Prague Old Town Square : The City of Dark Magic part 1

2 comments

Dzien Dobry,

Prague, Juli 2017

Sketsa Old Town Square Prague, sumber : Pragueline.com

Napak tilas di Prague Old Town Square, merupakan sebuah perjalanan yang sangat mendongeng di hati saya. Kala itu, saya terinspirasi dari kisah novel karangan Magnus Chase berjudul “The City of Dark Magic”, dan memang benar ketika saya berada di kota ini the dark spell benar benar saya rasakan, saya kaget ternyata dibalik keindahan kota ini ada beberapa kisah dan legenda yang terkesan memilukan namun hal tersebut semakin menambah decak kagum yang tidak dapat saya ungkapkan dengan kata kata.

Suasana Sore Hari di Old Town Square

Prague kota ini memang sangat kuno, terlihat dari begitu tua dan antik nya kota ini. Akan tetapi, di balik keantikan tersebut, tersimpan cerita menarik yang membuat kota ini sangat unik. Keindahan sejati kota Prague, dapat Anda lihat jika anda berkunjung ke Old Town Square. Di sini atmospher sihir sangat saya rasakan. Bagaimana tidak, banyak kumpulan bangunan berarsitektur art-nouveau yang berasal dari abad ke 10 dan 11. Saya kaget melihat bahwa bangunan bangunan ini masih rapih dan tetap tersusun manarik. inilah salah satu ciri khas kota ini, yaitu bangunan art nouveau yang luar biasa.

Old Town Square di pagi hari sudah ramai turis

Old Town Square yang merupakan jantung dari aktivitas Kota Prague sejak ribuan tahun lalu. Sejak abad ke-12, pusat ekonomi dan politik telah tersentralisasi di Old Town Square ini, para konselor kota ini telah memperhatikan dan memastikan keindahan aula ini sejak dari dahulu kala dikarenakan pentingnya keunikan dari aula ini.Mereka berkuasa dari balik Old Town Hall untuk mengatur kemaslahatan masyarakat kota.

Old Town Hall tempat para konselor bekerja

Astronomical Clock

Rabu pagi yang cerah, saya tidak menyangka walaupun masih pagi, ternyata Prague Old Town Square sudah ramai dipenuhi warga. Sedikit tips jika anda mau ke Praha adalah agar selalu lah datang ke tempat wisata yang anda sukai di early morning, semakin pagi semakin baik. Hostel tempat saya tinggal kebetulan hanya berjarak 500 M menuju ke Old Town Square, setelah sampai dengan berjalan kaki saya melewati gang demi gang dan tiba tepat di depan bangunan yang disebut Town Hall dan berdiri megah sebuah menara bernama Astronomical Clock.

Saya kurang beruntung, Astonomical Clock sedang direnovasi

Jam Astronomical yang sangat populer ini ternyata pada saat saya sedang berkunjung sedang dilakukan renovasi. Renovasi dilakukan dalam rangka perayaan 1000 tahun kota ini, gila kan udah seribu tahun rupanya, yang kurang lebih akan dilaksanakan tahun depan.Agak miris sih karena keindahan nya jadi sedikit tertutupi dengan berbagai fences yang membalutnya, tapi saya maklum karena bagi sebuah benda arkeologi yang berusia ribuan tahun memang harus sering direnovasi.

Jam ini menggambarkan astronomi

Hadirnya jam astronomical ini mempunyai sebuah kisah tersendiri, Jan Hanus,seorang Bohemian yang ahli matematika dari Charles University dan pembuat jam terkemuka di Prague. Awalnya desain jam ini dibuat pertama kali oleh Mikulas of Kaldan, namun seiiring meningalnya beliau, beliau tidak bisa meneruskan proyek prestisius yang diberikan oleh para konselor kota agar membuat aula mereka menjadi indah. Sehingga, Master Hanus dengan keahlian astronomi dan matematikanya dia menambahkan unsur matematis dan astronomi di jam ini. Kurang lebiih 30 tahun masa yang digunakan untuk membuat jam ini.

Walaupun sedang direnovasi tetap jam ini memancarkan keindahan

Komponen yang ada di jam ini sangat mengagumkan, pertama jam ini tidak hanya menujukan waktu tapi juga bulan dan tahun, bahkan kapan waktu terbit matahari dan kapan matahari terbenam. Kemudian, desain jam ini dihiasi oleh huruf latin perlambang 12 signs zodiac, terdapat beberapa patung kecil yang menjadi semacam figur animasi yang mengelilingi jam ini, yaitu ada patung tengkorak yang menunjukan pukul berapa, ada patung Turks (pasukan Turki) yang menggoyang kepalanya, dan patung seorang pria lokal yang berekspresi pasrah melihat ke cermin dan memegang dompet. Figur figur ini dikenal dengan “The Walk of Apostles”. Yang saya sukai adalah setiap 1 jam sekali ada semacam seremoni di jam yang selalu ditunggu para Turis, yang mana akan keluar patung Angels, yang membungkuk ke arah Old Town Square seakan akan mereka sangat menghormati warga yang hadir di aula ini, dan terakhir tentunya patung Sang Kristus yang muncul untuk memberikan anugrah kepada warga yang hadir di Town Square. Tidak hanya sekarang turis mengagumi keunikan dari jam ini, rupanya dari sejak abad ke-15 merchant dari Italy, Moravia, Genoa, dan seluruh Eropa lain nya berkunjung ke kota ini untuk menyaksikan atraksi pemutaran jam setiap jam nya. Jadi dapat dikatakan terkenal nya jam ini sudah berlangsung ratusan tahun wow sekali kan.

 

 

 

 

 

 

 

 

Ada satu kisah memilukan tentang Hanus, yaitu kisah dimana sang matematikawan ini harus berakhir dengan tragis. Diceritakan bahwa Master Hanus diracuni oleh para konselor kota kala itu, karena para konselor takut akan dibangun nya satu lagi jam yang menyerupai Astronomical Clock, karena jam Astronomical sudah sangat terkenal sehingga para konselor tidak menginginkan adanya jam yang sama di belahan dunia manapun. Setelah diracun Master Hanus menjadi buta, namun karena sakit hati Master Hanus yang dendam membalas dengan mencabut salah satu bagian dari jam dan membuat jam menjadi tidak hidup.

Dikisahkan bahwa selama 10 tahun jam tersebut mati bersama dengan sang penciptanya, dan para konselor mengerahkan seluruh ahli matematika dan jam terbaik di Charles University untuk meneliti kenapa jam itu mati. Akhirnya jam pun berhasil hidup. Namun ada satu bagian yang memang tidak bisa terpecahkan sehingga jam yang kita lihat sekarang konon tidak seindah dulu, dengan demikian sang master membawa mati rahasia yang dibuat bersama jam tersebut.Miris memang kisahnya, Benar benar Dark Magic ya kisah ini.

Tyn Church

Tidak ada catatan sejarah yang lengkap terkait gereja mana yang merupakan gereja tertua di Prague. Namun dapat dikatakan gereja Tyn atau The Lady Tyn Church ini merupakan salah satu pencitraan gereja tertua di Prague. Awalnya gereja dengan dua menara kembar berbentuk kerucut yang mirip dengan kastil Disney ini, adalah kuil Pagan. Pada masa penyebaran agama Kristen di benua Eropa, bagi para penganut awal agama ini harus melakukan ritual di bawah tanah, demikian hal itu terjadi di gereja ini, pada masa itu, gereja ini mempunyai sebuah chapel bawah tanah untuk melaksanakan ritual. Setelah masa pemerintahan CharlesIV yang merupakan Raja pertama Prague beragama Kristen, gereja ini dialihfungsikan menjadi Gereja seutuhnya.

Menara Tyn Church sangat indah

Banyak yang mengatakan jika Tyn Church ini didentikkan dengan menara kastil Disney, jika anda membaca artikel saya sebelumnya tentang kota Budapest, tepatnya Buda Castle ada juga bangunan menara kerucut yang menyerupai kastil Disney. Whatever yang mana yang benar, bangunan Tyn Church ini sangat identik dengan Old Town Square, jadi banyak orang yang mengabadikan dirinya dengan berfoto dengan gereja bermenara kerucut yang tampak seperti cabang pohon ini.

Jan Hus Memorial Statue

Ada satu monumen tepat di tengah Old Town Square yaitu monumen Jan Hus (1369-1415), yang saat ini menjadi landmark penting di Prague. Jan Hus adalah salah seorang reformir agama Kristen di era Medieval, dia memang mirip seperti Martin Luther. Dia mempunyai pengikut bernama Hussit yang bermarkas di Tyn Church.Monumen ini belum lama dibangun (tahun 1915),  dengan nama Jan Hus Memorial Statue dibangun dengan arsitektur Nouveau.

Jan Hus Memorial Statue
Bangunan bercorak Art Nouveau di Old Town Square

Sosok Jan Hus terlihat menghadap ke arah gereja Tyn tempat dia memulai gerakan tersebut. Namun Gereja Katolik menganggap ajaran nya sesat dan Jan Hus harus mati dibakar di tiang salib setelah dikucilkan ihh seram ya dan benar benar kota yang penuh sihir hitam ya ternyata Prague ini, maksud saya dibalik keindahan kota ini ada kisah kisah yang memilukan. Namun itu semua sudah berlalu, dan Prague sangat menghargai jasa Jan Hus sehingga monumen nya bisa berdiri di Old Town Square.

 

Powder Tower

Pada abad ke 13, Prague merupakan kota benteng, para pedagang atau orang-orang yang melintas dari Bohemia Timur misalnya dari Kutna Hora harus melewati sebuah gerbang, gerbang tersebut adalah Powder Tower. Kemudian pada tahun 1470, benteng dihancurkan dan Powder Tower atau yang disebut Odraga Gate dipertahankan, dan gerbang ini pun dilestarikan sebagai salah satu ritual Coronation Road atau Jalur Pengangkatan Raja. Coronation Road adalah ritual dengan melintasi jalur, yang harus dilalui oleh Raja atau Ratu Bohemia yang baru diangkat menjadi sang penguasa Bohemia.

Powder Tower dan Municipal House
St. Nicholas Church dan beberapa bangunan art Nouveau di sekitar Old Town Square

Jalurnya menjadi jalur turis saat ini, yaitu dimulai dari Powder Tower melewati Old Town Square, Charles Bridge, terus sampai menuju St. Vitus Cathedral di Prague Castle untuk menerima berkah dari Archbishop. Menarik sekaali ya ritual ini. Powder Tower ini sekilas saya lihat mirip dengan gerbang menuju Charles Bridge dan ternyata  sang arsitek memang sama, terus kenapa disebut Powder ya ada dua spekulasi yaitu pertama ketika gerbang ini masih menyatu dengan tembok benteng, tempat ini dijadikan tempat penyimpanan mesiu sehingga disebut Powder atau mesiu. Spekulasi kedua adalah karena tempat ini menjadi tempat hinggap nya debu atau partikel dust yang sering berterbangan di Prague apapun spekulasi yang anda sukai silahkan ada pada anda, tapi saya lebih suka versi debu karena memang angin di Prague pada saat saya di sana sangat kencang dan pada saat berada di menara ini, menara ini sangat melindungi saya dari debu debu tersebut hehehe.

Powder Tower dan Coronation Road

Banyak sekali bangunan lain yang sangat menarik di Prague, namun Old Town Square merupakan salah satu aula kota terbaik yang pernah saya lihat. Anda harus kunjungi tempat ini ketika ke Prague dan rasakan sensasi sihirnya. Menurut kalian apa bangunan favorit kalian di Prague atau jika anda akan berkunjung ke Prague tempat apa yang mau kalian lihat, silahkan bekomentar di kolom komentar.

Dekuji

Ferdi Cullen

2 comments on “Prague Old Town Square : The City of Dark Magic part 1”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s