San Diego : Spanyol kecil di West Coast Amerika

2 comments

San Diego, September 23, 2018

Hola…

Sapaan khas Spanyol Hola begitu ramah dan terngiang di telinga saya. Belum lagi beberapa orang lokal yang memanggil saya dengan sapaan Amigo. Amigo sendiri adalah bahasa Spanyol yang artinya “teman” atau kalau bahasa gaul mungkin “hei bro”. Ini adalah bentuk keramahan kota San Diego, sebuah kota yang merupakan kota perbatasan antara Meksiko dan Amerika Serikat ini, dan saya menjadikan kota ini sebagai kota favorit saya di West Coast.

Stasiun Kereta Api Santa Ana

Perjalanan satu setengah jam dari Orange County Santa Ana ke  Station ke Santa Fe-San Diego merupakan perjalanan yang sangat menyenangkan. Bayangkan saja dengan menggunakan kereta api, di kanan kiri nya terdapat pantai -pantai khas California. Ini adalah pengalaman pertama saya naik kereta api yang dikelilingi oleh pantai pantai.

Stasiun Kereta Api Santa Fe di San Diego

Setibanya di Stasiun Santa Fe, saya sangat kaget melihat bangunan indah berarsitektur Moorish yang menjadi stasiun ini. Saya takjub saja, karena terakhir saya melihat aristektur Moorish adalah pada saat saya berkunjung ke Madrid, Cordoba, dan Granada. Betapa bahagianya saya akhirnya kerinduan saya akan arsitektur Moorish akhirnya dapat terobati dengan berkunjung ke San Diego.

Pemandangan San Diego dari Presidio Hill

Sebagai salah satu kota di wilayah West Coast, jelas sekali, San Diego sama hal nya dengan kota-kota lain di West Coast terkenal dengan pantainya. Banyak wisatawan lokal berdatangan dari seluruh penjuru Amerika, untuk menikmati keindahan dari pantai San Diego. Namun kedatangan saya ke San Diego, saya malah ingin menikmati suasana Spanish. sorry ya agak non mainstream hehe… Ya karena kota ini dulunya adalah kota yang menjadi wilayah Meksiko, dan sebenarnya adalah kota perbatasan terakhir antara Meksiko dan Amerika.

Slogan nya keren : Birthplace of California

Kota Tua San Diego (San Diego Old Town)

Tahukah anda kalau sebenarnya California itu adalah bahasa Spanyol? Californio adalah istilah yang digunakan untuk mengidentifikasi orang-orang Katolik berbahasa Spanyol, sebagian besar Katolik Roma, atau keturunan Amerika Latin, tanpa memandang ras, yang lahir di California dari koloni Spanyol pertama yang didirikan oleh ekspedisi Portolá pada 1769 ke Perjanjian Guadalupe Hidalgo pada tahun 1848 (tahun dimana California diserahkan Meksiko ke Amerika Serikat).

Old Town San Diego

Kota Tua San Diego dianggap sebagai “tempat kelahiran” California. San Diego adalah situs pemukiman permanen pertama di California. Di sinilah pada tahun 1769, seorang misionaris bernama Junipero Serra datang untuk membangun misi keagamaan. Pastor Serra membangun sebuah biara di lereng bukit yang menghadap ke apa yang saat ini dikenal sebagai Kota Tua San Diego. Di pangkal bukit pada tahun 1820-an, komunitas kecil Meksiko membangun tempat tinggal dan pada tahun 1835 status kota ini telah mencapai status El Pueblo de San Diego (nama pertama San Diego ketika masih di bawah Meksiko). Jadi San Diego sudah ada sejak tahun 1769 loh sebelum kemerdekaan Amerika Serikat di tahun 1776.

Juniperra Serra Museum
Presidio Hill

Sekeliling Kota Tua San Diego banyak sekali yang bisa dilihat, mulai dari plaza tempat berkumpul warga, berbagai museum, sampai bangunan bergaya Victoria yang lucu lucu dan unik. Sebagian besar memang sudah direstorasi dan sudah tidak sama lagi dengan aslinya tapi masih terlihat autentik dan keren menurut saya.

Ada banyak sekali Bangunan bersejarah yang menjadi pusat turisme di kota tua ini. Anda akan menemukan Heritage Park di mana beberapa rumah bergaya Victoria yang paling terkenal di San Diego telah direlokasi dan dikembalikan ke kemegahan aslinya. Hanya berjalan kaki sebentar ke San Diego Avenue adalah Robinson Rose, rumah ini merupakan Visitor Center, jadi ketika anda berkunjung ke San Diego jangan lupa untuk mengambil beberapa informasi penting seperti peta atau brosur di sini ya. Dan yang paling saya sukai adalah slogan paling terkenal disini yaitu “Birthplace of California”.

Tempat ini merupakan Visitor Center

Fiesta De Reyes semacam food court gitu

Tempat favorit saya selama di Old Town adalah restoran Fiesta De Reyes, sebuah kumpulan beberapa restoran ya mungkin bisa dibilang food court. Kenapa saya suka di sini, simpel aja ademmm… ya California panas banget loh, jadi di tempat ini memang adem sekali, Kemudian ada benda benda unik yang menujukan kebudayaan Spanyol, saya sangat suka dengan sebuah patung kayu yang berbentuk manusia. Uniknya patung patung ini ada semacam tanaman yang menjalar di badan nya jadi terlihat seperti pakaian dari sang patung. Saya sempat kaget melihat nya saya pikir ini manusia pakai topeng gitu kan karena sangat asli banget kelihatanya.

Ada panggung seni pertunjukan juga di sini
Salah satu patung wanita Meksiko yang terbuat dari akar palem keren sekali ini, citarasa seni nya tinggi sekali
Beberapa arsitektur Moorish
Mexican Pony, so cute
Siap siap menyambut De Muertos Festival
Memang bener slogan nya : Treasures of Mexico
Budaya Latin sangat dekat dengan tanaman dan alam
Another Mexican Art, saya sampai ketipu saya pikir orang beneran
Para Mariachi, seandainya aku bisa melihat langsung para Mariachi di Mexico City

Selain itu di restoran ini juga terdapat banyak sekali kuliner khas Meksiko yang enak dan murah. Buritos, Tortilla, dan lainnya dengan kisaran harga $5-15 lumayan sih. Berhubung juga sudah dekat dengan perayaan hari besar bangsa Meksiko yaitu Dia De Muertos banyak toko toko yang menjual pernak pernik Hari Kematian tersebut. Oiya bagi yang belum tahu Dia De Muertos adalah hari perayaan orang mati di Meksiko, dimana di hari ini mulai 1 Nopember sd 3 Nopember (pasca Halloween) semua warga Meksiko percaya bahwa leluhur mereka akan datang untuk menemui mereka, sehingga mereka biasanya membuat beberapa persembahan untuk leluhur mereka. Yang menarik tentunya kostum dan lambang tengkorak yang menjadi ciri khas dari perayaan hari ini.

Balboa Park 

Selepas dari Old Town saya pun bergegas menuju ke Balboa Park. Taman Balboa adalah permata nya San Diego. Taman ini sudah ada jauh sebelum ada kota San Diego. Didirikan pada tahun 1868, awalnya taman ini menjadi taman publik untuk kedatangan warga Meksiko pertama yang bermukim di wilayah San Diego. Namun sejalan dengan proyek besar Panama California, yaitu proyek untuk mengembangkan California dari pemerintah US dimana terjadi perdagangan antara Meksiko dan US melalui Selat Panama pada tahun 1915. Taman ini mendapat banyak bantuan dari pemerintah US guna membuat pedagang Meksiko yang kala itu banyak sekali berdagang ke California bisa menjadi sangat nyaman, dan mereka memfokuskan pembangunan taman ini menjadi pusat budaya dan alam.

Cabrillo Bridge
Panama Tower yang sekarang menjadi Museum of Man

Mulai dari tahun 1915 kemudian dibangun menara indah yang mirip seperti menara gereja Baroque Spanyol. Namun ternyata itu bukan gereja, itu adalah menara Panama, yang dibangun untuk menandakan kerjasama Panama California. Agak rumit memang sejarahnya, jadi memang semua ini adalah replika yang dibangun dan tidak ada hubungannya dengan Spanyol atau sejarah Meksiko. Namun yang paling menarik perhatian saya adalah semua arsitektur bangunan yang dibangun di taman ini menggunakan arsitektur Renaissance Spanyol atau Moorish.

Serasa di Plaza Mayor Madrid

Bangunan pertama yang saya katakan mirip dengan gereja ini merupakan bangunan Museum of Man (museum Manusia). Terletak setelah kita melewati sebuah jembatan sepanjang 15oo kaki bernama Cabrillo Bridge. Dari ujung jembatan saya melihat kemiripan dengan arsitektur Moorish, dimana saya pernah ke Cordoba, jadi di Cordoba ada sebuah jembatan yang menghubungkan Mezquita dan Sungai Guadaluvir. Suasananya sangat mirip menurut saya. Selain itu di tempat ini sebagai tempat pertukaran budaya, sehingga terdapat 19 museum internasional di tempat ini.

Suasana nya mirip mirip di Alhambra
Salah satu museum berarsitektur Renaissance Spanyol

Botanical Building yang menurut saya bangunan nya unik banget, merupakan lansekap paling terkenal di US dan katanya sih bangunan botanic building terbesar di dunia. Dan bangunannya memang unik terbuat dari semacam tumbuhan dan melindungi dome yang sangat besar. Pemandangan menyegarkan menurut saya, dengan pohon bambu, pohon palem, pohon pisang, ditambah arsitektur nya yang unik ala Moorish. Dan katanya tempat ini menjadi spot foto instagramable bagi para netizen di US.

The Botanical Building
Saya paling suka dengan pemandangan ini
Tempat ini jadi tempat yang cukup instragramable loh
Selfie sekejap
Adem banyak pohon plus menenangkan betul betul luar biasa

Saya sangat berkesan sekali ke San Diego tapi ternyata waktu sudah menujukan bahwa saya harus kembali ke Santa Fe, saya hanya berada di San Diego kurang lebih 6 jam yah sangat disayangkan tapi saya berharap bisa kembali lagi terutama untuk eksplore beberapa tempat lain misalnya pantai-pantai nya yang juga sangat terkenal.

Demikian perjalanan saya ke San Diego sampai jumpa di tulisan berikutnya.

Ferdi Cullen

Hola….

Advertisements

2 comments on “San Diego : Spanyol kecil di West Coast Amerika”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s