Mengenang Kisah Rocky di Philadelphia Museum of Art

No comments

Hi World,

Akhirnya setelah 3 bulan saya tidak menulis, saya kembali menulis. Alasan saya untuk tidak menulis adalah karena saya harus menyelesaikan project akhir kuliah saya. Dan insyaallah sih Summer ini saya sudah selesai kuliah. Tapi memang sejujurnya jika sudah lama tidak menulis blog rasanya rindu sekali. apakah ini yang namanya cinta menulis ya. Bisa disimpulkan bahwa betapapun saya tinggalkan blog ini tetap ujung nya aku akan kembali ke blog ini.

Peta Amerika dan letak Philadelphia

Pada tulisan saya kali ini, aku ingin menceritakan kisah perjalanan saya ke salah satu kota yang menjadi setting film “Rocky”. Nama kotanya adalah Philadelphia. Film yang diperankan oleh Sylvester Stallone ini adalah film yang dibuat tahun 1976, berkisah tentang seorang petinju bernama Rocky Balboa, yang mempunyai latar belakang hidup di kawasan slum di Philadelphia, berjuang meraih mimpinya. Aku pertama kali lihat film ini pada tahun 1995, di salah satu televisi swasta di Indonesia. Dan sejauh yang pernah aku ingat filmnya itu benar benar mengugah sekali, kalau kita pikir pikir kisah nya benar benar memberikan pengertian apa artinya berjuang itu. Karena diceritakan bahwa Rocky adalah salah satu orang dari kawasan Slum Philadelphia, yang saat itu terkenal dengan kriminalitas, prostitusi, dan pengedaran obat obatan terlarang, sehingga seperti nya gak mungkin aja ada orang yang sukses dari situ. Namun jangan pernah melihat dari dimana dia tinggal, selalu lah punya semangat dan kerja keras, itu adalah pesan yang ingin disampaikan di film ini.

Philadelphia adalah salah satu kota di Amerika, yang terletak di East Coast. Kota ini sebenarnya sudah sangat terkenal sebagai salah satu kota besar di Amerika. Selain itu, kota ini juga sangat bersejarah, dimana di kota ini lah tempat deklarasi kemerdekaan Amerika dikumandangkan. Kota yang nama kerennya adalah Philly ini banyak sekali bangunan-bangunan bersejarah, awalnya saya agak agak lupa dengan kisah Rocky dan bertujuan ke Philly dalam rangka menelusuri kisah sejarah Amerika di kota ini.

Bangunan bersejarah perjuangan kemerdekaan Amerika di Philadelphia

Namun ternyata kisah Rocky jauh lebih menarik perhatian saya, akhirnya saya pun mencari tahu beberapa rekam cerita Rocky di kota ini. Salah satu yang paling terkenal tentunya adalah Rocky Steps di Philadelphia Museum of Art. Saya akhirnya memutuskan mencapba mendatangi icon film Rocky tersebut.

Philadelphia Museum of Art 

Philadelphia Museum of Art, adalah museum seni yang berisi banyak sekali karya seni baik dari Amerika maupun internasional. Museum ini terletak satu kawasan bernama Benjamin Franklin Parkway, yaitu merupakan kawasan bersejarah dimana banyak sekali terdapat museum di sekitar nya. Dengan latar belakang museum ini, ada sebuah tangga besar yang disebut orang sebagai Rocky Steps adalah tempat dimana adegan di Film Rocky, Rocky berusaha sekeras tenaga berlatih setiap pagi naik turun tangga ini.

Philadelphia Museum of Art

Saya datang ke museum ini pada bulan Desember 2018 lalu, saat itu sedang musim dingin namun belum turun salju. Suasananya belum terlalu dingin, dan ketika tiba di Museum ini saya kaget bukan main, gede sekali museum nya. Selidik demi selidik ternyata Philadelphia Museum of Art ini adalah museum seni terbesar di negara Amerika loh, wah pantesan luas sekali. Ketika melihat Rocky Steps ingatan saya kembali ke film Rocky dimana adegan yang sangat luar biasa menurut saya, ketika Rocky dengan gigihnya setiap pagi sebelum matahari terbit naik ke atas tangga dan pada saat matahari telah terbit dia mengangkat kedua tangannya. Menyiratkan bahwa ini adalah sebagai sebuah usaha kerja keras dan cara meraih mimpi. Jangan lupa setelah menaiki kurang lebih 100 anak tangga lihat lah ke belakang maka anda akan disuguhkan dengan pemandangan kota Philadelphia yang sangat menarik.

Nah ini dia Rocky Steps, tempat Rocky setiap hari latihan
Icon Rocky statue yang populer sekali
Ampun antrian di Rocky statue

Di samping kanan museum, ada dibangun sebuah patung yang menunjukan kisah Rocky tersebut yaitu patung Rocky. Posisi patung persis seperti Rocky ketika mengangkat kedua tanganya, namun gila antrian nya banyak sekali. Akhirnya saya memutuskan untuk masuk ke museum dulu, tapi ternyata di museum juga antrianya panjang. Namun yang membuat saya senang adalah rupanya di museum ini ada harga student, lumayan diskon nya sampai 30%. Ruangan demi ruangan dan juga struktur bangunan ini mirip dengan Pantheon di Roma. Ruangan pertama yang saya temui disebut The Museum Great Stair Hall, sebuah tangga besar untuk menuju ke lantai dua. Di tengah nya terdapat sebuah patung yang sangat elok, nama patung itu adalah The Gilding Diana, jadi ingat Diana Prince Wonder Woman kan hehehe, Diana telah menghiasi bagian atas Aula Tangga Museum selama lebih dari delapan puluh tahun. Diana diciptakan pada tahun 1892-1893 sebagai baling-baling cuaca berlapis emas untuk menara Madison Square Garden New York, dirancang oleh Stanford White. Patung tercinta ini mengalami transformasi yang luar biasa pada 2013–2014 ketika para konservator memperbaiki dan melestarikan struktur tembaga dan memulihkan lapisan daun emas aslinya. Sehingga jadilah patung ini seperti sekarang yaitu ajang selfi dari para instagram mania hehehe.

The Gilding Diana di the Museum Great Stair Hall
Aduh keren ya kalau Selfie di depan Diana hehehe

Selfie dengan Rocky Statue

Puas mengelilingi koleksi museum selama 2 jam lebih, saya pun keluar dari museum. Sudah pukul 4 sore dan museum ini juga mau tutup sekitar jam 5 sore. Kemudian saya lihat antrian di Rocky Statue sudah mulai sedikit akhirnya saya pun ikut mengantri dengan harapan bisa berfoto bareng dengan icon pejuang mimpi masyarakat bawah Amerika mencapai tujuan ini. Dan voila tidak lebih dari 15 menit saya pun berselfi dengan patung tersebut. Selesai sudah perjalanan yang sangat menyenangkan di tempat Rocky ini, saya sangat menyarankan kalau anda belum lihat film Rocky segera lihat ya karena film ini mengajarkan banyak hal positif. Demikian kisah saya di Philadelphia nantikan kisah lanjutan di Philadelphia dan kota kota lain nya yang saya kunjungi di blog ini

Akhirnya selfie dengan sang legenda Rocky
Pemandangan Skyline Philadelphia yang awesome menurut Ferdi Cullen

Ferdi Cullen

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s