Fall in Seattle : Ketika Daun Memerah dan Berguguran (Kisah 6 bulan di Seattle)

3 comments

Hola World,

Akhirnya bulan Desember datang dan saya sama sekali tidak menyangka bahwa saya sudah bertahan hidup di US selama 6 bulan. Dan menurut saya 3 bulan terakhir adalah salah satu musim yang terbaik di Seattle. Seperti yang sudah pernah saya ceritakan di musim panas di Seattle. Kali ini saya merasakan namanya musim Gugur atau bahasa gaulnya Fall Season.

Fall di kampus UW
Beginilah jalanan di Green Lake selama Fall Season

Jadi ada dua alasan kenapa saya bilang ini merupakan musim terbaik, yaitu karena udaranya yang sangat sejuk berkisar antara 10-15 celcius dan jarang hujan. Namun menurut beberapa pendapat penduduk lokal sebenarnya Fall season itu banyak hujan tapi entah mengapa mungkin Seattle sayang kali ya sama saya, banyak sekali matahari dan rasanya sangat sejuk dengan suhu rata-rata 15. Ada sih beberapa kali hujan tapi frekuensiya tidak sebanyak tahun lalu. Dan di musim ini ada dua event besar yang sangat menarik sekali yaitu Thanksgiving dan Halloween.

Green Lake Seattle

Yang paling menarik di Fall season barang tentu adalah perubahan warna dari daun Maple. Saya kutip dari Earthsky.com. Pohon maple adalah salah satu pohon yang cantik dengan daun berbentuk mirip segitiga lancip. Sepanjang musim semi dan musim panas, warna hijau klorofil yang pekat dari pohon ini, yang membantu pohon menyerap sinar matahari yang memberi hidup, menyembunyikan warna lain yang ada di daun-daun pohon. Sebenarnya warna Kuning dan jeruk yang cerah dari daun musim gugur ada di sana, tetapi tersembunyi. Nah Pada musim gugur, pohon memecah pigmen hijau dan nutrisi yang tersimpan di daunnya. Nutrisi dialihkan ke akar pohon untuk digunakan kembali di musim semi. Kemudian pohon-pohon mengambil warna musim gugur mereka yaitu Kuning dan Merah.Puncak musim semi sebelum akhirnya daun gugur, ketika daun kehilangan seluruh klorofil mereka, pigmen lain menjadi terlihat oleh mata manusia menjadi coklat, menandakan bahwa semua pigmen hilang. Dan akhirnya mereka pun gugur ke tanah.

Tanaman merambat berwarna merah di rumah toko

Sama hal nya dengan musim panas, ada banyak sekali festival selama musim gugur. Namun apa daya, karena Fall season termasuk salah satu quarter tersibuk dalam pendidikan saya, saya tidak sempat mengunjungi beberapa festival yang menurut saya keren keren. Dan saya pun mengabadikan beberapa dokumentasi menarik dari taman taman di kampus dan sekitaran Seattle Center yang berubah warna menjadi kuning kemerahan.

Grieg Garden

Favorit saya adalah di Grieg Garden. Sedikit info apa sih itu Grieg Garden? Jadi Grieg Garden adalah taman di kampus saya di UDub (University of Washington) yang diambil dari salah satu komposer Edvard Grieg yang berasal dari Norwegia. Terus terang saya belum mendapat informasi yang cukup jelas kenapa komposer Norwegia ini bisa menjadi nama taman indah ini. Ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa semua tanaman yang ada di taman ini adalah sumbagan dari alumni Udub dari Norwegia dahulu kala. Jadi sebagai rasa penghormatan maka mereka membuat nama Grieg di taman ini. Namun ada juga spekulasi bahwa taman ini dulunya pernah didatangi oleh Edvard Grieg dalam rangka tur nya ke Amerika di abad ke 19, dan di situ dia mendapat inpirasi untuk menulis beberapa komposisi klasik terbaikya. Dan ada juga yang mengatakan bahwa Edvard Grieg pernah menjadi salah satu dosen luar biasa di Sekolah Musik di Udub. Whatever deh yang penting pada saat Fall datang lah ke taman ini cantik sekali.

Foto paling epik dari Grieg Garden
Suasana Grieg Garden sendu dan menawan

Posisi beberapa pohon maple di taman ini yang menjadi merah adalah favorit saya, kalau udah lihat ini rasanya pengen mandi di antara daun daun. Sekejap rasanya hilang penat dengan begitu banyak nya tugas kuliah setelah melihat daun ini. Terus terang saya suka menyendiri sambil cari inspirasi di taman ini. Sambil memandang dedaunan saya duduk di kursi taman, dan hehehe sambil kedinginan juga asalkan gak hujan saya selalu dapat ide baru untuk menyelesaikan tugas tugas saya. Oleh karena itu, saya dapat katakan Grieg Garden adalah tempat favorit saya di UDub.

Grieg Garden dan patung sang komposer ada di taman ini
Banyak orang bersantai di taman ini
PACCAR HALL

Nah kalau ini adalah tempat saya kuliah setiap harinya. Sebagai salah satu bangunan baru dari Foster Business School, PACCAR Hall memberikan keindahan tersendiri pada saat Fall Season. Ada satu pohon maple yang sangat tua, kira kira usianya sudah 100 tahun tepat di depan bangunan ini. Namun pada saat Fall, pohon ini begitu indah warna merah nya membuat saya berdecak kagum. Belum lagi di sekitaran PACCAR Hall adalah taman yang disebut Denny Garden. Di Denny Garden banyak sekali pohon yang berubah warna

PACCAR HALL dan daun daun berguguran
PACCAR HALL di saat Fall Season
Seattle Center

Bagaimana rasanya melihat Space Needle (icon kota Seattle dibalut pepohonan pada saat Fall). Ya saya bela belain datang ke Seattle Center untuk melihat keindahan Space Needle yang di sekitar nya ada pohon Fall. Seperti biasa Seattle Center sebagai tempat hiburan utama warga kota Seattle tetap ramai di segala musim.

Space Needle di Fall Season
Space Needle dan sekitar Seattle Center
Des Muertos dan Halloween

Memasuki akhir bulan Oktober, ada dua festival menarik yang bisa kita saksikan di US yaitu Halloween dan Des Muertos Festival. Festival Des Muertos sendiri adalah festival penghormatan warga Meksiko akan leluhur mereka yang telah meninggalkan dunia fana menuju ke dunia roh. Mereka percaya bahwa para ruh hidup di sekeliling kita dan masih sering mengunjungi keluarga yang mereka tinggalkan.

Ofrenda, meja khusus berisi foto dan barang barang kesukaan anggota keluarga yang sudah berpulang

Festival ini berlangsung di Phinney Center, sebagai salah satu tempat pertukaran budaya di Seattle. Festival yang sangat sederhana ini menampilkan tari-tarian khas Meksiko, makanan khas Meksiko, minuman Hot Chocolate khas Meksiko, dan yang pasti adalah Ofrendra. Ofendra sendiri adalah semacam meja yang dihiasi oleh foto dan barang kenangan dari keluarga  yang telah ditinggalkan.

Ada pertunjukan tarian khas Meksiko
Tengkorak adalah lambang festival Dia De Muertos

Wah sangat menarik sekali festival ini dan menurut saya ini adalah festival yang sangat berkesan sepanjang saya berada di Seattle.

Anak anak pun tidak ketinggalan mengikuti festival ini
Partisipan dengan face painting terkeren Happy Dia De Muertos
Boat Festival Lake Union

Ada satu festival lagi yang saya ikuti di musim Fall. Festival Perahu atau Boat Festival di Seattle. Seattle adalah kota yang sangat dekat dengan alam. Di sini ada gunung, ada danau, ada pepohonan maple, ditambah udara yang sangat seger. Nah kaitannya dengan danau, di Seattle terkenal dengan budaya Sailing, tapi bukan Sailing di pantai akan tetapi Sailing di danau. Lake Washington adalah danau besar alami yang dimiliki oleh Seattle. Nah di danau ini banyak sekali perahu perahu yang selalu hilir mudik menyeberangi danau.

Suasana Lake Union
Para pelayar sudah merasa perahu sebagai rumah mereka
Para perahu siap berkompetisi merebut hadiah

Setiap satu tahun sekali, khususnya di Fall diadakan festival Lake Union Boat Festival untuk memilih mana perahu yang terbaik, hadiahnya lumayan juga $10,000. Jadi semua pemilik perahu pada beramai-ramai menghiasi perahu mereka. Sebuah festival yang lucu dan unik saya rasa, soalnya perahunya jadi sangat cantik dan menarik. Dikabarkan selain mereka mempunyai perahu, mereka juga tinggal di perahu tersebut sehingga disebut Rumah Perahu.

Lake Union Wooden Boat Festival

Bersamaan dengan habis nya musim Fall ini, dimulai lah saat nya liburan dan Happy Holiday All

Selfie Kaki saya di dedaunan yang sudah berguguran

 

Kenangan indah daun memerah di musim Fall
Serasa pengen mandi kalau sudah lihat dedaunan memerah ini

Dan demikian kisah saya di musim Fall ini, brrr… sudah mulai dingin dan musim dingin pun tiba….

Happy Holiday

Ferdi Cullen

Advertisements

3 comments on “Fall in Seattle : Ketika Daun Memerah dan Berguguran (Kisah 6 bulan di Seattle)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s