The Best Bohemian View in Prague

5 comments

Prague, 4-7 July 2017

Dzien Dobry

Life does not have to be perfect to be wonderful- Annette Funicello

Perjalanan saya ke Praha (sebutan bahasa untuk Prague) adalah salah satu perjalanan yang tidak saya lupakan sepanjang seluruh petualangan saya. Dari perjalanan tersebut saya menemukan sebuah pemandangan indah dari sebuah Kota Bohemia, yang menurut saya berbeda dengan arsitektur dari negara-negara Eropa lain nya. Selama 3 hari 2 malam saya di kota ini saya menemukan tempat tempat yang sangat memukau untuk menikmati keindahan negeri 1000 menara ini. Tempat tersebut di antaranya adalah Prague Castle, Vysherad, dan Letna Garden.

Gambaran wilayah kekuasaan Kerajaan Bohemia oleh Raja Charles 4 sumber : Google

Sekilas saya ingin menjelaskan kenapa Praha identik dengan Bohemia, saya salah satu penggemar musik Rock khas Queen, dimana saya suka mendengar lagu Bohemian Rhapsody oleh Queen. Ciri khas lagu rock yang diiringi dengan terpaan klasik ini memperkenalkan saya pertama kali dengan istilah Bohemia. Namun apa sebenarnya maksudnya Bohemia itu?. Menurut Wikipedia, Bohemia adalah sebuah kerajaan pecahan dari Holy Roman Empire, yang berdiri pada abad ke 12 dan berakhir di abad ke 19. Wilayah kekuasaan nya adalah Praha, Moravia, Silesia, dan sebagian Bavaria (Jerman), dapat dikatakan hampir seluruh Eropa Tengah merupakan wilayah kekuasaan dari Kerajaan Bohemia ini.

Namun pusat kekuasaan Kerajaan ini memang berada di Praha sehingga sah tentunya jika saya katakan ini merupakan kota para Bohemia. Sehubungan Kerajaan Bohemia merupakan kerajaan pada medieval era, maka Bohemia sangat identik dengan arsitektur kuno medieval yang menurut saya merupakan karya manusia yang luar biasa. Pada tulisan ini saya akan membahas beberapa tempat yang saya kunjungi dimana kita bisa menyaksikan dan paham akan keindahan arsitektur kota Bohemia tersebut. Pemandangan Bohemia, merupakan salah satu istilah yang saya kembangkan karena melihat sebuah pemandangan kota Praha  sangat unik dibandingkan dengan negara lain nya.

Na Opsyi Gate : Prague Castle

Pemandangan pertama adalah di Prague Castle (Prazsky Hrad), saya berkesempatan untuk mengunjungi salah satu pusat turis di Praha yaitu Prague Castle. Salah satu cara agar dapat mengunjungi kastil ini adalah dengan mengunakan Metroline hijau dan kita berhenti di Malostranska. Dari stasiun tersebut kita pun berjalan kaki tidak terlalu jauh sekitar 600 meter saja di salah satu gerbang pintu masuk ke Prague Castle bernama Na Opsyi. Walaupun ada beberapa pilihan lain yang bisa ditempuh untuk ke Prague Castle ini, namun saya memilih gerbang Na Opsyi karena di tempat ini pemandangan nya sangat Bohemian sekali sehingga saya penasaran pemandangan yang bagaimana ya Bohemian itu.

Gerbang Na Opsyi untuk mencapai Prague Castle

Gerbang Na Opsyi ini sangat banyak tangga sehingga membutuhkan stamina yang cukup kuat untuk menaikinya. Namun dijamin kita tidak akan merasa lelah karena di sebelah kiri tangga kita akan menyaksikan apa yang disebut dengan pemandangan yang Bohemian itu. Atap-atap Orange khas rumah warga Ceko, mengisi penglihatan saya, dan sangking indah nya saya hampir tidak percaya, apakah saya berada di negeri dongeng. Akhirnya sampai di puncak setelah melewati kurang lebih ratusan anak tangga, kita bisa melihat gerbang pintu masuk ke Prague Castle. Tapi eits jangan masuk dulu ke Prague Castle silahkan menikmati pemandangan kota yang menaungi masing-masing rumah warga Bohemia, beberapa turis saya lihat tampak sedang menikmati pemandangan ini dan melakukan selfie.

Sejalan dengan kita menaiki tangga kita akan menemukan pemdangan seperti ini
Pemandangan ala Bohemia yang bisa kita nikmati kala mendaki tangga

 

 

 

 

 

Suasana Selfie para turis, yang saya candid dari kamera saya
Pemandangan Bohemia Prague Castle favorit saya

Vysehrad

Spot kedua yang juga tak kalah menariknya untuk menikmati view Bohemia adalah Vysehrad Castle yang merupakan sebuah kompleks kastil yang berada di bukit di pinggiran kota dimana pemandangan nya tidak hanya perumahan warga Bohemia, namun juga Sungai Vltava khususnya di pinggiran sungai atau hulu sungai, uniknya pemandangan di Vysehrad ini 360 derajat sehingga memudahkan kita untuk mengelilingi seluruh kota Praha.

Vysehrad ini terletak di pinggiran kota Praha sehingga cukup jauh untuk dijangkau, saya saja sempat tersasar ketika mengunjungi tempat ini. Letak Vysehrad berada di wilayah Prague 2, saya mencoba transportasi tram ketika itu saya pakai tram yang bermula dari stasiun Tram di Wencelas Square depan National Museum, kemudian saya naik Tram dengan arah Florenc dan saya berhenti di stasiun bernama Vysherad. Setiba saya di stasiun tersebut benar-benar blank tidak ada arah apa pun yang menunjukkan bahwa ada tempat wisata bahkan saya sampai kesasar ke perumahan penduduk.

Peta Vysehrad Castle

 

Peta yg memperlihatkan bukit Vysehrad dikeliling oleh beberapa objek wisata terkenal di Praha

Namun bukan travelling jika tidak kesasar, akhirnya saya menemukan pria baik hati yang mau menunjukkan jalan ke Vysehrad tersebut, rupanya setelah sampai di bus stop Vysherad awal tadi, kita dapat berjalan lurus saja menempuh sebuah jalan besar dengan jembatan layang, dan dari bawah jembatan itu ada sebuah jalan kecil yang ternyata ada sign papan tanda Vysehrad Castle, setelah berterimakasih kepada si Bapak saya pun mengikuti petunjuk sign dan tiba di tempat ini.

Suasana di Vysehrad Castle ini relatif sepi, karena spot ini memang jarang didatangi turis dan merupakan salah satu spot turis baru. Namun anda tidak perlu khawatir, sebab banyak sekali yang bisa dilihat di sini selain pemandangan Bohemia yang sangat keren, misal ada gereja-gereja tua, makam, dan bahkan taman-taman yang asri. Saya melihat banyak orang melakukan olahraga di sekitar sini dan ada beberapa turis yang juga tampak mengabadikan dirinya dalam jepretan gambar. Jika anda tidak terlalu suka keramaian di Prague Castle saya sangat rekomendasikan tempat ini untuk menjadi salah satu alternatif kastil di Eropa Tengah, Praha.

Vysehrad dengan tembok besar, asri sekali

Pemandangan dari Vysehrad memperlihatkan Prague Castle dari jauh
Pemandangan Hulu Sungai Vltava
Atap oranye, dengan beberapa menara sangat picturesque menurut saya

Letna Garden

Sebuah taman tempat bersantai warga Praha ini merupakan tempat spot ketiga untuk melihat pemandangan di Bohemia. Untuk pemandangan ini berbeda lagi dengan dua spot sebelumya, perbedaannya adalah di sini kita bisa melihat Sungai Vltava dan jembatan-jembatan yang menghubungkan nya. Saya sebelumnya sudah pernah bercerita perihal Jembatan Charles di sini. Kemudian dari Letna ini kita bisa melihat jembatan Charles dan ternyata banyak lagi jembatan-jembatan indah lain nya selain Charles Bridge.

 

 

 

 

 

Suasana Letna Garden yang dipenuhi warga lokal

Saat itu sudah menjelang sore dan begitu banyak warga lokal yang sedang bersantai bersama teman-temanya. Selidik demi selidik ternyata tempat ini memang tempat nongkrong anak muda Praha. Yang datang ke taman ini banyakan wajah lokal, jadi dapat dikatakan ini adalah pengalaman like a local saya yang pertama dan ternyata menyenangkan. Suasana taman yang dulunya pernah ada monumen Stalin dan monumen tersebut kemudian dirobohkan sejak Praha lepas dari komunis karena sudah tidak tergabung dengan era komunis ini begitu tenang, warga tampak sedang menikmati minuman sambil menikmati pemandangan, bahkan ada bar bernama Stalin Bar loh di sini.

Letna Garden dengan Stalin Statue dulu sekali Sumber : GuideToPrague.com
Bangunan ini merupakan tempat berdirinya patung Stalin loh yang sudah dirubuhkan dan tinggal ini sebagai puing nya
Skateboard Arena
Stalin Bar

Saya ketawa ketiwi sendiri melihat tingkah polah anak muda Praha yang suka selfie tersebut. Selain selfie banyak anak muda lokal yang bermain Skateboard di sini. Taman ini benar-benar saya rekomendasikan karena kita bisa melihat view yang sangat cantik dan terbaik dari Sungai Vltava. Cara ke mari mudah saja, masih ingat dengan Gate Na Opsyi di Prague Castle sebelumnya, silahkan mulai dari situ kita tinggal jalan lurus saja ada tangga yang menanjak namun cukup melelahkan tersebut. Naiklah tangga tersebut dan taraa kalian sampai di pekarangan Letna Garden, taman ini sangat luas tapi karena dia terbuka jadi kita tidak merasa akan kesasar, jalan di taman ini lurus dan tidak berkelok sehingga sangat mudah dijangkau.

Yang paling memukau adalah view dimana kita bisa melihat rumah warga Bohemia ditambah sungai Vltava, dan beberapa jembatan yang menghubungkan nya dalam satu view indah sekali.

Melalui fences ini saya menyaksikan keajaiban negeri dongeng ini
Ini view ke Tyn Church dari depan bekas monumen Stalin
Ini adalah pemandangan super dan terbaik yang pernah saya lihat di Prague
Di sini bisa terlihat jelas keramaian dari Charles Bridge

Demikianlah kisah pengalaman saya menikmati view- view yang mencegangkan dari Bohemia Praha, masih banyak lagi spot yang bisa melihat kota Praha secara utuh lain nya. Jika anda ada pengalaman menemukan spot yang menarik untuk melihat kota Praha silahkan komentar ya, siapa tahu kan saya ke sana lagi dan saya memang ingin ke sana lagi suatu hari nanti,  dan bisa mencari spot yang anda maksud tersebut.

Ferdi Cullen

Dobry Den

Advertisements

5 comments on “The Best Bohemian View in Prague”

  1. Sebelumnya aku mau kasih apresiasi dulu, mas. Tulisanmu sekarang lebih rapi, selamaaattt! 🙂

    Praha ini memang kota impian banyak traveler, termasuk gue hahaha. Liat pemandangan kota sama Sungai Vltava kayak di atas aja udah seneng banget!

    Like

    1. Oala rupanya selama ini kurang rapih ya mas, terima kasih masukan nya akan lebih rapih lagi ke depan nya
      Mudah mudahan segera sampai ke Praha ya mas, memang super sekali kalau pemandangan Sungai Vltava ini ditambah balutan bangunan gothic dan medieval di seklilingnya, seakan akan kita berada di negeri antah berantah pokoknya mas.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s