Panduan Mendaftar US Business School : Admission Fundamental

2 comments

Hola World,

Sebelum nya mohon maaf karena sudah lama tidak update blog sehubungan tahun 2018 dapat dikatakan menjadi tahun hijrah saya dari seorang traveller menjadi seorang Business School student. Sehingga dapat disimpulkan saya akan menjadi Student Micro Traveller mulai Juni ini. Menjadi seorang student apalagi, di US Business School sangat menantang, sepanjang pertengahan tahun 2017 sampai dengan awal 2018 saya habiskan waktu dan energi untuk mempersiapkan hal ini.

Setelah saya coba telusuri ternyata masih sangat sedikit tulisan yang berkaitan dengan mendaftar di US Business School khususnya dari Indonesia dan berbahasa Indonesia. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini saya ingin membagi apa yang saya tahu dan sudah saya alami dalam mendaftar ke US Business School.

Impian berkuliah di luar negeri, saya yakin adalah impian banyak orang. Namun kuliah di luar negeri bisa beraneka ragam, dan pembahasan saya kali ini spesifik di program Studi Master of Business Administration (MBA) yang merupakan salah satu program yang ditawarkan oleh Business School, kemudian lebih spesifik lagi yaitu US business School.

Business School adalah sekolah tingkat pascasarjana atau Graduate School yang spesialisasi nya mempelajari seluk beluk bisnis mulai dari accounting, finance, management, human resources, dan sejenisnya. Normal nya, yang melamar ke Business School ini adalah para karyawan perusahaan yang ingin meningkatkan karirnya atau yang ingin pindah ke bidang lain, tapi tidak tertutup juga kemungkinan buat para fresh graduate yang belum mempunyai pengalaman, atau malah para job seeker.

Dalam tulisan saya berikut, saya membatasi dulu untuk pengenalan terhadap beberapa fundamental dalam membuat aplikasi lamaran ke US Business School

Tahap Profil Building

Pertama yang harus dilakukan tentunya adalah mematangkan minat dan kemauan untuk bersekolah di Business School. Sederhananya adalah mari kita pikirkan apa tujuan kita sekolah di Business School, ini adalah hal yang perlu dicari dan ditebalkan. Karena tanpa hal ini akan sulit bagi kita untuk melanjutkan ke tahap berikut nya.

Pada tahapan ini menurut saya yang perlu anda pikirkan ada beberapa hal.  Pertama, pengalaman kerja anda, sudah berapa tahun anda bekerja, atau apakah anda seorang fresh graduate, bagaimana dengan pengalaman magang anda, mengapa anda pindah kerja, dengan kata lain adalah sejarah karir anda. Kedua, adalah pengalaman akademis,  berapa IPK/GPA anda saat kuliah sarjana, apakah ada pengalaman organisasi, kemudian apakah anda mempelajari mata kuliah quantitative atau tidak, apa jurusan yang anda ambil ketika kuliah sarjana, apakah jurusan anda mendukung perkembangan bisnis, dengan kata lain informasi detail terkait riwayat akademis anda. Ketiga, adalah pengalaman sosial, apakah anda pernah terlibat dalam suatu organisasi di luar kampus/kantor anda, apakah ada pengalaman kepemimpinan di organisasi tersebut, apakah anda mempunyai hobby khusus yang unik, bagaimana pencapaian anda di hobby tersebut, dengan kata lain pengalaman anda di luar akademis dan keseharian anda.

Untuk dapat menggali itu semua, saya sarankan anda menggunakan teknik Brainstorming dengan menuliskan semua pengalaman-pengalaman anda. Tidak harus dalam 5 tahun terakhir tapi bisa kapan saja, asalkan pengalaman tersebut punya content menarik dan bisa diceritakan dengan baik. Jika anda sudah punya Brainstroming untuk tahap ini maka bisa melanjutkan di tahap berikut nya.

Tahap Identifikasi Dasar Dasar Pendaftaran Sekolah

Pada tahapan ini, diharapkan anda sudah memahami apa saja yang diperlukan untuk mendaftar ke US Business School. Pada tulisan ini, saya akan membantu anda dengan memberikan definisi singkat dan teknis masing masing elemen yang diperlukan dalam mendaftar US Business School.

Form Application

Form pendaftaran aplikasi, yang terdapat dalam setiap website pendaftaran di kampus yang anda minati masing-masing, Form ini harus diisi online, caranya anda pertama membuat terlebih dulu account dari pendaftaran masing-masing sekolah dan silahkan anda isi sesuai dengan data dan identititas anda pribadi. Dan submit form usahakan jangan mendekati hari H ya, sebaiknya paling lama H-3 sudah anda selesaikan beserta dengan kelengkapan lain nya.

GPA Transcript

Grade Point Average atau GPA atau IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) merupakan catatan prestasi seseorang dalam dunia akademis. Untuk Indonesia, biasanya berkisar antara 2.00 sd 4.00. Secara umum, sebagian besar perguruan tinggi di Amerika mensyaratkan minimal 3.0 dan jika ingin sekolah di sekolah yang high rangking, yang mendekati 4.0 lebih disarankan. Namun tidak perlu berkecil hati bagi yang mempunyai IPK di bawah 3.0, beberapa perguruan tinggi masih memperbolehkan pelamar yang memiliki IPK di bawah 3.0.

Yang perlu diperhatikan untuk GPA Transcript adalah Pertama harus dalam bahasa Inggris, jadi kalau anda saat ini ijasah dan transkrip masih berbahasa Indonesia dapat segera melakukan penerjemahan ke bahasa Inggris. Dan pada dasarnya, banyak sekali perguruan tinggi di Amerika yang meminta perguruan tinggi kita sebelumnya yang mengirim langsung transkrip kita ke mereka pada saat melamar. Hal ini diperlukan untuk menghindari terjadinya pemalsuan ijasah dan transkrip. Namun jika perguruan tinggi kita tidak punya akses ke perguruan tinggi di Amerika, biasanya yang dalam bentuk legalisir kampus atau cap stempel sudah memadai.

Standarized Test

Untuk pendidikan Pascasarjana di US ada dua Standarized Test yang biasa digunakan

  1. TOEFL (Test of English as Foreign Language) merupakan test bahasa inggris yang menguji bagaimana pemahaman seorang dalam bahasa Inggris tingkat advance di dunia akademis. Ada dua jenis Tes TOEFL yaitu Paper Based Test (PBT) dan Internet Based Test (IBT). Untuk PBT terdiri dari 3 bagian yaitu Listening, Structure, dan Reading. Sedangkan IBT terdiri dari 4 bagian yaitu, Listening, Reading, Speaking, and Writing.
  2. GMAT/GRE merupakan tes standard yang digunakan oleh admission committee untuk mengukur kemampuan potensi akademik dari setiap pelamar. Tes ini sangat sulit karena mempunyai tingkat bahasa inggris Advance. GRE (Graduate Record Examination) terdiri dari analytical writing, quantitative, dan verbal. Sedangkan GMAT (Graduate Management Aptitude Test) terdiri dari Analytical Writing, Integrated Reasoning, Quantitative dan Verbal.

Sebelum mengikuti kedua tes ini ada baiknya Anda melakukan persiapan yang matang. Yang bisa anda lakukan misalnya mengikuti kursus baik online maupun Class Session. Adapun kedua tes ini jika hasilnya lebih bagus dari GPA anda akan menjadi nilai tambah bagi Anda.

Resume

Resume adalah gambaran dari riwayat pekerjaan dan prestasi dari seorang applicant. Bahasa sederhananya jika kita melamar kerja adalah Daftar Riwayat Hidup. Mulai dari sekarang anda harus buat resume anda sepadat dan seminimalis mungkin. Maksimal adalah dua halaman.

Jawablah pertanyaan Why MBA?

Menurut saya pertanyaan Why MBA? merupakan pertanyaan yang paling krusial pada saat mendaftar Business School. Semua business school akan mempertanyakan ini, jadi sembari anda mengerjakan komponen pendaftaran seperti di atas ada baiknya kembali melakukan brainstorming agar mendapatkan pemahaman yang matang untuk pertanyaan ini.

Untuk membantu anda saya sudah siapkan beberapa pertanyaan spesifik yang bisa mengarahkan jawaban anda ke Why MBA ini sebagai berikut

  • Apa yang akan menjadi fokus anda ketika anda sudah tamat dan mendapatkan gelar MBA?
  • Dalam program MBA, ada namanya konsentrasi atau kelas piliihan atau Electives, menurut anda apa kelas pilihan dan konsentrasi yang ingin anda ambil yang bisa mendukung tujuan anda ketika sudah tamat MBA? (Berikan jawaban 3-4 kelas)
  • Apa skill tambahan yang menurut anda ada di MBA dan dapat mendukung tujuan anda setelah tamat MBA?
  • Apa type professional club yang ingin anda geluti ketika berada di Business School (optional)
  • apa riset, pengalaman, atau tawaran yang ingin anda dapatkan dari program MBA (optional)

Yakinlah jika sudah menjawab 5 pertanyaan di atas anda pasti sudah mampu menjawab Why MBA?

Essay

Essay merupakan sebuah tantangan yang besar buat para applicant business school. Karena biasanya berkisar satu atau dua pertayaan, kita diminta untuk menulis dalam bahasa Inggris dengan tata bahasa yang baik dan tetunya orisinal serta unik. Pasalnya setiap pertanyaan dari masing-masing Business School kerap berbeda dan mempunyai keunikan tersendiri. Namun apabila sama jangan pernah membuat essay yang sama ya walaupun pertanyaan nya sama tapi biasanya Admission Commitee dari US sudah punya akses ke database plagiarism yang sangat professional. Jadi jika anda ketahuan untuk melakukan nya akan mengurangi nilai anda.

Khusus Essay biasanya ada istilah Primary Essay atau Required Essay, yang merupakan Essay wajib yang harus kita submit guna menjadi komponen penilaian aplikasi kita. Kemudian ada nama nya optional essay, essay jenis ini biasanya tidak wajib, namun jika menurut anda mempunyai kelemahan dalam aplikasi anda, sebagai contoh : nilai GPA yang rendah, nilai TOEFL yang rendah, nilai GMAT rendah, pengalaman kerja sering pindah pekerjaan, atau apapun yang menurut anda bisa melemahkan penilaian anda. Anda harus menjelaskan di Essay ini kenapa itu terjadi dan apa solusinya untuk ke depannya.

Recomendation

Istiahnya ini adalah surat rekomendasi, namun yang perlu diketahui di US Business School mereka jarang menggunakan surat. Yang biasa mereka lakukan adalah mengirimkan link yang bisa dibuka oleh sang rekomender, dan kemudian beliau beliau ini akan mengisi apa rekomendasinya terhadap anda. Biasanya minimal 2 rekomendasi, anda bisa memilih rekomendasi dari seseorang yang benar benar mampu menilai anda secara maksimal. Untuk jabatan biasanya tidak terlalu berpengaruh, yang penting orang tersebut mampu memberikan penilaian yang komprehensif baik secara akademis dan pekerjaan.

Interview

Interview biasanya adalah bagian terakhir dari pendaftaran, namun ada baiknya dipersiapkan sejak dini. Tujuan interview adalah mencari tahu secara langsung para applicant. Untuk kita yang di Indonesia biasanya interview akan malam hari dan dilakukan via Skype. Namun terkadang ada juga beberapa kampus yang mengadakan interview di Indonesia, biasa nya beberapa kampus top pada saat acara pameran pendidikan.

Tahap Riset, Riset, dan Riset

Tahapan terakhir ini untuk dasar anda mendaftar di Business School adalah 3 kata yaitu Riset, Riset, dan Riset. Riset apa saja yang bisa anda temukan, di dunia yang online saat ini saya yakin ini adalah cara termudah untuk mencari tahu segala hal terutama tentang Business School yang akan anda daftar.

Menurut saya ada beberapa hal yang perlu anda riset kan yaitu

  1. Rangking kampus (walaupun bukan berarti rangking kampus segala nya) untuk rangking kampus silahkan anda ke topuniversities.com (QS Rangking), USnews, dan THE (Times Higher Education) keywordnya adalah TOP 20 MBA Program
  2. Ask alumni, cara yang mudah untuk hal ini adalah dengan melihat sosial media Linkedin, di Linkedin bisa search campus dan kemudian anda lihat di bagian Alumni cari yang berada di Indonesia, setelah dapat silahkan email dia. Regularly, alumni US Business School pasti punya Linkedin percayalah.
  3. Ask Adcom, adcom atau admission commitee akan selalu terbuka untuk pertanyaan apa pun jadi jangan lupa untuk mencari tahu apa alamat email dari adcom sekolah yang ingin anda daftar. Tidak seperti di Indonesia, budaya email sangat luar biasa di Amerika, hampir semua pertanyaan yang kita tanyakan apapun itu mulai dari hanya nanya berapa jam perjalanan dari Indonesia ke Amerika sampai pertanyaan tentang hasil riset survey gaji lulusan business school di sekolah tersebut, pasti akan dijawab percayalah, mereka sangat terbuka sekali dengan email tapi ketika sudah di respon emailnya jangan lupa untuk dibalas ya.
  4. Ask Expert, kalau anda merasa lebih suka riset dengan para expert anda bisa berkonsultasi dengan berbagai konsultan pendidikan. Namun cara ini jauh lebih mahal karena sekali berkonsultasi biaya nya sangat besar.
  5. Website Kampus, semua ada di sini, di website kampus akan diberikan banyak sekali informasi yang bisa anda gunakan untuk referensi pendaftaran anda.
  6. Bergabung di portal berita pendidikan, sebagai contoh Poets and Quant, Princeton Review, dan US News sangat bermanfaat jika ada berita berita baru terkait Business School

Masih banyak lagi informasi-informasi yang bisa kita dapatkan. So itu dulu ya basic pendaftaran Business School nya. Jika kalian ada pertanyaan dan atau kira kira dari di atas apa yang mau saya review pengalaman saya lebih dalam, jangan ragu untuk komentar di bawah saya akan segera buat tulisannya dan jawab pertanyaan anda.

Salam untuk pendidikan Indonesia yang lebih baik

Ferdi Cullen

Ditulis di University of Washington, Foster Business School, Seattle, WA,USA

Sumber : Poets&Quants, dan Forbes

Advertisements

2 comments on “Panduan Mendaftar US Business School : Admission Fundamental”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s