High Line Park : Skywalk keren di New York City

5 comments

Hola World,

Pertama kali saya melihat High Line Park adalah dari salah satu mahasiswa Arsitektur di University of Washington yang mengupload foto dan videonya di Facebok. Terus ya aku sangat tertarik melihat taman ini. Dan pada bulan Desember 2018 aku berkesempatan mengunjungi taman atau mungkin bisa aku istilahkan Skywalk kali ya. Berikut kisah aku berjalan di Skywalk kota New York City yaitu High Line Park.

Taman Gantung High Line Park

Selidik punya selidik rupanya Bapak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga sudah membuat skywalk seperti ini bernama Cihampelas Walk di kota Bandung ketika beliau menjabat Walikota pada tahun 2017. Kebetulan saya belum pernah ke Cihampelas Walk tapi sepertinya mirip sekali dengan yang ada di New York City ini. Sehubungan, Pak Ridwan Kamil juga pernah mengupload taman ini di Instagram nya, artinya sedikit banyak terinspirasi dari taman ini kan. Jadi ya bisa dikatakan taman ini adalah taman yang menginpirasi ide Pak Ridwan Kamil tersebut.

Pemandangan seputaran High Line Park
Langit Mendung di sepanjang New York, tapi terlihat Empire State Building

Ada cerita menarik di balik pembangunan taman ini, yaitu taman ini dibangun di atas jalur kereta api yang sudah tidak digunakan lagi. Berkat pemugaran dari salah satu organisasi non profit di New York, dan juga dukungan dari Walikota New York sehingga taman ini resmi berdiri pada tahun 2011. Luasnya taman ini  sangat luas loh, kurang lebih mencapai 2.3 km dan di kanan kiri taman jika anda jeli melihat pada saat berjalan di taman ini, terlihat sekali ada beberapa bekas lintasan kereta api. Unik sekali ini menurut aku.

Sisa Jalur Kereta Api yang masih bisa kita lihat di High Line Park
Taman ini seluas 2.3 km dan ada 3 pintu masuk

Taman yang terletak di antara Hudson Yard dan Chelsea Market. Ada 3 tempat masuk menuju ke High Line Park yaitu pntu masuk utara Northernmost, pintu masuk Selatan Southernmost, dan pintu masuk tengah yang merupakan pintu utama High Line. Aku masuk dari pintu utara dan keluar di pintu selatan. Cara menuju kemari juga sangat mudah arahkan saja google map kalian ke Chelsea Market, dan ada Subway yang berhenti di 30th Street, nanti tinggal jalan dikit aja. Namun memang taman ini jika dilihat dari bawah tidak kelihatan jadi memang harus jeli melihat pintu masuk nya kalau tidak anda hanya akan melihat bangunan bangunan brick di sekitar nya. Untuk pintu Utara ada lambang High Line seperti foto pertama tulisan ini. Kebetulan pada saat saya ke taman ini, cuaca tidak bagus mendung dan hujan sepanjang hari di kota New York City. Tapi setelah aku lihat ternyata taman ini keren juga walaupun lagi mendung. Coba lihat beberapa foto foto aku di tulisan ini.

Ada beberapa hal yang saya sukai ketika berjalan di taman ini yaitu :

1.  Wajah New York Asli

Ketika saya berada di taman ini, saya bener bener takjub dengan melihat bangunan brick asli American Architecture. Jadi jika anda mau melihat wajah asli New York, ya silahkan datang ke High Line Park dan dari atas kalian bisa melihat apartemen apartemen brick yang masih asli sekali. Banyak sekali gedung tua dengan arsitektur cantik. Sangat keren menurut saya. Notabene, saya baru paham mengapa teman saya dari program Arsitektur ke sini, karena rupanya di sini juga dibuka study tour untuk belajar.

Pemandangan grafiti di New York yang terlihat dari High Line Park

 

2. Pameran Seni di Taman

Yup selain tempat untuk berjalan kaki kita bisa melihat beberapa karya seni unik selama di sini beberapa contoh nya adalah lukisan Liberty berikut. Kemudian kita juga bisa melihat beberapa grafiti di rumah rumah warga yang menurut saya lucu dan unik. High Line memang tempat yang disediakan untuk memamerkan hasil karya seni dari para artis modern. Pasti ada filosofi dibalik ini

Grafiti Liberty
Salah satu karya seni di High Line Park

3. Jogging Track

Dengan track sepanjang 2.3 km sudah sangat luas sekali digunakan untuk berjalan kaki atau jogging. Bahkan walaupun hujan ketika itu menerjang masih ada juga warga lokal yang melakukan joging. Bayangkan saja, kita bisa joging disini tanpa polusi, dan sekaligus dikelilingi oleh Skyline dan karya seni modern.

Joging dan berjalan di sekitar High Line Park ini enak sekali udaranya seger

4. Ada point of view Skyline 

Ada fasilitas point of view di taman ini. Berupa kursi bertingkat untuk melihat view Skyline, kita bisa dengan mudah duduk di kursi dan memandang Skyline kota New York dari spot ini.

Ini dia salah satu point of view nya Taman ini

Oh ya kebetulan di bawah Taman ini ada market yang sangat terkenal bernama Chelsea Market, namun kebetulan pada saat aku kemari pasar ini sudah tutup. Anda juga bisa membeli street food dan makan sambil menikmati pemandanga kota di High Line seperti nya itu ide yang bagus. Kemudian di sebelah Chelsea Market ada juga namanya Whitney Museum sebuah museum seni kotemporer. Jadi jika datang ke New York dan pengen merasakan tempat yang menjadi inspirasi Cihampelas Walk silahkan kunjungi High Line Park plus Chelsea Market dan Whitney Museum.

Tempat ini menjadi tempat yang sangat instragramable di US
Bangunan bangunan tua ini tampak menghiasi taman
Hiruk pikuk Kota New York dilihat dari Taman
Taman ini sangat bersih dan indah

Demikian kisah pertama saya di kota New York nantikan kisah selanjutnya ya. Dan jika ada pertanyaan jangan lupa di kolom komentar ya…

Ferdi Cullen

Advertisements

5 comments on “High Line Park : Skywalk keren di New York City”

  1. Bagus banget skywalk-nya, mas! Menurutku, cuaca mendung sama sekali nggak merusak keindahannya.

    Let me tell you about Teras Cihampelas. It is nothing compared to this!

    Tadinya, aku berharap Teras Cihampelas akan menjadi jalur pedestrian sehingga wisatawan di Jalan Cihampelas dapat berjalan-jalan dan berbelanja dengan lebih aman. Jalan Cihampelas ini cuma 1 lajur kecil, dan trotoarnya cuma di satu sisi. Ternyata…

    Teras Cihampelas is just another Instagramable project for gimmick! It makes traffic worse karena tiang-tiang penyangganya mempersempit lajur kendaraan. Skywalk ini nggak terhubung dengan mall, toko-toko, dan hotel-hotel yang berderet di kedua sisi jalan. Jalur aksesnya juga terbatas.

    Liked by 1 person

    1. Oala aku baru tahu ternyata Cihampelas itu seperti itu ya, makin penasaran berkunjung ke Cihampelas later on jika sudah di Indonesia, aku juga pengen bandingin dengan yang ada di High Line. Terima kasih sudah berkunung mas matius oiya happr birthday ya semoga panjang umur, sehat, dan tercapai segala mimpinya Amin

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s