Orange County California: Soak Up The Sun, Wakanda, and Beach City

No comments

Orange County, September 2018

Los Angeles Union Station, saya menunggu AMTRAK salah satu kereta yang lumayan cepat di kota ini untuk menuju destinasi saya selanjutnya yaitu Orange County. Kereta tiba pukul 8.30 dan berhamburan begitu banyak orang keluar dari peron. Sepertinya mereka adalah orang orang commuter yang bekerja di LA namun berasal dari Orange. Orange itulah sebutanya kota pantai California ini. Alasan utama saya ke kota ini adalah adanya Laguna Beach yup sebuah pantai yang melegenda itu.

Setiba nya di Stasiun Orange, saya kaget melihat lambang jeruk tapi memang Orange jeruk kan. Jadi selidik demi selidik di Google, ternyata kota ini memang penghasil jeruk terbesar di California pada era abad 18 namun dengan beralihnya California dari Meksiko ke pemerintah US di abad 19, sedikit demi sedikit para petani jeruk tersebut cabut dari kota ini. Akhirnya pertanian jeruk ini pun hilang dan malah beralih menjadi kota pantai.

Saya dijemput oleh salah satu teman saya yang kebetulan bersekolah di sini. Di salah satu kampus terkenal di California, yaitu Chapman University. Karena teman saya adalah mahasiswa di Chapman, sudah barang tentu saya pertama kali dibawa ke kampus nya dia. Saya pun mengambil beberapa foto di kampus yang hangat sekali ini, soalnya sepanjang tahun panas ya di California, tidak seperti di Seattle yang dingin. Namun suasana Wakanda sangat terasa di kampus ini, tahu kan Wakanda yang di Black Panther. Sebuah negeri yang sangat makmur tempat king Tchalla, dari kisah Black Panther Marvel Universe.

 

Selfie saya dengan Chapman Panther : Wakanda Forever

Mengapa saya bilang Wakanda? karena maskot nya Chapman University adalah Black Panther alias kucing hitam besar dari Afrika yang mempunyai taring panjang ini. Keren banget kan, saya langsung dengan semangat berfoto selfie dengan Sang Panther, jadi gak perlu jauh jauh ke Wakanda kan untuk lihat Black Panther silahkan datang ke Chapman University.

Suasana Chapman University

Namun Orange bukan hanya Chapman, sebagai salah satu kota indah di kota ini terdapat pantai yang sangat melegenda di dunia cinema, yaitu Laguna Beach. Sambil menunggu teman saya selesai kuliah saya foto foto dengan Panther dan pada sore hari kami pun meluncur ke Laguna Beach. Dan ternyata jauh juga pantai ini harus menempuh jarak kurang lebih 17 miles. Saya sangat tidak menyangka jarak dari kota Orange ke pantai Laguna cukup jauh. Dengan menggunakan transportasi online, kami pun tiba di pantai Laguna.

Laguna Beach wow cantik dan sunny sekali

Wah benar benar teringat dengan Bali. Suasana pantai dengan temperatur 25-30 celcius, dengan lingkungan yang santai, namun terlihat jelas bahwa kota ini sangat mendedikasikan kelestarian lingkungan. Saya melihat selain pantai ada juga sebuah taman, ya bayangkan taman pantai kayaknya hanya ada di Laguna Beach ini. Heisler Park, nama taman dengan view pantai ini benar benar sangat indah, saya merasakan kehangatan pantai tapi tidak melepas ketenangan sebuah taman dengan bunga bunga dan banyak orang bersantai, layaknya taman di tengah kota kota besar yang duduk sekedar melepas penat.

Heisler Park, taman pantai yang indah
Suasana keramaian di Laguna Beach

Laguna Beach adalah kota pantai klasik yang mewujudkan budaya Southern California. Dengan lebih dari 300 hari yang cerah setiap tahun, pantai yang masih murni, dan pusat kota menawan yang dikelilingi oleh pemandangan laut yang indah, Laguna Beach adalah latar belakang sempurna untuk “Gaya Hidup Southern California” yang ikonik. Mata saya kemudian tertuju kepada salah satu kotak di tengah pantai, yang mana disebut Lifeguard Post. Kotak kecil ini merupakan posko siaga nya para Penjaga Pantai, ya kalau pernah dengar film Baywatch, budaya pantai di Amerika tidak pernah terlepas dari penjaga pantai. Sebagai negara yang sangat peduli dengan keselamatan para warganya yang sedang berlibur di lepas pantai, jelas peran penjaga pantai sangat krusial di pantai. Dan saya sangat kaguma sekali dan mengapresiasi keprofesionalan sekaligus betapa luar biasanya perencanaan pantai di California yang mengedepankan yang namanya keselamatan.

Posko Lifeguard di Pantai Laguna

Laguna Beach adalah kota sangat mudah dijelajahi dengan jalan kaki. Selain itu, ada banyak pilihan transportasi umum yang memungkinkan Anda untuk duduk santai, bersantai dan menikmati pemandangan. Manfaatkan bus troli akhir pekan GRATIS yang berjalan Jumat 04: 00 AM -11: 00 AM , Sabtu 11: 00 AM -11: 00 AM dan Minggu 11: 00 AM -8: 00 AM.

Jika Anda perlu pergi ke kota terdekat, unduh aplikasi UBER atau Lyft dan order segera. Jika Anda adalah pengguna baru, input saja kode promosi resmi UBER dan LYFT dalam mendukung promosi kota ini. Kode VISITLAGUNABEACH dan syaratnya ini adalah perjalanan pertama Anda, maka akan GRATIS hingga $ 20 menggunakan aplikasi UBER. Input kode VISITLAGUNA untuk Lyft dan dapatkan hingga $ 50 dari perjalanan pertama Anda. Yang penting syaratnya adalah perjalanan pertama ya.

Jika Anda bepergian dengan hemat, bus OCTA adalah pilihan yang bagus dan berhenti di sebagian besar atraksi dan stasiun kereta di Orange County. Tarif Bus nya standar tarif bus di US yaitu $2.5 all day (bayar di depan sama supir bus). Puas mengelilingi pantai Laguna, kami pun mencoba pantai berikutnya yang tidak begitu jauh dari Laguna. Namun kami menggunakan bus OCTA untuk menuju ke pantai yang berjarak kurang lebih 3-5  mile dari pantai Laguna.

Nama pantai yang kami temui berikutnya adalah Huntington Beach. Huntington Beach merupakan satu dari beberapa pantai terluas di California. Dengan panjang 3,5 mil terjepit di antara Bolsa Chica State Beach dan Huntington State Beach. Anda dapat menikmati berbagai kegiatan pantai termasuk berselancar, dan bersepeda di tepi pantai. Gelombang lokal membuat  tempat ini menjadi pusat aktivitas selancar di Orange County.

Pier Huntington Beach
Huntington Beach

Faktanya, kontes surfing terbesar di dunia, yaitu US Open of Surfing, diadakan di sini pada awal Agustus. Atau Anda dapat menarik sepetak pasir dan menonton permainan voli pantai atau menikmati hangatnya api unggun pantai dan berjalan santai di Pier Beach Huntington yang bersejarah.

Jika Anda dapat berjalan sedikit meninggalkan pantai dan pasir, sekejap Anda akan menemukan toko pakaian renang dan toko selancar dari berbagai brand, restoran dan bar di Main Street, kemudian ada juga semacam Walk of Fame khusus surfing bernama Surfing Walk of Fame, Hall of Fame, dan International Surf Museum. Lengkap sangat kan pantai ini.

Namun kami menghabiskan waktu kami di salah satu pier pantai terpanjang di California, yaitu Pier Beach Huntington. Konsep nya sederhana, yaitu kita bisa menikmati debur ombak dan semilir angin tanpa harus nyebur ke air atau ya berpasir pasiran, Nah kebetulan ini yang saya cari hahaha. Jadilah kami menikmati sunset di pier mengakhiri perjalanan di kota indah ini.

Intinya, jika anda suka pantai dan pengen keluar dari hiruk pikuk Los Angeles atau San Diego. Ayo kunjungi Orange dijamin experience pantai anda akan sangat berkesan.

Salam Wakanda Forever

Ferdi Cullen

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s