University of Washington : Kampus Para Huskies

No comments

Go Huskies….

Berikut adalah percakapan saya ketika saya melakukan interview permohonan Visa di Kedubes Amerika Serikat di Jakarta.

Petugas : (sambil celingak clinguk lihat berkas saya)

Saya : (pura pura cool)

Petugas : Hmm…. so you are a husky hah…

Saya : Im sorry… What did you say?

Petugas: You were accepted in UDUB so you are a Husky.

Saya : Ooo… yeah hehehe…. (masih belum ngeh maksudnya apaan si bule ini)

Petugas : Congratulations youre Visa granted (sambil ngecap sesuatu di dokumen saya)… Go Huskies…

Saya : Thank You and Go Huskies…. (sekarang saya ngeh dan balas dong apa yang dia bilang)

Begitulah sekelumit percakapan saya ketika diinterview oleh petugas kedutaan ketika saya mengajukan permohonan Visa. Intinya adalah saat ini saya seorang “Huskies”. Huskies adalah sebutan untuk para mahasiswa yang menempuh pendidikan di University of Washington. Jadi apakah anda pernah mendengar tentang University of Washington, berikut saya ingin sharing tulisan saya tentang kampus yang insyallah saya akan menjadi salah satu alumni di kampus ini.

Suasana di Drumheiler Fountain di kampus UDUB
Kampus yang sangat asri dan selalu mengkampanyekan Sustainability

University of Washington didirikan pada tahun 1861, pada tanggal 4 November. Universitas ini adalah universitas publik tertua di wilayah Pacific Coast. Kampus dari universitas ini ada tiga kampus, yaitu di Kota Seattle (kampus utama), Bothell , dan Tacoma.  Misi utama dari universitas ini adalah menyebarluaskan pengetahuan (Be Boundless). Penyebaran pengetahuan bisa dalam berbagai bentuk, yang utama adalah melalui program perkuliahan dimana di universitas ini terdapat bervariasi program mulai dari Undergraduate (setara S1 di Indonesia), Graduate (S2 di Indonesia), PhD (Doctoral, atau S3 di Indonesia). Namun selain itu, juga melalui pertukaran pelajar, forum ilmiah, penelitian, pertukaran para tenaga pengajar/dosen, praktik kreatif, pendidikan internasional, dan pelayanan publik( contoh rumah sakit, klinik, konsultasi psikologi, dll).

Kekeliruan mengenai University of Washington 

Ada beberapa hal yang mungkin orang Indonesia tidak ketahui mengenai universitas ini. Karena ketika saya menceritakan kepada beberapa teman saya, jika saya diterima di universitas ada beberapa kesalahan interpretasi terhadap universitas ini. Saya sih maklum karena di US memang banyak sekali kampus, bahkan ribuan kampus. Berikut beberapa kesalahan persepsi orang Indonesia terhadap UDUB (nama singkatan dari University of Washington).

  1. University of Washington terletak di Seattle bukan di Washington DC.

Washington DC adalah ibukota Amerika Serikat dan State of Washington adalah salah satu negara bagian Amerika. Washington DC sebagai ibukota negara bukan negara bagian jadi bisa dikatakan hampir sama dengan istilah Daerah Khusus Ibukota kalau di Jakarta. Mungkin karena ada kata “Washington” persepsi orang langsung menuju ke Washington, DC. Jadi beda ya antara University of Washington yang terletak di Seattle, State of Washington dengan Washington DC ibukota Amerika Serikat.

   2. Nama belakang University of Washington bukan berasal dari nama George Washington

George Washington adalah presiden pertama Amerika Serikat. Nama University of Washington bukan berasal dari nama George Washington. Walaupun ada beberapa warga lokal juga melakukan kesalahan yang sama mereka mengindikasikan George Washington dengan University of Washington, bahkan ada patung George Washington memegang pedang di Red Square. Aneh ya tapi saya tegaskan universitas ini tidak ada hubungan apapun dengan George Washington.

  3. Bill Gates, dan Paul Allen bukan alumni University of Washington 

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa University of Washington berlokasi di Seattle. Kemudian Bill Gates serta Paul Allen adalah putra kelahiran Seattle. Pada masa remaja, mereka sering main ke kampus UDUB khusus nya di laboratorium Sekolah Komputer, kabarnya mereka melakukan latihan programming dengan mengunakan sumber daya di kampus ini. Oleh sebab itu, banyak orang mengasosiasikan kedua orang ini adalah alumni UDub. Faktanya tidak. Gates melanjutkan sekolah ke Harvard University dan Allen ke Washington State University. Namun karena mereka adalah putra terbaik Seattle dan jasa kampus ini dalam melatih keahlian mereka, maka sekolah komputer di kampus ini diberikan nama Allen School. Dan fakta yang benar adalah ayah dari Bill Gates yaitu William Gates, merupakan alumni dari University of Washington. Beliau adalah seorang pengancara handal di Seattle.

4.  Ada 26 universitas di Amerika dengan nama belakang Washington

Awas ketukar, ada 26 universitas di Amerika dengan nama Washington. Namun yang sering tertukar adalah antara University of Washington dan Washington University in St. Louis (universitas ini ada di St. Louis). Dan sering juga tertukar dengan tetangganya Washington State University (lokasi di Pullman). Oleh sebab itu nama University of Washington lebih sering dipanggil UDUB. Dengan tujuan yang sederhana agar tidak tertukar nama.

5. Banyak orang Indonesia tidak percaya Bruce Lee adalah alumni University of Washington

Berbanding terbalik dengan nomor 3 yang tentang Bill Gates yang banyak mengira dia adalah alumni, banyak teman saya tidak percaya bahwa Bruce Lee adalah alumni University of Washington.  Bruce Lee datang ke Seattle dari Hongkong melalui San Fransisco, dan melamar untuk kuliah di jurusan Filsafat di University of Washington. Bahkan di perpustakaan anda bisa melihat banyak sekali tulisan ilmiah Bruce Lee tentang Filsafat China dan Filsafat Bela diri Kungfu. Selain menjadi mahasiswa, beliau juga membuka perkumpulan Kungfu dan beladiri asal China di Seattle. Salut buat Bruce Lee.

Quick Facts University of Washington

Nah sekarang berikut adalah Quick Facts tentang University of Washington yang saya kutip dari Annual Report University of Washington 2017.

  1. University of Washington adalah universitas terbaik di Dunia. Mendapat rangking 10 di dunia (US News Rangking), no 13 dunia untuk versi World Universities, dan no 8 universitas terbaik di Amerika Serikat.
  2. Terdapat 606 degree (gelar) dalam 304 program pendidikan baik Undergarduate, Gaduate dan Doctoral
  3. Terdapat 57 ribu mahasiswa di University of Washington (total di 3 kampus Seattle, Bothell, dan Tacoma)
  4. Total tuition atau biaya kuliah atau SPP di University of Washington adalah $10 ribu per tahun masih di bawah rata-rata Top 25 Public University di US
  5. Terdapat 7 pemenang Nobel di University of Washington
  6. Alumni University of Washington saat ini, berdasarkan US News  banyak bekerja untuk Top 100 tech companies seperti Amazon, Microsoft, Google, Apple, dan lain-lain.
  7. Salah satu kampus terindah di dunia versi Forbes

Husky Maskot Kampus 

Apa sih huskies? jadi kampus di Amerika terdapat tradisi bahwa setiap kampus harus mempunyai maskot. Dan Huskies adalah maskot University of Washington. Husky merupakan seekor anjing dari Siberia biasanya anjing tipe ini adalah anjing yang digunakan untuk mengendarai kereta salju. Kemungkinan besar asal muasal anjing ini adalah dari Alaska, salah satu negara bagian di Amerika Serikat paling utara. Di atas dari Kanada. Karena Seattle banyak melakukan kerjasama dengan Alaska jadi anjing khas Alaska ini menjadi maskot di kampus.

Husky maskot kampus UDUB

Sebelumnya berdasarkan sejarah ada beberapa maskot di kampus ini sebelum Husky. Di era pertama, maskot kampus ini adalah Viking, dengan lambang helm tanduk bangsa Viking, dikarenakan banyak imigran dari Swedia di era abad 19 di Seattle dan mereka banyak diterima menjadi mahasiswa di kampus ini. Di era berikutnya, pada awal abad 20, pernah juga menjadi maskot Totem Indian  karena Seattle merupakan wilayah Suku Indian Duwamish sebelum datangnya bangsa barat. Namun akhirnya sekarang Husky yang menjadi maskot utama kampus ini. Jadi jika anda berkunjung ke kampus ini, anda akan melihat banyak sekali lambang Husky di kampus. Namun lambang yang paling terkenal adalah patung anjing Husky yang berada di Husky Union Building (HUB) dan stadion olahraga bernama Husky Stadium.

Selain sebagai maskot Husky juga merupakan nama salah satu team American Football yang selalu mewakili kampus ini dalam ajang American Football.

Keindahan kampus University of Washington 

Ketika saya pertama kali menginjakan kaki di Red Square saya benar benar takjub, kampus ini luas dan indah sekali. Setiap musim memberikan nuansa berbeda menurut saya. Bahkan warga lokal bilang ada 1000 hal yang bisa dilakukan di kampus ini. Berdasarkan majalah Forbes, kampus ini adalah kampus terindah dari seluruh universitas di Amerika.

Banyak bangunan berarsiktektur Gothic di kampus UDUB

Keindahan kampus ini bisa dilihat dari dua sisi, yaitu perpaduan antara taman hijau dan arsitektur gothic. Bangunan kampus ini mempunyai ciri khas bangunan berarsitektur Gothic. Ada 5  landmark yang terkenal di kampus yaitu

  1. Central Plaza atau Red Square

Pusat nya kampus berupa lapangan besar yang merupakan tempat orang berjalan dan berkumpul para mahasiswa. Juga dikenal sebagai Red Square karena bahan dasar tempat ini yang merupakan red brick. Di plaza ini menghubungkan beberapa bangunan seperti Perpustakaan Suzallo, Odegaard, Meany Hall, dan Kane Hall.

Red Square, aula utama kampus UDUB

     2. Rainier Vista

Rainier Vista merupakan sebuah jalan lurus dengan beberapa anak tangga dari Red Square menuju ke salah satu air mancur indah bernama Drumheiler Fountain. Mengapa ada kata Rainier, karena jalan ini jika hari sedang cerah kita bisa melihat langsung gunung terbesar di Pacific Coast yaitu Gunung Rainier. Terus terang saya paling senang melewati jalan ini, apalagi jika tiba tiba saya bisa langsung melihat Gunung Rainier, rasa lelah dan stres pasca kuliah langsung hilang sekejap.

Rainier Vista, dengan keagungan Gunung Rainier yang bisa kami nikmati di kampus

3. The Quad

The Liberal Arts Quadrangle atau The Quad adalah sebuah taman berbetuk segi empat yang kanan dan kirinya terdapat berbagai bangunan arsitektur Gothic. Bangunan di sekelilingnya ini merupakan enam kampus yang merupakan sekolah seni, sosial, dan humaniora. Dan yang paling menarik adalah pada saat Spring dimana pohon Sakura Yoshino bermekaran. Yup di kampus ada sakura jadi kalau rindu Jepang banyak mahasiswa asal Jepang sangat menikmati Spring dengan sakuranya di tempat ini.

The Quad, pada saat Spring akan muncul banyak bunga Sakura di pohon pohon hijau ini

  4. Denny Hall

Denny Hall adalah bangunan tertua di kampus. Bangunan in dibangun di tahun 1894 dan arsitekturnya mengikuti arsitektur French-Renaissance. Tempat ini merupakan sekolah dengan jurusan Antropologi, Klasik Jerman, dan Peradaban Bahasa. Namun imajinasi saya mengarah ke istana atau mungkin bisa dibilang agak mirip juga dengan Hogwarts di Harry Potter.

Denny Hall bangunan tertua di kampus

  5. Suzallo Library

Suzallo Library adalah perpustakaan utama di kampus ini. Bangunan yang didirikan pada tahun 1926 ini berarsitektur Gothic dan Renaissance. Bangunan ini merupakan landmark yang paling terkenal di UDub. Dan yang uniknya di dalam perpustakaan ini ada Grand Reading Room, yaitu sebuah aula yang didedikasikan untuk para scholar membaca. Aula Grand Reading Room ini mirip sekali dengan aula besar Hogwarts dalam kisah Harry Potter. Oleh sebab itu banyak yang mengindikasikan bahwa kampus Udub adalah kampus nya Harry Potter hahaha menarik sekali kan.

Perpustakaan Pusat UDUB Suzallo Library
Grand Reading Room di perpustakaan Suzallo yang sering dianologikan dengan Great Hall Hogwarts

Satu hal terakhir yang ingin saya sampaikan adalah berapa kisaran biaya hidup di Seattle untuk International Student. Jawaban nya sangat bervariasi, berikut saya berikan gambaran secara umum saja kisaran biaya hidup bagi seorang International Student di Udub Seattle. Untuk perhitungan saya di bawah saya ambil dari biaya hidup seorang Undergraduate (S1) seorang International Student di kampus Seattle.

Category Expense Yearly (4 quarter) Quarterly (3 month)
Full Time Tuition  $                   35,000  $                           8,750
Health Insurance  $                     1,120  $                             280
Rent, Utilities, and Electricity  $                   19,200  $                           4,800
Textbook and Course Supplies  $                     4,000  $                           1,000
Entertainment  $                     6,000  $                           1,500
Transportation  $                         960  $                             240
TOTAL $                   66,280 $                         16,570

Masih banyak hal lain yang sangat menarik di kampus yang belum saya eksplor bayangkan saja kan ada 1000 hal yang bisa kita temukan di kampus ini. Nantikan kisah selanjutnya ya tentang hal hal menarik yang saya temukan selama berada di kampus. Oh ya jika anda sedang melamar ke kampus ini atau sekedar ingin bertanya apa saja tentang kampus ini, feel free to contact me ya. atau bisa tanya langsung di kolom komentar.

Go Huskies…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s