Bermain Air di Hellbrun Palace Salzburg

No comments

Salzburg, Hellbrun Palace, Juli 2017

Mungkin bagi sebagian orang seperti yang pernah saya ceritakan di kisah sebelumnya di sini, bahwa kota Salzburg sangat identik dengan sebuah film legenda berjudul “Sound of Music”, akan tetapi sebenarnya kota ini jauh mempunyai catatan sejarah yang sangat panjang. Salah satu nya adalah Schloss Helbrun (Hellbrun Palace) yang merupakan istana yang sangat unik di Eropa, yang terkenal dengan Trick Fountain atau Wasserpiele ini.

Hellbrun Palace di Salzburg

Adalah Markus Sittikus salah satu prince archbishop pada era abad ke 17 yang merencanakan dibangunnya sebuah oasis hiburan yang bisa sekedar memalingkan segala penat dan gundah dunia ini, sebuah konsep dan ide yang kreatif pun terbesit di hati sang pangeran, sang pangeran membangun istana yang khusus hanya untuk liburan musim panas, yang penuh dengan kreatifitas kalau menurut pendapat saya. Mengapa saya katakan kreatif? karena di istana tidak ada satu kamar tidur pun dan hanya dibuat untuk menghibur sang pangeran dengan sebuah hiburan yang sangat unik di sleuruh Eropa tapi sangat membuat penasaran yang disebut “Trick Fountain” atau trik pancuran jika kata ini bisa merepresentasikan bahasa Indonesia nya.

Prince Archbishop Markus Sittikus
Bangunan berarsitektur Itali

Jadi seperti apa trick fountain itu? Mengapa dia begitu terkenal dan unik? pertanyaan ini akan saya jawab berikutnya, nah dalam perjalanan menuju ke tempat ini dapat dikatakan lumayan jauh berada kurang lebih  25 menit dari kota Salzburg kita bisa naik bus saja, datanglah ke tempat pemberhentian bus terdekat dari penginapan anda dan anda silahkan tunggu bus no 25 hanya bus ini yang menuju ke Schloss Hellbrun, tapi hati-hati ya karena semua instruksi bus di Salzburg berbahasa Jerman kita harus benar benar perhatikan kita berhenti dimana, pastikan berhenti di pemberhentian bus bernama“Salzburg Fürstenweg” silahkan berhenti di situ atau tanya saja ke driver nya juga tidak masalah karena drivernya ramah ramah kok. setelah turun dari bus anda masih harus jalan sekitar 300-400 M untuk mencapai ke istana.

Kemudian setelah sampai saya merasa kagum dengan bangunan berarsitektur Renaissance yang dihiasi dengan keindahan Gunung Alpen ini, hmm saya jadi paham kenapa sang Archbishop memilih tempat ini untuk istana nya karena ya pemandangan nya sangat indah sekali. Jika anda ingin membeli tiket bisa datang ke counter ticket dan jika anda punya Salzburg card juga tetap datang ke counter ticket untuk check in. Ada dua pilihan untuk menikmati istana ini, pertama anda bisa menikmati tour Trick Fountain atau anda bisa mengunjungi museum yang ada di istana ini. Sangat disayangkan jika sudah jauh-jauh ke sini kita melewatkan Trick fountain akhirnya saya memilih untuk mengikuti tour 40 menit Trick Fountain. Dengan berbekal Salzburg card dimana harga tiket masuk dan tour sudah termasuk di dalamnya saya tinggal tunjukan kartu saya dan mereka akan memproses tour dengan jam terdekat yang bisa segera kita ikuti.

Suasana di depan Hellbrun Palace, ada pemandangan Gunung lpen

Prince Archbishop Markus Sittikus memang sangat menyukai mitologi Romawi kuno, dimana di setiap sudut istana ini banyak menunjukan tokoh-tokoh mitologi tersebut di setiap sudut taman dan juga istana, dan arsitekturnya juga sangat kental dengan arsitektur Italia. Sang pangeran adalah penggemar air, trick fountains atau Wasserpiele merupakan hiburan air dimana setiap pengunjung istana ini tiba tiba akan dikejutkan dengan cipratan air yang tidak disangka akan muncul dan membuat kaget pengunjung serta akhirnya mereka akan basah. Kita tidak akan pernah tahu dari mana saja air bisa muncul dan kapan, sehingga air bisa muncul dimana saja dan kapan saja untuk membuat anda basah, hmm ini merupakan trik untuk senda gurau dan lucu lucuan versi jaman old ya( bukan jaman now) dan ini sukses menarik perhatian pengunjung sampai 400 tahun kemudian yang sangat unik dan terkenal.

Patung ini merupakan figur tokoh Romawi Kuno
The Dinner Table, pusat hiburan utama sang Archbishop
Taman sangat bersih dan sejuk walaupun sedang panas panasnya

Perhatian sebaiknya ketika anda mengikuti tour ini anda sebaiknya menjaga kamera anda baik baik karena pada awal tour guide akan menginformasikan bahwa panitia tidak akan bertanggung jawab terhadap kerusakan kamera anda jadi sih sebaiknya menurut saya anda membawa perlengkapan kamera anti air kecuali smartphone anda memang sudah tahan air, terus terang saya kurang persiapan pada saat mengikuti tour ini dikarenakan berdasarkan riset yang saya lakukan mengatakan kita bisa request untuk tidak menjadi target siraman air tapi hal ini tidak bisa dilakukan karena berdasarkan tradisi semua pengunjung mendapat kesempatan yang merata dan tidak bisa diprediksi apakah dia akan kena atau tidak hehehe serasa menyenangkan sekali saya malah jadi semakin impulsif dengan keterangan ini walaupun tidak membawa baju ganti apalagi pelindung air untuk kamera dan handphone saya.

1.The Dinner Table

Atraksi pertama, tour guide kami akan menceritakan sejarah istana ini, dan di saat akhir penjelasan dia akan meminta beberapa sukarelawan untuk duduk di The Dinner table yang merupakan salah satu atraksi yang dulu adalah saat paling ditunggu bagi sang pangeran yang sering menipu tamu yang ingin dikerjain nya, setelah semua tamu duduk di meja tersebut dengan alasan akan makan malam tiba-tiba sang pangeran akan mengejutkan mereka dengan serangan air dari segala penjuru meja yang membuat para tamu yang duduk di meja basah, menarik sekali bukan. Setelah selesai dengan the dinner table maka para peserta tour melanjutkan melihat taman di istana ini yang juga merupakan tempat yang sangat menarik banyak patung tokoh mitologi dan ada fountain kecil dengan miniatur yang kecil dan lucu, masing-masing miniatur menggambarkan kehidupan di kota Salzburg jadi ada yang menggambarkan aktivitas membuat roti, memasak, berjualan di pasar, dan lain nya.

Serangan Air bisa datang dari mana saja waspada selalu

2. The Neptune Grotto

Sang pangeran sangat mengagumi Neptune salah satu dewa laut dalam mitologi Romawi, sebagai bentuk kecintaan nya terhadap sang dewa dia membangun sebuah gua yang mirip dengan singgasana sang dewa yang disebut dengan Neptune Grotto. Pada saat musim panas yang terik, suasana sejuk di gua ini sangat tepat sekali menambah kesejukan taman taman yang melengkapi nya.

Harap berhati hati setelah anda melewati Neptune Grotto, anda akan dikejutkan lagi dengan beberapa pancuran air yang tiba-tiba dan tidak tahu darimana asalnya another trick fountain.

Neptune Grotto
Batu batu staklaktit menghiasi gua Neptune ini
Hiasan Dekoratif di Museum
Hiasan yang begitu indah
Detail arsitektur Neptune Grotto
Pancuran dengan miniatur unik ini ternyata bisa menembakan air ke muka kita

3. Mechanical Theatre

Selanjutnya kita akan menemui Mechanical Theatre, sebuah miniatur kota Salzburg dengan kurang lebih 200 figur yang terdapat dalam kotak besar ini, cara kerja teater ini adalah akan bermain memutarkan musik klasik selama kurang lebih 5 menit, kemudian figur tersebut akan menari dan bergerak layaknya sebuah aktivitas kota pada umumnya, sangat unik dan menghibur. Setelah selesai lagi-lagi ada cipratan air yang tidak jelas datangnya dari mana tiba tiba saja sudah membuat basah para pengunjung.

Ini dia Mechanical Theatre yang terdiri dari 200 figur yang menggambarkan kota Salzburg

Dengan berakhirnya mechanical theatre kita akan jalan sedikit menuju sebuah taman terbuka yang sangat luas dan ini merupakan akhir tur 40 menit kita.  Selain trick fountain ada juga museum yang bisa kita datangi, di museum ini cukup 30 menit saja untuk mengitari nya dan banyak menceritakan sejarah Salzburg. Namun pada saat saya memasuki museum saya baru sadar dan saya memastikan kembali kepada petugas bahwa ternyata istana ini adalah tempat syuting Sound of Music dimana istana ini dijadikan tempat tinggal Kapten Von Trapp cool.

Ekspresi pengunjung yang berusaha menghindari serangan air

Ada beberapa hal yang menurut saya anda sebaiknya berkunjung ke istana ini jika datang ke Salzburg

  1. Unik, menyenangkan dan unik belum pernah saya mendatangi objek wisata yang tidak membosankan dan sangat menghibur ini.
  2. Cocok buat keluarga, apabila anda pergi bersama keluarga wah cocok sekali karena hiburan di sini sangat sesuai untuk keluarga.
  3. Para Guide dan petugas nya sangat ramah dan baik-baik
  4. Sangat cocok jika anda datang pada saat Musim panas karena sesuai tema nya yaitu istana musim panas, namun informasi yang saya dengar bahwa pada saat musim dingin seperti saat ini ada atraksi tambahan yaitu Christmas Market di istana ini.
Taman di belakang istana
Suasana di belakang istana Hellbrun

Saya sangat menikmati kunjungan saya ke istana ini dan saya berhasil tidak kena sedikit pun air pada saat keluar dari istana ini hehehe. Bagi anda yang mau berkunjung ke istana ini jangan lupa bawa baju ganti ya jikalau anda tersiram air.

Ferdi Cullen

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s