10 Best Movies of 2017-Ferdi Cullen Version

7 comments

Tahun 2017 merupakan tahun nostalgia perfilman di era dulu yang kembali dengan versi baru. Metode remake atau live action atau reboot whatever istilah dari sang sutradara untuk menyatakan film lama yang didaur ulang kembali sangat populer di tahun ini. For example, Beauty and The Beast yang merupakan live action dari animasi terkenal di era 90 an, kemudian dari ranah sci-fi ada Blade Runner 2049 yang merupakan sekuel Blade Runner Down, dan dari bidang horor pastinya ada “IT” dan di film nasional ada “Pengabdi Setan”. Akhirnya saya memutuskan untuk membuat tulisan tentang film apa yang menjadi film terbaik selama tahun 2017. Murni ini gak ada kaitanya dengan kualitas film ya, hanya opini saya saja terkait dengan jalan cerita, kepopuleran, dan visualisasi belaka. Kemudian yang saya masukan di sini adalah film-film yang memang saya tonton saja, masih banyak sekali film bagus di tahun 2017 namun saya tidak ada kesempatan untuk menonton nya, jadi 10 besar ini berdasarkan rating saya terhadap kurang lebih 35 film yang saya tonton di tahun 2017.

Sebelum saya memulai hitungan ijinkan memberikan honorable mention buat film-film ini : Logan, War for The Planet of The Apes, Get Out, Baby Driver, John Wick 2, dan Blade Runner 20149, yang sayangnya menurut saya beberapa film ini bagus banget dan malah lebih bagus dari beberapa film di jajaran top 10 saya tapi karena masalah subjektifitas jadi saya tidak masukan ke dalam list. Kedua saya agak menyesal belum sempat menonton beberapa film berikut yang berdasarkan reviewnya sih bagus tapi kelewat di teater karena kesibukan yaitu Split, A Ghost Story, Lady Bird, dan Kong Skull Island. Jadi apa ya film 10 terbaik versi saya ini berikut :

10. Pirates of The Carribean : Dead Men Tell No Tales

Sebagai penggemar franchise ini yang sudah saya tunggu selama 6 tahun sejak film terakhir nya, menurut saya film ini sangat menghibur banyak adegan lucu dan makin membuat Jack Sparrow makin keren. Walaupun reviewnya di beberapa blog review film sangat rendah tapi saya sangat suka film ini, dengan beberapa adegan yang menghibur seperti Guillotine yang maju mundur maju mundur ditambah adegan perampokan bank yang bank nya sampai terseret dan merupakan adegan perampokan bank paling unik yang pernah saya lihat hehehe. Saya sendiri nonton dua kali film ini dan masih sama terbahak nya, jadi kekuatan film ini yang menurut saya sehingga pantas di 10 besar adalah kreativitas komedi nya.

9. Wonder Woman

Gal Gadot, siapa yang tidak jatuh cinta dengan wanita cantik ini. Setelah penampilan nya yang memukau di Batman vs Superman : Dawn of Justice tahun lalu, penampilan solo nya sangat ditunggu oleh netizen seluruh dunia. Akhirnya Diana Prince berlaga di tahun 2017 ini, menurut saya dan sekali lagi ini opini saya ini merupakan film superhero terbaik dari seluruh film superhero yang ada tahun ini mention saja Guardian of The Galaxy Volume 2, berikutnya ada Thor : Ragnarok, Spiderman Homecoming, bahkan remake Power Rangers, dan Justice League yang menuai kontroversi di kalangan penggemar DC Comics.

Kelebihan dari film ini menurut saya adalah dari nilai nilai leadership yang ditampilkan oleh Diana seperti kita tidak boleh menyerah sebelum memulai, kemudian melindungi yang lemah adalah hal yang utama. Gal Gadot benar benar memukau menyampaikan secara diplomatis segala nilai nilai tersebut yang membuat saya sangat kagum Ditambah dengan pertarungan yang epik dan alur cerita yang tidak mudah ditebak, Wonder Woman pantas berada di nomor 9 film terbaik 2017.

8. Annabelle : Creation

Salah bentuk strategi bisnis industri film saat ini adalah menjadikan sebuah brand sebagai franchise, kita mengenal Marvel Universe, Star Wars, DC Universe, dan bahkan sekarang Conjuring Universe. Mengapa saya katakan Conjuring Universe, ya karena masing-masing tokoh di film horor Conjuring sekarang dibuat film nya, di tahun 2017 ini ada Annabelle Creation tahun ini akan ada The Nun.

Saya tidak tahu ya kenapa beberapa review top 10 movie jarang memasukan film Annabelle ini mungkin karena terlalu berlebihan ya, tapi menurut saya film ini pantas masuk di top 10. Alasanya adalah film ini serem banget, banyak efek horor baru yang berbeda dibandingkan dengan film sebelumnya. Dan menurut saya seharusnya film ini lebih dulu dibandingkan film sebelumnya di tahun 2014 yang menurut saya gagal banget membawa kesan serem dan demonic Annabelle. Dengan cerita yang menegangkan dan aksi aksi yang mengagetkan plus jalan cerita yang menarik film ini pantas untuk bersanding sebagai film terbaik di nomor 8.

7. Pokemon The Movie : I Choose You 

Seperti yang saya ceritakan di awal, tahun 2017 merupakan tahun nostalgia, dengan adanya film Pokemon The Movie : I Choose You benar-benar membawa saya kembali ke era 90 an dengan khas nya Pikachu. Film ini dikategorikan Reboot karena ada beberapa tokoh baru yang belum pernah saya lihat di film Pokemon era dulu, kemudian jalan ceritanya yang khas Anime jepang yaitu memberikan sebuah pelajaran dari setiap aksi dalam perjalanan. Kemudian ada haru nya juga dan yang paling saya sukai adalah makna nilai nilai persahabatan yang sangat ditonjolkan di film ini.

Pertarungan nya pun juga luar biasa saya gak menyangka adegan aksinya sangat keren mulai dari muncul nya beberapa pokemon yang unik sampai visualiasasi serangan petir Pikachu sangat memukau. Sang sutradara Kunihiko Yuyama menurut saya sukses membuat kami penggemar classic anime ini menjadi getol dan makin fanatic sama Pokemon, sebagai film yang sukses jadi box office di Jepang walaupun di Indonesia tidak tapi film ini worth it masuk ke nomor 7 film terbaik.

6. Coco

Untuk animasi sepertinya di tahun ini agak sepi ya, Boss Baby menurut saya agak membosankan, ditambah dengan Despicable Me 3 yang kurang greget, dan ada juga Emoji Movie yang biasa sekali. Akhirnya di bulan Nopember ada juga sebuah film animasi yang saya sampai nonton 4x dan tetap tidak bosan. Kekuatan dari film ini adalah keunikan dari film ini yang mengusung tema budaya Meksiko seperti De Los Muertos, iya setelah sukses dengan Inside Out, Disney tetap sebagai pionir dalam mengkampanyekan kemanusiaan atau dapat saya katakan nilai nilai manusiawi seperti keluarga.

Dengan lagu-lagunya yang keren seperti Remember Me, Un Poco Loco, lagu-lagu Meksiko klasik yang jauh lebih bagus dibandingkan Louis Fonsi dengan Despacito nya  (mhn maaf Louis) film ini pantas sebagai film terbaik, eh maksud saya di jajaran film terbaik di nomor 6.

5. Beauty and The Beast

Yuhuu sebagai interpretasi dari film yang sama tahun 1992 dalam bentuk animasi, dan kali ini disebut live action, film ini sukses besar mulai dari keindahan alam nya, cerita yang menarik, lagu-lagu yang lama tapi diaransemen dengan live its gorgeous and beautiful.

Cantik film ini jika dilihat secara keseluruhan film ini menyajikan cerita yang cukup bagus dan mudah dimengerti, kita akan dibawa kepada kehidupan Perancis pada abad ke-17, dari mulai perilaku warganya, suasana desanya, kegiatan penduduk ditambah dengan aktingnya Emma Watson yang good memerankan Belle  dibalut dengan drama musikal yang menjadi ciri khas di film ini.Disamping itu disajikan juga pemandangan desa yang indah, dari mulai bukit,desain rumah penduduk, tidak lupa interiornya. Serta dandanan khas penduduk dan dandanan anggota istana pada masa itu. Semua disetting dengan sangat baik. Walaupun tetap terasa sekali bahwa banyak pengambilan gambarnya di dalam studio termasuk adegan di hutan , kabarnya pengerjaan set filmnya ini memakan waktu 15 hari karena harus memasukkan pohon-pohon asli, pagar, dan gerbang es batu. Semua itu menghantarkan film ini sebagai film terbaik nomor 5 di dalam list ini.

4. Pengabdi Setan

Saya sangat gembira sekali ketika mengetahui bahwa film Pengabdi Setan akan dibuat lagi, dengan ekspektasi awal sama seperti film sebelumnya versi 80 an namun reboot versi Joko Anwar ini dapat saya katakan spektakuler. Bagaimana tidak film ini jadi film Indonesia terlaris sepanjang 2017 dan film horror terlaris di Indonesia. Dengan dialog yang sangat sederhana serta efek visual yang juga sangat sederhana tidak menggunakan embel-embel CGI film ini sukses membuat takut pengemar film horor di Indonesia.

Tokoh Ibu yang merupakan tokoh baru di film versi ini sukes menaklukan hati para netizen, muncul banyak sekali meme dan jenaka gempita di social media terkait aksi sang ibu. Menurut saya film ini tidak hanya sukses merubah citra film horor Indonesia tapi juga membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia bisa membuat film horor berkelas internasional. Bravo untuk Joko Anwar dan film ini pantas berada di nomor 4 dalam list ini.

3. IT

Another reboot and its the best reboot in my opinion. IT yang merupakan adaptasi novelis misteri Stephen King sukses besar dan berhasil meraup keuntungan besar. Tokoh Pennywise Clown yang ada di film ini tampil dengan ciri khas sarkastik nya yaitu kekejaman demonic yang luar biasa. Akting Bill Skarsgad  menurut saya brilian dia mampu membawa karakter baru dalam Pennywise Clown yang tegas tapi kejam.

Selain Pennywise Clown, aksi anak-anak di era 80 an ini cukup menarik perhatian bayangkan saja kostum dan gaya rambut anak muda tahun 80 an ini dikemas sangat menarik di film ini sehingga terlihat menarik sekali. Namun yang paling saya sukai adalah humor genk Loser yang memang mengocok perut dan lucu sekali, sebagai film horor yang berbalut humor memang tidak seram saya rasa cuman lucu tapi ada tegang nya juga . Luar biasa dan two thumbs up untuk film ini, saya sendiri terus terang sudah nonton film ini 3X dan masih tetap kagum dengan film ini.

2. Dunkirk

Sebagai film yang disebut para kritikus sebagai The Best Film of The Year dan The Greatest War Movie Ever Made, memberikan kesan bahwa Christopher Nolan sang sutradara sangat sukses mengemas film ini. Film yang sangat menyenttuh sekaligus memukau ini memang sebuah konsep film perperangan yang totally different sekali. Nolan memang berpengalaman kalau sudah bikin film yang unik lihat saja Inception atau Following yang juga sukses mengharumkan namannya di antara para kritikus film.

Yang saya paling sukai dari film ini adalah there is almost no dialogue, tapi gak kayak film bisu juga sih, maksud saya adalah film ini menyajikan percakapan yang singkat singkat saja dan gak panjang-panjang, sederhana. Mungkin berkaca dari film perang yang bikin pusing dengan percakapan tingkat tinggi karena strategi perang nya, atau karena mengisahkan kisah hidup pejuangnya yang dibumbui dengan kisah cinta dan bla bla bla. Film Dunkirk membuang itu semua dan berfokus hanya pada interpretasi aksi yang heroik, film ini mengambil 3 perspektif pertama di darat tepatnya di pantai, kedua di udara dalam pesawat, dan ketiga di laut dalam kapal laut. Dan sebagai penonton awam saya langsung bisa mengambil benang merah diantara 3 perspektif tersebut. Luar biasa nilai 9.5 kalau saya rasa film ini

1  The Last Jedi

Yup film yang menjadi film terlaris versi Box Office Mojo ini adalah film terbaik dalam list saya dia adalah The Last Jedi. Sebagai kelanjutan dari kisah-kisah Star Wars sebelumnya dan saat ini sudah memasuki episode 8 dan sudah 40 tahun  sejak film pertama Star Wars, menjadikan franchise ini sudah mempunyai fanatik fans.

Inovasi adalah kunci film ini, walaupun banyak fans fanatik yang tidak menyukai hal tersebut dikarenakan mereka masih merasa bahwa Jedi, Sith dan Skywalker merupakan hal inti dari Star Wars, tapi di sisi lain saya estuju dengan Rian Johnson yang berusaha membawa iklim baru di film ini bahwa Force ada di dalam setiap orang (hmm artinya saya juga punya Force). Tapi walaupun banyak yang baru dengan munculnya adegan Master Yoda,  saya tidak begitu yakin bahwa Star Wars akan melepas Jedi dan Sith apalagi Master Yoda, atau Darth Vader sebagai komponen utama di dunia Star Wars era dulu, saya yakin bahwa episode 9 akan menampilkan sesuatu yang lebih mempesona lagi dan mungkin kejutan dari tokoh lama yang akan muncul lets wait for that.

Pertarungan pun sangat keren, Pretorian Guard yang berpakaian warna merah darah ini benar benar sangat memukau dan mengobati keinginan saya yang dulu pengen banget lihat Imperial Guard, yang juga berpakain warna merah pada episode 4-6 namun gak pernah bertarung dengan Skywalker atau cuman jadi cameo. Di film ini Pretorian Guard tampil sangat powerful sebagai alternatif selain Stormtrooper tentu nya mereka adalah petarung yang kekuatan nya setara dengan para Jedi.

Kemudian saya juga sangat suka dengan suasana alam di Skelig Michael sebagai situs warisan dunia di Irlandia yang menjadi bucket list saya. Secara keseluruhan film ini perfect sekali The Best dan mengakhiri tahun 2017 dengan cemerlang. May The Force Be With You

 

Wah sudah tidak sabar ini untuk melihat film-film di tahun 2018, dan sekedar informasi saya akan membuka kategori baru di blog saya yaitu movie review yang akan menuliskan film yang sudah saya tonton dan bagaimana penilaianya jaid nantikan dan terus pantau blog saya ya. Oh iya menurut kalian apa 10 film terbaik versi kalian di tahun 2017 ditunggu di komentar ya. Selamat Tahun Baru 2018.

Ferdi Cullen

Advertisements

7 comments on “10 Best Movies of 2017-Ferdi Cullen Version”

      1. Wah banyak sih mas di 2018 namun menurut saya yang patut ditunggu adalah
        Januari 2018 : The Post, Insidious, The Maze Runner 3
        Februari 2018 : Black Panther
        Maret 2018 : Pacific RIM 2, Tomb Raider
        April 2018 : The New Mutants
        Mei 2018 : Avengers Infinity War, Solo : Star Wars Story
        Juni 2018 : Jurassic World 2
        Juli 2018 : Ant Man 2, The Nun, MI 6
        Agustus 2018 : Barbie Live Action
        September 2018 : Robin Hood, Goosebump 2
        Oktober 2018 : Mowgli
        Nopember 2018 : Fantastic Beast 2, X Man : dark Phoenix
        Desember 2018 : Aquaman, Spider Man Marvel 2, Marry Poppins Return
        dan masih banyak lagi lah kak hehehe

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s