Peaceful Evening Walk At Mirabell Garden Salzburg

Mirabell Garden, Juli 2017

Mirabell adalah nama seorang wanita, gabungan dari dua kata yaitu “mirabile” yang dalam bahasa inggris disebut admirable atau terpuji dan “bella” yang dalam bahasa inggris yaitu beautiful atau cantik. Jadi jika digabung maka artinya adalah Wanita Cantik yang terpuji.

Suasana Malam di Mirabell Garden
Emperor Franz Josef 1 yang pertama kali membuka taman ini di tahun 1924

Taman Mirabell ini adalah taman baroque yang dibangun pada tahun 1606 oleh seorang Prince Archbishop, dimana bangunan ini ditujukan untuk istrinya dan kesepuluh anak nya wow benar-benar keluarga besar ya. Selain itu, yang pastinya tempat ini sangat terkenal sebagai tempat shooting adegan film Sound of Music. Dalam film tersebut, adegan Suster Maria bernyanyi “Doremi” bersama anak-anak Trapp di fountain pada taman ini.

Mirabell Palace yang merupakan istana sang archbishop, juga merupakan  kantor administratif Prince Archbishop ketika dia berkuasa, terdapat persamaan dengan Schloss Helbrun istana yang saya kunjungi sebelumnya, yaitu banyak sekali sculptures mitologi Yunani

Waktu menunjukan pukul 20.00 PM, ternyata sudah malam namun malam di musim panas sangat panjang sehingga hari belum terlihat gelap. Setelah menempuh perjalanan pulang ke penginapan saya dengan berjalan kaki, saya merasa lelah dan ingin mencoba menikmati suasana sore atau bisa dikatakan suasana malam walaupun belum gelap di taman yang menjadi icon kisah film Sound of Music ini, Mirabell Garden. Sesuai dengan namanya cantik terpuji maka kesan pertama saya ketika melihat taman ini benar-benar cantik sekali. Ada dua hal yang saya sukai dari taman ini, pertama, indah dan wangi, ya bunga mawar yang ditanam di sekitar taman ini benar-benar memancarkan pesona yang luar biasa. Harum semerbak pun saya rasakan ketika berjalan melewati taman mawar tersebut. Kedua, arsitekturnya cakep, super sekali perpaduan antara pancuran dan labirin-labirin yang penuh bunga menjadikan taman ini eksotis sekali serta memberikan suasana nyaman yang menenangkan, cocok buat saya yang sudah capek berkeliling Salzburg dan ingin istirahat sejenak kala itu.

The Rose Garden, harum semerbak

Dwarf Garden

Namun ada satu taman kecil yang menarik perhatian saya yaitu Dwarf Garden. Pada taman ini ada 15 sculptures yang menggambarkan karakter Dwarf atau kurcaci. Masing-masing kurcaci ini menggambarkan aktivitas dari keseharian warga Salzburg, mulai dari bercocok tanam, menjadi pematung, atau menjadi pandai besi. Sangat menarik sekali bisa melihat tingkah polah dari para kurcaci ini.

Pintu masuk menuju Dwarf Garden

Patung para dwarf ini  terbuat dari marmer putih yang indah dari Untersberg, kreatif sebenarnya menurut saya karena mereka telihat seperti mengenakan pakaian abu-abu. Saat kita menjelajahi taman kurcaci ini, menjadi jelas bahwa setiap patung memiliki peran yang berbeda untuk dimainkan. Sebagai contoh, Kurcaci dengan sekop, sangat simbolis. Tatapannya, yang diarahkan ke bawah ke langit, menurut sumber yang saya baca, kurcaci ini adalah tukang kebun yang jujur. Dia melambangkan bulan Maret, di mana para tukang kebun di Salzburg mulai bekerja. Selain itu, ada yang menyeringai nakal, membawa ayam di bawah lengan mereka, atau menatap serius ke langit. Jika ditanya kenapa kurcaci yang menjadi icon di taman ini, maka jawabanya adalah Kurcaci merupakan karakter karikatur untuk lelucon yang terkenal di Salzburg pada abad ke-17.

Masing masing patung kurcaci berjarak di taman ini
Ini adalah kurcaci wanita
Kurcaci dengan Sekop yang melambangkan para pekerja Kebun
Kurcaci merupakan tokoh karikatur di era abad 17

Awalnya Dwarf Garden ini merupakan taman pribadi keluarga Prince Archbishop, karena taman ini hanya digunakan sebagai tempat bermain anak-anak sang pangeran. Menurut info yang saya dapat, sebenarnya ada 28 patung  namun satu per satu rusak dan yang ada tinggal hanya 15 yang tersisa.

The Mirabell Fountain

Ada dua fountain yang sangat cantik di taman ini. Pertama, Pegasus Fountain merupakan pancuran yang menggambarkan kuda pegasus dan merupakan karya dari Kaspar Gras pada tahun 1913. Jika anda masih ingat film Sound of Music, yup di fountain ini lah keluarga Von Trapp dan Suster Maria bernyanyi.

Pegasus Fountain dari film Sound of Music

Fountain kedua yang terletak di tengah taman adalah The Grand Fountain, sebuah fountain yang sangat besar dan merupakan fountain utama di istana ini. Ada empat patung mitologi yang mengelilingi fountain ini, ke-empat patung tersebut menggambarkan empat unsur yaitu api, air, tanah, dan udara. Saya langsung mengambil tempat di salah satu tempat duduk di dekat fountain ini dan selama kurang lebih setengah jam saya memperhatikan hiruk pikuk masyarakat dan juga turis yang kebetulan sedang mencari angin segar berkeliling di taman ini

Grand Fountain, marvelous in my opinion

Tak terasa perjalanan di Salzburg sudah akan berakhir sebab keesokan pagi saya harus bergegas ke stasiun kereta untuk menempuh perjalanan ke kota berikutnya. Nantikan kisah flashback saya selanjutnya di beberapa kota indah lainnya ya. Terima kasih

Menjelang Gelap di Mirabell Garden

Ferdi Cullen

 

Written by ferdicullen

Hi my name is Ferdi, you can call me Ferdi Cullen. When I was a little boy I want to become a diplomat who can travel the world. However, my passion for technology is more powerful so I become one of an employee in telecommunication company in Indonesia. I believe with digital technology we can travel the world easier, and I already made it, 23 countries so far until 2017 and still counting. Recently, in 2018 I Live in Seattle, yes I'm a Seattleites and I'm ready to travel as a micro traveller around the US just stay tuned for my stories. If you want to contact me please don't hesistate to call me deen.froesson27@gmail.com Ferdi Cullen Seattle

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

#FDCG

SEBUAH CATATAN TENGIK ANAK TEKNIK

Yogesh Joshi Blogs

My personal experience of travel and love for Mountains.

Jalancerita

Tiap Perjalanan Punya Cerita

Asambackpacker01.wordpress.com

Perjalanan untuk mendapatkan pencerahan

djangki

Avant Garde

Momentum Kehidupan

Sumber Motivasi, Inspirasi, dan Pengembangan Diri

Travelover Travelogue

Just a little story of my little adventure...

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

wanderlustJW

We travel not to escape life, but for life not to escape us.

Eka Hei

Selalu ada cerita dalam setiap langkah

leniaini blog

between thoughts and memories

DC Elseworlds

Live your fantasy here

Watashi no Sekai

All about my world

Catatan Perjalanan Hidupku ^^

Karena setiap detik perjalanan hidup adalah pelajaran, dan akan menjadi kenangan yang akan selalu membuatmu bersyukur :)

DEESUCII@DuniaSementara

senantiasa ada senyum dari-Nya dalam Kesyukuran dan Kesabaran tanpa tepi

Claraberkelana.com

Travel Stories

Catatan Kangsole

Tentang semua yang terlintas dan kenangan

秀賢の空

Welcome to the freakest blog that you ever see! Happy blogwalking!^^

Half-time Traveller

a Globe-trotter Wanna Be

simple Ula

I want to be rich. Rich in love, rich in health, rich in laughter, rich in adventure and rich in knowledge. You?

Nonikhairani

Once You Make a Decision, The universe Conspires To Make It Happen

Pink Traveler

Kemasi ranselmu dan pergilah melihat dunia

the travelearn

learning by traveling

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

%d bloggers like this: