Film Film Favorit 2018

3 comments

Hi World….

Tulisan saya berikut ini saya mau review 10 film favorit saya di tahun 2018. Dan mohon jangan disalahartikan film film yang saya tulis di sini hanya film yang merupakan selera pribadi saya. Jadi tidak ada hubungannya dengan kualitas film atau pun hasil penjualan nya. Tapi jika dari beberapa pendapat saya ada yang kurang setuju saya sih, saya  tetap terbuka untuk memperbaikinya. Baiklah kita mulai saja ya 10 film favorit versi Ferdi Cullen 2018 adalah  :

  1. Black Panther
  2. Bohemian Rhapsody
  3. Avengers : Infinity War
  4. Ready Player One
  5. Aquaman
  6. A Star is Born
  7. A Quiet Place
  8. The Favourite
  9. Mary Poppins Return
  10. Mamma Mia! Here We Go Again

 

Mamma Mia! Here We Go Again

Alasan saya suka sekali dengan film ini ada dua. Pertama karena ada lagu lagu lawas ABBA, tapi jalan cerita di film kedua ini jauh lebih menarik dibandingkan dengan film pertamanya yang adu duhh menurut saya. Kedua, munculnya Cher, yup Cher dengan lagu Fernando di film ini keren asliiii…Saya suka sekali bahkan gara gara Cher sang legenda itu saya jadinya beli soundtrack nya.

Mary Poppins Return

Sebagai film yang sekuel setelah berapa tahun coba… yup 54 tahun sejak film pertamanya. Tapi menurut saya peran Emily Blunt di film ini sangat total, benar benar gak ada perubahan sama yang dimainkan sama Julie Andrews. Mulai dari ceriwisnya, kemudian suaranya, plus jutek juteknya, lagu lagunya  persis sama yang dimainkan sama Andrews 54 tahun lalu.

The Favourite

Film yang diputar akhir tahun 2018 ini super sekali. Saya suka sekali dengan tema nya yang unik, yaitu perebutan kekuasaan politik tapi di balik layar. Hal ini lumrah kalau di Monarki, karena seorang raja atau ratu mempunyai kuasa untuk menentukan siapa yang dia sukai dan tidak disukai secara subjektif. Film ini mengingatkan saya dengan kisah Muhtesem Yuzyil di Turki, apalagi kisah perseteruan nya adalah antara para pelayan raja, dengan menggunakan sensualitas. Di samping kisah nya yang bisa saya katakan kontroversial, tapi film ini berhasil menjadi nominator Oscar 2019. Dan tidak tangung tanggung 3 pemeran utamanya masuk ke dalam kategori akting, dan tidak luput sang sutradara, dan juga filmnya yang menjadi nominasi film terbaik.

 

A Quiet Place

Tahun 2018 merupakan tahun nya Emily Blunt, karena dia bersinar banget apalagi setelah memainkan film ini. Saya tidak tahu ya mohon koreksi jika saya salah di film ini yang merupakan genre Horror, merupakan salah satu film Horror terbaik di 2018. Di genre horror sendiri ada beberapa sekuel dan prekuel yang cukup mengecewakan, tapi ini extraordinary. Konsep nya saja udah bikin merinding yaitu “Diam”. Saya berkesan sekali dengan advertising marketing nya yang memberikan pesan kepada setiap penonton jangan makan dengan suara keras di bioskop agar tidak tertangkap sama makhluk dari film ini,  hahaha lucu sekali kan.

 

A Star is Born

Film yang diperankan oleh sang penyanyi kontroversial yaitu Lady Gaga ini sukses mencuri hati saya. Sekilas saya pikir Lady Gaga bakal jadi kandidat Oscar yang sangat potensial, sebelumnya kita sudah melihat beberapa penyanyi yang pernah meraih Oscar, salah satunya adalah Cher kemudian Barbra Streissand, dan bisa jadi kan Gaga akan mengikuti jejak langkah mereka, karena sudah puluhan tahun saya rasa tidak ada lagi penyanyi yang berakting maksimal.  Secara cerita walaupun filmnya adalah film daur ulang di tahun 70 an tapi film ini sederhana dan Bradley Cooper sang sutradara begitu pandai membuat drama di film ini menjadi begitu nyata dan logis menurut saya.

 

Aquaman

Sukses dari genre horor dan sekarang dipercayakan sebagai sutradara sebuah film DC, James Wan memang inovatif. Menurut saya dia ini calon calon sutradara inovatif kalau di era 2000 an ada Christopher Nolan, kemudian di era 90 an ada Martin Scorsese, Steven Spielberg. Nah bisa jadi Wan udah masuk ke level ini, dulu dia percayakan megang Conjuring di era dimana horor sedang down banget kemudian booming kembali, nah sekarang dia dipercayakan megang DC dimana DC agak sedikit yah patah patah sayap lah, karena kemolekan Marvel. Namun dia berhasil, superb banget gambaran Atalantis, yang bahkan para pembaca komik DC sangat kagum dengan gambaran yang diberikan oleh Wan tersebut.

Ready Player One

Seperti kata dosen saya Virtual Reality is the biggest innovation in human life.. Dan bukunya Ernest Cline merupakan salah satu buku tentang Virtual Reality yang terbaik. Kemudian difilmkan oleh sutradara favorit saya yaitu Steven Spielberg. Walaupun secara kualitas film ini katanya down sekali, ratingnya di Rotten Tomatoes rendah sekali. Namun film ini menurut saya sudah bisa merepresentasikan yang ada di buku. Walaupun mungkin karena banyak perubahan yang dibuat oleh Spielberg, karena sepertinya Spielberg ingin menampilkan sesuatu yang fantastis padahal jika dia menginterpretasikan sesuai gambaran di buku saja sudah cukup keren menurut saya.

Avengers : Infinity War

Film yang terus terang saya tonton 5x ini, sebenarnya adalah salah satu film Marvel terbaik. Walaupun endingnya sedih tapi klimaks menurut saya. Ditambah muncul beragam teori, menjadikan brand film Marvel sangat kuat. Dengan meraup keuntungan $2,048 million ini menjadikan Marvel adalah salah satu universe yang tidak terkalahkan, walaupun ada beberapa pesaing di tahun yang sama seperti Star Wars dengan film Solo kemudian ada juga Fantastic Beast, tetap Marvel punya hati hampir di semua kalangan mulai dari generasi paling kecil sampai generasi paling tua. Apalagi sekarang mereka sudah mempunyai fans fanatic yang semakin memperkuat posisi mereka.

Semoga film selanjutnya di tahun 2019 yang tidak lama lagi akan keluar juga tidak kalah menariknya dibandingkan film ini di tahun 2018.

Bohemian Rhapsody

Queen memang adalah band rock yang paling fenomenal dan kontroversial ya. Bayangkan saja kebebasan berekspresi yang mereka lakukan ternyata berhasil menciptakan sebuah karya kreatif. Di film ini kita jadi tahu rupanya lagu “Bohemian Rhapsody” yang sangat melegenda itu melalui proses yang tidak mudah ya. Ada konflik, ada ego, ada juga perseteruan. Sang Sutradara juga sangat luar biasa membangun karakter dari Freddie di dalam Rami Malek. Ya mudah mudahan ini bisa menghantarkan Rami meraih Oscar tahun ini. Rami you are the Champion.

Black Panther

Tidak bisa dipungkiri memang ada banyak sekali film Marvel di tahun 2018. Namun yang berhasil mencuri perhatian baik komersial dan kritikus adalah film Black Panther. Apa ya, ini merupakan sebuah perpaduan antara film heroik dan juga budaya kalau bisa saya berargumentasi. Karena di satu sisi merupakan suatu hal baru kita bisa melihat sebuah negara yang tertutup seperti Wakanda, tapi ternyata di balik itu ini adalah negara paling makmur di dunia.

Sutradara Ryan Coogler benar benar sangat apik mengambarkan suasana Wakanda yang sarat modernitas tapi tidak pernah lupa dengan kultur aslinya. Ditambah pemeranya 85% adalah aktor dan aktris Afroamerican menjadikan film ini adalah film yang mengangkat diversity yaitu film pertama dengan superhero dari kalangan kulit warna, karena bisa jadi selama ini stereotipe super hero hanya oleh kulit putih sudah dipatahkan selamanya. dan ternyata pada saat nominasi Oscar dipublikasikan film ini mendapat 6 nominasi Oscar. Apalagi di tahun 2018 ini sang kartunis Marvel, Stan Lee sudah tiada, semoga penghargaan Oscar untuk Marvel bisa memberikan apresiasi kepada sang kartunis tsb. Jayalah Stan Lee.

Demikian untuk review Ferdi Cullen 10 film favorit, sebelum saya selesai tulisan film favorit ini. Saya ingin honorable mention saja dengan beberapa film yang saya rasa juga sangat bagus tapi lebih bagus 10 di atas yaitu sebagai berikut

  1. Dilan 1990, film Indonesia yang menurut saya keren dan kekinian. Mengingatkan akan tahun 90 an dan ternyata sekuelnya bakalan keluar di tahun 2019.
  2. Searching, saya suka sekali konsep film ini karena langsung dengan menggunakan teknik kamera webcam gitu keren pokoknya
  3. First Man, saya suka konsep nya dan luar biasa sekali kisah memoir hidupnya Neil Armstrong tapi saya heran kenapa ini tidak masuk kategori aktor terbaik ya?
  4. Incredibles 2, akhirnya muncul juga sekuel film ini, banyak kritikus yang menilai film ini bagus sih tapi karena belum ada sesuatu yang baru saya merasa masih biasa saja tapi film nya sangat menghibur.
  5. Ralph Break The Internet, ini menurut saya salah satu animasi yang the best banget tahun ini, kocak dan aku suka konsep Disney Princess Reunionnya

 

Silahkan komentar kira kira film apa yang menjadi favorit kalian di 2018 dan film apa juga yang kalian tunggu di 2019

Salam Wakanda Forever

Ferdi Cullen

Advertisements

3 comments on “Film Film Favorit 2018”

  1. Black Panther, lumayan suka juga.
    Bohemian Rhapsody, belum nonton 😀
    Avengers : Infinity War, lumayan suka juga
    Ready Player One, SYUKAAAKKK!
    Aquaman, INI KEREN BANGEEETTT.
    A Star is Born, belum nonton 😀
    A Quiet Place, ini juga sukak.
    The Favourite, nggak tau ada film ini.
    Mary Poppins Return, belum nonton.
    Mamma Mia! Here We Go Again, nggak tau ada film ini.

    Selalu suka kisah-kisah remaja seperti Ready Player One. Apalagi RPO ide ceritanya simpel, tapi diracik menjadi sebuah karya film yang apik!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s