tur tersebut terdapat 4 waktu yaitu 11 AM, 12 PM, 1 PM, dan 2 PM. Sayangnya, ferdi telat ke tur terakhir jam 2 siang karena baru pulang dari Salem, jadinya siang itu saya harus menelusuri Freedom Trail sendirian dengan hanya berbekal website resmi freedomtrail yang lengkap sekali informasi tentang masing-masing situs.

jika ikut tour guide nya menggunakan baju ala abad ke 16, sumber : freedomtrail.org

Boston mempunyai peran penting dalam membentuk sejarah, politik, dan budaya Amerika. Kontribusinya dalam Kemerdekaan Amerika, membuat Boston dijuluki sebagai “Cradle of Liberty”. Pada akhir abad ke-18, Boston menjadi tempat berbagai peristiwa penting selama Revolusi Amerika, antara lain adalah Boston Massacre tahun 1770, Boston Tea Party tahun 1773 (yang masuk dalam buku sejarah dulu waktu SMA).

Jadi apa aja sih 16 situs yang ada di Boston Freedom Trail itu. Jika disebut satu satu adalah sebagai berikut, Taman Boston Common, Massachusetts State House, Park Street Church, Granary Burying Ground, King’s Chapel, Boston Latin School, Old Corner Bookstore, Old South Meeting House, Old State House, Boston Massacre Site, Faneuil Hall, Paul Revere House, Old North Church, Copp’s Hill Burying Ground, USS Constitution, dan Bunker Hill Monument. Namun hanya bisa sempat mengunjungi 80 persen saja karena hari udah sore dan dingin sekali waktu itu.Yang tidak sempat saya kunjungi adalah Bunker Hill Monument dan kapal legenda USS Constitution karena kedua tempat ini ternyata harus menyeberang jembatan dan cukup jauh.

  • Taman Boston Common,

Public Park tertua di Amerika  ini merupakan awal dari Freedom Trail, kalau anda ikut tour pasti pertemuan pertama nya adalah di tempat ini. Taman seluas 24 hektare ini awalnya adalah perkemahan pasukan Inggris ketika mereka pertama kali datang ke Amerika. Namun di tahun 1830 baru mereka resmikan menjadi taman untuk publik, kalau kalian baca kisah sebelumnya saya pernah merasakan hal aneh pada saat malam berada di taman ini. Sepanjang hari walaupun ketika itu winter tetap banyak sekali orang yang menelusuri taman ini, apalagi pas winter danau di sekitaran taman jadi ajang warga main iceskating dan gratis lagi, asyik sekali bisa people watching di taman ini.

Boston Common : people watching di taman ini sangat menyenangkan sekali
  • Massachusetts State House

Berikut nya masih deket ke arah taman tepatnya di sebelah barat, akan terlihat sebuah bangunan megah berkubah emas. Tempat ini dikenal sebagai The New State House, untuk membedakan dengan state house yang lama yang disebut Old state House. Adapun dari nama nya sudah bisa menebak tentunya, bahwa bangunan ini adalah tempat berkantornya parlemen Massachusetts. Selain parlemen, tempat ini juga menjadi kantor gubernur Massachusetts. Didirikan tahun 1798, dan merupakan bangunan paling tua di kawasan Beacon Hilll, Boston.

The New State House, kantor parlemen Boston
  • Park Street Church

Gereja yang terdapat di persimpangan jalan Park Street dan Tremont Street ini, terlihat seperti gereja anglikan biasa. Namun gereja yang didirikan pada tahun 1809 ini merupakan gereja dimana tempat cikal bakal muncul ide tentang kemerdekaan Amerika. Para pembicara di gereja ini selalu menceritakan tentang dakwah berkaitan dengan keadilan dan hak asasi manusia, sehingga dapat dikatakan bahwa Amerika mendapat ide tentang Social Justice dan HAM yang bermula dari gereja ini.

Park Street Church, gereja cikal bakal lahirnya ide untuk merdeka dari koloni Inggris
  • Granary Burying Ground

Tepat di halaman belakang Park Street Church ada situs Granary Burying Ground, pemakaman paling tua di Boston dan bahkan Amerika ini karena didirikan tahun 1660. Banyak sekali orang terkenal yang berjasa akan revolusi Amerika disemayamkan di sini. Salah satu nya adalah Paul Revere, kemudian ada juga Peter Faneuil yang membangun Faneuil Hall, dan tentunya orangtua dari Benjamin Franklin. Unik sekali makam khas Amerika ini, karena hanya berbentuk batu batu yang menjadi nisan dan tidak ada embel embel patung layaknya pemakaman di negara negara Eropa. Nisan tertua adalah kepunyaan John Wakefield dengan tahun 1667, kalau dilihat sekilas makam ini seperti menyatu dengan gereja Park Street tapi sebenarnya mereka adalah dua situs yang berbeda.

Granary Burying Ground makam tertua di Amerika Serikat
  • King’s Chapel Church

Dibagun pada tahun 1686, dan dinyatakan sebagai gereja tertua di Amerika, King’s Chapel Church. Dengan struktur yang amat sangat sederhana dan bentuknya juga sangat kecil, ini merupakan gereja batu yang paling sederhana, dibangun oleh pasukan Inggris dan nama King digunakan untuk menghormati King Charles yang kala itu berkuasa, bahkan nama King Charles juga diabadikan untuk Charles River di Boston. Di sebelah gereja ada juga burying ground mirip seperti granary, hanya lebih kecil dan di sini banyak dimakamkan para gubernur Boston abad ke 16.

Gereja pertama buatan tentara Inggris
  • Boston Latin School/Benjamin Franklin Statue

Benjamin Franklin pendiri Universitas Pennsylvania sekaligus bapak kemerdekaan Amerika Serikat, kebetulan situs selanjutnya berhubungan dengan Benjamin Franklin. Tempat yang tidak jauh dari King’s Chapel ini merupakan sekolah menegah atas setara SMU tertua di Boston, namun saat ini dijadikan museum dan pada abad ke 19 dijadikan kantor pemerintahan berupa City Hall. Di sekolah ini lah 5 pencetus kemerdekaan Amerika pernah bersekolah, salah satu nya adalah Benjamin Franklin, nama lain yang saya ingat adalah Samuel Adams ada juga John Copley. Keren ya sekolah tertua di Amerika Serikat ini. Untuk mengenang Bapak Fraklin ada patung beliau dibangun di depan sekolah.

Ini dulunya adalah sekolah menegah atas nya Benjamin Franklin
Benjamin Franklin Statue
  • Old Corner Bookstore

Nah pada saat mencari situs ini saya sempat bingung, karena kalau di jelaskan di web dan brosur sih sudah pas lokasi nya tapi saya tidak menemukan satu toko buku pun di sekitar situ. Namun ada yang menarik yaitu perpustakaan terkecil d dunia ada di Boston. Dengan taglinenya yaitu take a book and return book, kok lucu ya. Akhirnya saya malah sibuk lihat lihat ini, pas ada penjaganya saya sempat tanya, dan konsep nya jadi kayak barter buku, jika kamu tertarik dengan buku yang ada di situ kamu bisa ambil. Tapi kamu harus kembalikan dengan buku baru. Keren kan seandainya di Indonesia ada perpustakaan kayak begini keren banget loh. Dan setelah nanya kepada bapak penjaga perpustakaan kecil ini, ternyata Old Corner Bookstore yang saya cari adalah restaurant Chipotle tepat di persimpangan jalan, nah ini merupakan penerbit buku pertama di Amerika, namun di tahun 1960 sempat dijual dan sekarang menjadi Restoran Chipotle. Ya minimal dapat juga lah ada dimana situs yang dimaksud dengan Old Corner Bookstore walaupun saya lebih terkesan ke perpustakaan ini.

Take A Book Return A Book, konsep sederhana dari Little Free Library yang merupakan perpustakaan terkecil di dunia
  • Old South Meeting House 

Old South Meeting House ini merupakan salah satu saksi dari dua kejadian bersejarah dalam kisah sejarah Revolusi Amerika. Baik itu Boston Massacre maupun Boston Tea Party direncanakan di tempat ini. Rumah pertemuan ini didirikan oleh kaum Puritan, dan dijadikan sebagai salah satu tempat untuk massa berkumpul, berdebat dan berargumentasi untuk membahas pentingnya kemerdekaan Amerika dari ekspansi Inggris. Saat ini tempat ini sudah menjadi museum dan merupakan museum tertua di Amerika karena dibuka tahun 1877 wow udah lama ya…

Old South Meeting House, tempat berdebat kusir para penggerak kemerdekaan Amerika
  • Old State House

Kalau Massachusetts State house adalah the New State House, maka jika kalian bertanya dimana State House sebelumnya ya di sini. Tempat ini menjadi State House sejak 1713, alasan pindahnya sederhana karena negara bagian Massachusetts sangat luas sehingga membutuhkan tempat yang lebih besar. Namun tempat ini menjadi saksi pilu dari beberapa kisah kelam sejarah Revolusi Amerika terutama adalah Boston Massacre yang terjadi tepat di depan gedung ini. Nah di depan nya tempat ini ada sebuah tanda di lantai, yang menandakan tempat pembuangan mayat para pemberontak yang dihukum mati oleh Inggris dalam kejadian Boston Massacre.

The Old State House
Di sinilah lubang buaya versi Amerika, pasukan Inggris membunuh para pemberontak kemerdekaan dan membuang nya di dalam lubang ini
  • Faneuil Hall

Faneuil Hall dibangun tahun 1741 oleh Peter Faneuil, dan menjadi tempat pertemuan para warga bahkan dapat dikatakan pasar tradisional di Boston. Pada tahun 1764, tempat ini sering digunakan warga untuk melakukan demonstrasi khususnya untuk mengungkapkan ketidaksukaan mereka terhadap pemerintah kolonial. Nah jadinya patung yang dibangun di sini adalah patungnya Samuel Adams, yang terkenal sebagai pemuda Boston yang selalu lantang menyuarakan pendapat tentang pemerintah kolonial, makanya posisi nya agak menutup lengan begitulah posisi dia pada saat berbicara di tempat ini untuk meyakinkan massa. Tapi sejauh ini Faneuil Hall adalah tempat favorit saya di Freedom Trail, karena pada saat saya ke sini tempatnya nyaman dan bersih terus ada penampilan dari salah satu seniman lokal kemudian tempat ini juga menjadi tempat kumpul nya warga Boston karena banyak sekali cafe dan restoran buka di sini.

Faneuil Hall
  • Paul Revere House 

Paul Revere salah satu pahlawan perang Revolusi Amerika, seorang pengusaha, pengerajin, dan orang yag selalu mendukung dan mendengarkan keluh kesah masyarakat Boston. Dari pemikiran pemikiran nya lah lahir semangat para anak muda seperti Benjamin Franklin yang sangat mengagumi beliau dan Samuel Adams sehingga mereka melanjutkan perjuangan Revere sampai revolusi berhasil menjadikan negeri ini merdeka. Kunjungan ke Boston saran saya ya wajib lihat rumah ini, karena rumahnya masih tertata dengan bagus walaupun didirikan pada tahun 1680, dan merupakan bangunan rumah tertua di Boston, rumah sudah dijadikan museum.

  • Old North Church

Gereja kedua tertua di Amerika ini didirikan pada tahun 1713, namun gereja ini terkenal dengan kisah patriotisme Paul Revere dengan nama Midnight Ride. Jadi pada tahun 1775, Paul Revere mendapat informasi bahwa akan ada penyerangan yang dilakukan oleh tentara Inggris untuk membunuh dua pejuang kemerdekaan yaitu Samuel Adams dan John Hancock, yang saat itu bersembunyi di Gereja ini untuk mengatur rencana memerdekakan negeri ini. Dengan sigap, Revere keluar dari rumah nya dan langsung menggunakan kudanya di tengah malam untuk membangunkan kedua pahlawan tersebut, rekan Revere yang mengantar Rever tertembak oleh tentara Inggris namun Revere selamat dan berhasil membawa pulang Adams dan Hancock ke luar Massachusetts. Kisah patriotisme Revere di depan gereja ini diabadikan dengan patung Revere sedang menaiki kuda. Kisah yang sangat keren menurut saya, karena jika Revere tidak menyelamatkan Adams maka mungkin Amerika masih di bawah Inggris seperti hal nya Kanada, Australia, Malaysia dan negara persemakmuran Inggris lainnya.

Monumen Midnight Ride dengan latar belakang gereja
  • Copp’s Hill Burying Ground

Stius berikutnya masih berhubungan dengan kuburan. Ceritanya adalah kuburan ini awal nya hanya kuburan biasa namun Boston Tea Party merubah tempat ini. Karena semua pelaku Boston Tea Party dihukum mati oleh tentara Inggris di tahun 1774 namun mereka dikubur oleh para keluarga korban di sini makanya banyak sekali makam dengan tahun yang sama yatiu 1774, selain itu kuburan ini merupakan salah satu kuburan untuk masyarakat Boston di wilayah North End.

Kuburan para pejuang Boston Tea Party

Dan selesai sudah kisah saya di Boston, sebenarnya ada dua monumen lagi yaitu kapal USS constitution dan Bunker Hill Monument namun karena sudah gelap saya memutuskan untuk pulang saja ke penginapan karena besok pagi pagi nya harus kembali terbang ke Seattle.

Namun saya banyak belajar tentang kisah patriotisme di Boston ini setelah melewati Freedom Trail,  sehingga saya sekarang lebih mengerti kenapa negeri ini begitu memandang hak asasi manusia dan kebebasan.

Senja di Sungai Charles pemandangan yang mengakhiri Boston Freedom Trail

Jika ada pertanyaan tentang Boston atau mungkin koreksi tulisan saya yang mungkin keliru tentang sejarah Amerika mohon diisi di kolom komentar ya.

Terima Kasih

Merdeka!!!!

Ferdi Cullen

 

 

 

 

Written by ferdicullen

Hi my name is Ferdi, you can call me Ferdi Cullen. When I was a little boy I want to become a diplomat who can travel the world. However, my passion for technology is more powerful so I become one of an employee in telecommunication company in Indonesia. I believe with digital technology we can travel the world easier, and I already made it, 23 countries so far until 2017 and still counting. Recently, in 2018 I Live in Seattle, yes I'm a Seattleites and I'm ready to travel as a micro traveller around the US just stay tuned for my stories. If you want to contact me please don't hesistate to call me deen.froesson27@gmail.com Ferdi Cullen Seattle

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

#FDCG

SEBUAH CATATAN TENGIK ANAK TEKNIK

Yogesh Joshi Blogs

My personal experience of travel and love for Mountains.

Jalancerita

Tiap Perjalanan Punya Cerita

Asambackpacker01.wordpress.com

Perjalanan untuk mendapatkan pencerahan

djangki

Avant Garde

Momentum Kehidupan

Sumber Motivasi, Inspirasi, dan Pengembangan Diri

Travelover Travelogue

Just a little story of my little adventure...

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

wanderlustJW

We travel not to escape life, but for life not to escape us.

Eka Hei

Selalu ada cerita dalam setiap langkah

leniaini blog

between thoughts and memories

DC Elseworlds

Live your fantasy here

Watashi no Sekai

All about my world

Catatan Perjalanan Hidupku ^^

Karena setiap detik perjalanan hidup adalah pelajaran, dan akan menjadi kenangan yang akan selalu membuatmu bersyukur :)

DEESUCII@DuniaSementara

senantiasa ada senyum dari-Nya dalam Kesyukuran dan Kesabaran tanpa tepi

Claraberkelana.com

Travel Stories

Catatan Kangsole

Tentang semua yang terlintas dan kenangan

秀賢の空

Welcome to the freakest blog that you ever see! Happy blogwalking!^^

Half-time Traveller

a Globe-trotter Wanna Be

simple Ula

I want to be rich. Rich in love, rich in health, rich in laughter, rich in adventure and rich in knowledge. You?

Nonikhairani

Once You Make a Decision, The universe Conspires To Make It Happen

Pink Traveler

Kemasi ranselmu dan pergilah melihat dunia

the travelearn

learning by traveling

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

%d bloggers like this: