Wisata Universitas Ivy League di Amerika Serikat

2 comments

Hola World!

Ivy League merupakan kampus yang sangat bergengsi di Amerika bahkan dunia. Kampus yang masuk dalam komunitas Ivy League termasuk kampus yang banyak sekali mencetak para peraih hadiah nobel, para presiden, perdana menteri, bahkan tokoh tokoh inspirasional dunia.

Ivy-League-Universities

IvyLeagueSchools
Simbol masing-masing universitas Ivy League

Pada saat di The States saya tidak ketinggalan untuk berkunjung ke kampus Ivy League. Dengan alasan, penasaran saja seperti apa wajah kampus yang sering dikatakan sangat sulit sekali untuk mendaftar menjadi mahasiswa ke kampus tersebut. Konon katanya, pilihan nya ada dua, jika anda pintar sekali atau unik sekali itulah dua kriteria yang dicari di kampus ini anda orang yang unik atau anda orang yang pintar. Jadi bisa dikatakan anda harus punya strategi  khusus untuk bisa menembus masuk ke kampus ini. Adapun 8 kampus yang masuk dalam komunitas Ivy League adalah : Brown University (Rhode Island), Columbia University (New York City), Cornell University (Ithaca), Dartmouth College (New Hampshire), Harvard University (Cambridge), Princeton University (New Jersey), University of Pennsylvania (Philadelphia), dan Yale University (New Haven, Connecticut).

IMG_7863
Quandragle Square, UPenn (University of Pennsylvania)

Bulan Januari 2019, saya berkesempatan berkunjung ke 3 kampus dari 8 kampus yang ada dalam komunitas Ivy League yaitu Columbia University, University of Pennsylvania, dan Harvard University. Dan ada satu lagi universitas terbaik dunia yang saya kunjungi karena lokasinya sangat dekat dengan Harvard University, kebetulan saya kenal dengan salah satu mahasiswa yang sedang berkuliah di sana yaitu MIT (Massachusetts Institute of Technology).

1. University of Pennsylvania, Philadelphia 

penn-logo-940x540

Pagi yang cerah tapi dingin di bulan Desember di Philadelphia, dengan menggunakan SEPTA (Philadelphia Public Transport), saya pun tiba di stasiun University City. Awalnya tidak begitu sadar bahwa saya tiba di University of Pennsylvania. Tapi setelah berjalan 5 menit dari stasiun saya melihat dome dari Wharton Business School, dan akhirnya saya yakin wah saya sudah berada di kampus Ivy League pertama yang saya kunjungi yang terkenal dengan moto “Work Hard, Play Hard” ini.

IMG_7834
Wharton School of Business
IMG_7826
Business school tertua di Amerika Serikat

Tempat pertama yang saya datangi di kampus adalah Wharton Business School, namun sayangnya karena lagi libur saya tidak bisa masuk ke dalam business school pertama di Amerika Serikat dan yang menghasilkan banyak CFO perusahaan kelas dunia. Setelah dari Wharton, saya melintas di taman di belakang Wharton, dan saya menemui sebuah karya seni yang keren sekali yaitu patung Bapak Benjamin Franklin (sang pendiri universitas) sedang duduk santai, karya seni ini disebut Ben on The Bench.

IMG_7845
Ben on The Bench

Sekilas kampus ini mirip banget sama Oxford University di Oxford, Inggris, dan memang sebagai kampus yang didirikan pada tahun 1740, Benjamin Franklin banyak membawa unsur English College ke dalam kampus ini mulai dari arsitekturnya sampai metode kurikulumnya.

IMG_7880
College Hall dan monumen Benjamin Franklin

Bagian yang paling menarik adalah monumen dari Benjamin Franklin yang terletak di depan College Hall. College Hall sendiri adalah bangunan yang paling tua yang ada di universitas ini. Begitu bijaksana terlihat Ben sapaan Benjamin Franklin menatap ke arah universitas, seakan menjaga kampus ini dan memberikan semangat para mahasiswa nya untuk tetap menjadikan kampus ini kampus terbaik dunia.

IMG_20181229_105910686_HDR
Wharton Business School

Selepas dari College Hall, saya melewati Benjamin Franklin Street, dimana di jalan ini banyak sekali quotes yang merupakan nasehat yang pernah diucapkan oleh Ben Franklin. Sambil berjalan kita bisa belajar dan mungkin dapat inspirasi dari quotes nya Bapak Benjamin Franklin.

2. Columbia University, New York

columbia

Pengalaman datang ke Columbia University sangat tak terlupakan. Pasalnya, saya tinggal di salah satu condominium kepunyaan mahasiswa Columbia ketika berkunjung ke New York. Dengan tujuan untuk jalan pagi saya pun berkunjung ke kampus dengan icon Alma Mater ini.

IMG_8548
The Library of Columbia University

Columbia University adalah universitas yang masuk jajaran Ivy League, dan merupakan kampus kelima tertua di United States, Didirikan tahun 1754, kampus ini dulu awalnya namanya adalah King College. Nah, kalau ada sebutan King College, sudah tahu pastinya bahwa kampus ini diprakarsai oleh Raja Inggris, persis sama dengan kampus kembaran nya King College London yang ada di London, yaitu kampus yang didirikan oleh King George II of England.

IMG_8544
Sekeliling Columbia University

Terus kenapa namanya jadi Columbia ya? kampus ini sempat tutup pada masa American Revolution yang membawa Amerika ke kemerdekaan nya. Namun pada tahun 1784, kembali dibuka dengan nama baru yaitu Columbia. Columbia sendiri bermakna semangat patriot, karena dulu nya di sini lah beberapa mahasiswa menyuarakan aspirasi politik mereka terhadap para Koloni Inggris, sehingga nama Columbia dirasakan sangat cocok untuk kampus ini. Sejak saat itu kampus ini bernama Columbia University.

IMG_8512
Alma Mater

Kampus nya luas banget dan cakep sangat. Banyak ruang terbuka, dan sistem arsitekturnya adalah sentralisasi di satu lokasi. Saya suka sekali jalan pagi di sini. Namun tempat foto wajib bagi mahasiswa atau turis (seperti saya) adalah patung Alma Mater. Saya mendengar istilah Alma Mater pada saat saya sekolah sarjana dulu di Medan. Pada saat itu, banyak orang yang mengistilahkan alma mater adalah ibu atau dimana tempat kamu berasal. Dan ternyata istilah Alma Mater memang diperkenalkan oleh kampus Columbia. Filosopis Alma Mater adalah agar kita selalu ingat akan ibu yang mendidik kita, dengan kata lain selalu ingat dengan kampus yang mewakli ibu kita untuk mendidik kita. Dengan bahagia tentunya saya berfoto bersama sang Ibu Alma Mater.

IMG_8519
Ferdi dan Alma Mater

3. Harvard University, Cambridge Massachusetts

harvard

Kampus berikutnya ini merupakan kampus Ivy League favorit aku dan aku selalu bermimpi bisa menjadi mahasiswa di sini. Harvard University, Harvard yang merupakan kampus yang kurang lebih ada 15 presiden Amerika Serikat merupakan alumni dari kampus ini. Perjalanan saya ke sini termasuk perjalanan yang paling tak terlupakan selama berada di The States. Ada dua alasan karena lokasi kampus ini mirip banget sama kota tua ala Inggris, sampai menemukan beberapa spot tempat syuting nya film Social Network, film tentang Mark Zuckerberg yang dibuat tahun 2010 di universitas ini.

IMG_8753
Harvard Yard pintu masuk Harvard University

Hampir semua bangunan di sekitar Harvard University adalah bangunan tua dan ada juga gereja-gereja tua kecil, dan ada clock tower nya lagi yang berdering setiap jam, jadi serasa ada di London deket Big Ben. Dengan ciri khas lambang perisai merah dengan kata “Veritas”, kampus ini sangat kental dengan nuansa di Inggris. Bahkan jauh lebih Inggris dibandingkan UPenn menurut saya, walaupun UPenn juga sudah terasa sangat Inggris , jadi kalau dianalogikan UPenn adalah Oxford, dan Harvard adalah Cambridge.

IMG_8752
Sekeliling Harvard University

Kampus ini dikelilingi oleh sungai yang sangat indah bernama Charles River, letak nya tidak di kota Boston, dan jarak tempuh dari Boston ke kampus ini juga cukup jauh yaitu 13 km, dengan menggunakan The T (Boston Subway) Red Line berhenti di Harvard Square Station. Dan ketika memasuki Harvard Yard, wah seakan masuk ke fairytale city, kampus ini bener-bener seperti di Hogwarts.

IMG_8807
Charles River

Patung John Harvard. Sudah pernah denger kan mitos, bahwa apabila datang ke kampus ini dan menyentuh kaki patung John Harvard maka keturunan kita akan ada yang masuk ke Harvard University. Silahkan boleh percaya boleh tidak. Dengan sontak, saya yang suka percaya mitos berusaha menggapai kaki patung John dan saya foto agak lucu sih posenya. John Harvard adalah alumni University of Cambridge dan merupakan pendiri Harvard University, kampus ini adalah kampus tertua di Amerika Serikat didirikan pada tahun 1636. Namun ada fakta menarik di balik dari patung ini, sebenarnya patung ini tidak merepresentasikan wajah asli John Harvard, karena pada masa itu belum ada banyak pelukis atau pemahat dari Eropa di Amerika, jadi tidak ada yang mendokumentasikan seperti apa sih wajah John Harvard. Akhirnya seorang pemahat bernama Daniel Chester yang mendapat mandat dari pemerintah Amerika untuk mendirikan patung ini di tahun 1883, karena bingung akhirnya Chester menarik seorang pemuda tampan berkebangsaan Inggris yang kebetulan sedang kuliah di Harvard, jadilah wajah si mahasiswa itu menjadi wajah nya John Harvard hehehe. Lucu ceritanya dan cukup mengocok perut saya.

IMG_8789
John Harvard Statue
IMG_8766
Ferdi dan John Harvard Statue

Selain patung John Harvard, salah satu film yang paling saya sukai yaitu The Social Network juga syuting di sini loh ada beberapa tempat yang masih saya inget dari film tersebut. Pertama adalah Harvard Book Store, salah satu toko buku independent yang didirikan tahun 1932, namun saat ini kepemilikan nya sudah dibawah toko buku nasional Amerika Serikat yaitu Barnes and Noble. Mark Zuckerberg, sang pendiri facebook yang walaupun bukan alumni Harvard menjadikan toko buku ini sebagai toko buku favoritnya. Dan jika anda nonton film Social Network, ada adegan ketika Jesse Eisenberg mampir ke sini. Selanjutnya yang juga ada di film itu yang saya inget adalah ketika Jesse Eisenberg makan di salah satu gourmet burger paling legend di Harvard yaitu Mr. Bartleys, dan restoran ini merupakan restoran American Sandwich yang paling enak bukan hanya se-Cambridge tapi se-Boston. Adegan yang ada di film adalah ketika Jesse Eisenberg, Andrew Garfield, dan Justin Timberlake negosiasi tentang Facebook di tempat ini wah keren sekali.

IMG_8794
Harvard Book Store
IMG_8816
Mr. Bartleys, legendary gourmet Burger di Harvard

4.  Massachusetts Institute of Technology, Cambridge

MIT-logo-school-academic-tour

MIT, karena aku juga susah mengucapkan nama kampus ini jadi aku lebih suka menyebutnya MIT. Kampus terbaik dunia ini, didirikan pada tahun 1861 karena kekurangan kampus yang mengajarkan teknik di Harvard. Dan didirikan sebagai kampus private, kampus ini langsung menjulang prestasi nya. Terkenal sebagai kampus innovator, banyak sekali hasil penelitian teknis yang berasal dari kampus ini. Mulai dari wind tunnels, AI, nuclear reactor, dan masih banyak lagi hasil penelitian yang membuahkan kesejahteraan masyarakat berasal dari kampus ini.

IMG_8729
The Famous MIT dome

Pada saat tiba di MIT, saya disambut oleh kolega orang Indonesia yang sangat saya kagumi, dia adalah kandidat Doctoral di kampus ini. Dia mengajak saya berkeliling kampus untuk mengetahui lebih banyak mengenai kampus ini. Dome dari kampus ini sangat mempesona bahkan lebih besar dari dome nya Columbia, dan di dalam dome tersebut ada perpustakaan yang arsitektunya melengkung dan unik sekali, kemudian saya juga berkunjung ke MIT Sloan School of Management salah satu business school terbaik di negeri ini. Ditambah lagi dorm nya yang ya ampun bangunan nya unik sekali.

IMG_8728
Di bawah Dome of MIT, perpustakaan unik
IMG_8735
Ferdi dan kandidat Doctoral dari MIT, semoga bisa jadi kandidat doctoral juga nanti seperti kakak ini Amin
IMG_8738
Bentuk Dormitory di MIT yang unik dan mencirikan seni modern
IMG_8743
Suasana modern dan digital di kampus teknik MIT
IMG_8751
Ferdi berpose di MIT Sloan School of Management, salah satu The Best School of Business di dunia

Namun sayangnya saya berkunjung ke kampus ini hanya sekitar satu jam karena kolega saya tersebut masih ada pekerjaan. Akan tetapi puas banget sudah diajak berkeliling kampus modern dan digital seperti di MIT ini. Sekedar info, kampus ini keamanannya sangat ketat, ada beberapa bagian memang restricted karena ada penelitian besar yang kemungkinan dibiayai oleh pemerintah US yang tidak boleh diketahui oleh umum.

Demikian perjalanan saya ke 3 kampus Ivy League dan MIT. Yuk saya ingin ajak para traveller, pada saat travelling anda juga perlu memasukan itinerary kampus walaupun anda bukan mahasiwa karena banyak sekali sejarah dan inspirasi yang bisa kamu pelajari di kampus dan universitas.

Salam

Ferdi Cullen

 

 

Advertisements

2 comments on “Wisata Universitas Ivy League di Amerika Serikat”

  1. Oh, i see. Jadi Ivy League ini adalah sekumpulan universitas gitu, ya. Aku suka banget sama kampusnya Harvaaard! Udah bangunannya tua-tua, ada landmark-landmark bersejarah, eh terletak di tepi sungai yang indah pula.
    Mau nanya, SEPTA itu wujudnya kereta atau apa mas?

    Like

    1. Wah senang sekali ini ada kak matius berkunjung ke blog ku, iya aku juga favorit sama Harvard yang kampus nya keren plus ada sungai indah melintasi kampus. Kalau SEPTA itu mrt nya di philly alias Philadelphia kak…. SE nya aku lupa apaan tapi PTA nya aku inget Pennsylvania Transportation

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s