Melebur di Kerumunan Chopin Concert di Lazienki Park

Warsaw, 9 Juli 2017, Lazienki Royal Residence Park

Terik Matahari begitu terang, melihat jam ternyata hampir jam 12 dan masih di dalam bus 180 dari Wilanow Palace, dengan semangat membara kala itu saya menuju salah satu taman yang paling luas di Warsaw bernama Lazienki Park. Tujuan utama saya ke taman ini adalah ingin melihat konser musim panas yang menampilkan musik klasik komposer terkenal dari Polandia. Saya penasaran seperti apa konser musim panas yang bertajuk Chopin Concerts itu.

Papan pengumuman konser di Lazeinki Park

Papan Pengumuman Konser di Airport

Tiba dengan berhenti di stasiun bernama “Lazienki Krolewskie” saya langsung bergegas turun dan terlihat gerbang besar menandakan taman besar ini. Menurut sejarah, taman ini didirikan oleh Raja Stanislaw August Poniatowski pada tahun 1764 dan beliau mentransformasi taman ini menjadi sebuah pusat hiburan yang super komplit mulai dari kegiatan fisik warga, tempat nongkrong dengan keluarga dan teman, untuk keluarga kerajaan juga ada dibangun beberapa istana di dalam taman ini, yang paling menarik adalah di dalam taman ini ada Amphitetater nya loh persis seperti yang ada di Italy namun yang ada di sini hanya replika nya. Dua Hal yang menjadi sorotan utama turis ketika mengunjungi taman ini adalah Patung Frederick Chopin dan Istana Di atas Air (Palace on The Water).

Frederic Chopin

Nama Chopin diabadikan menjadi nama bandara di kota ini, tapi siapa sih sebenarnya dia, jika saya kutip dari wikipedia sebagai berikut, Frederic Francois Chopin, adalah seorang pianist musik klasik pada era romantik yang mampu menulis sebuah komposisi indah hanya dengan satu instrumen yaitu piano. Chopin dilahirkan di Warsaw pada tahun 1810 dan meninggal di Paris tahun 1849, keluarga Chopin merupakan keluarga musisi orangtuanya mulai dari ayahnya memainkan biola dan flute, sedangkan ibunya memainkan piano. Pada tahun 1830 puncak kesuksesan Chopin ketika dia menggelar konser bertajuk Piano Concerto E Minor dan Piano Concerto F Minor di hadapan ribuan orang Polandia di Warsaw. Setelah itu dia memilih meninggalkan Warsaw karena situasi politik di Warsaw kala itu sedang tidak bagus, Chopin dikabarkan pergi ke Berlin, Praha, Vienna, Eropa Timur, London dan berakhir di Paris, dalam perjalanan nya beliau banyak bertemu dengan musisi musisi dunia lainya dan bahkan menjadi sahabat akrab Franz Liszt (komposer terkenal Hungaria).

Patung Frederic Chopin yang menjadi main attraction di taman ini

Chopin Concert

Setiap musim panas diadakan perhelatan tahunan di taman ini dimana diadakan konser musik klasik yang menampilkan dua hits Chopin yaitu Piano Concerto E Minor dan Piano Concerto F Minor. Konser ini sendiri dilaksanakan setiap hari minggu selama musim panas dua kali pertama adalah pukul 12 siang dan kedua di sore hari pada pukul 16. Konser ini dimulai tepat 1 Juli dan berakhir pada Akhir september tanda berakhirnya musim panas. Dan yang lebih menyenangkan adalah konser ini GRATIS, jadi selama satu jam kita bisa menikmati konser ini dengan sangat bahagia dan tentunya menyenangkan.

Suasana Keramaian Konser Chopin

Saya datang pukul 12 kurang 10 menit dan saya sangat terkejut ternyata semua orang sudah mengambil posisi mulai dari yang paling dekat dengan panggung. Panggung nya sendiri berdekatan dengan patung besar dan terindah dari Chopin. Panggungnya juga tidak besar dan sama seperti karya Chopin hanya ada piano yang ditutupi oleh sebuah tenda. Saya lihat antusiasme masyarakat disini akan musik klasik sudah sangat luar biasa. Bayangkan saja mulai dari anak-anak, remaja, mahasiswa, bahkan nenek dan kakek duduk santai dan menikmati konser.

Karena tidak kebagian tempat duduk saya akhirnya menonton konser berdiri, awalnya selama 30 menit pertama sang komposer yang infonya merupakan komposer dari Chopin Music University, mulai memainkan komposisi piano klasik, nada-demi nada dimainkan nah pada akhirnya ada sentuhan kolaboratif yang dihasilkan misalnya pada saat saya menyaksikan kala itu adalah sentuhan rock saya kaget banget ada perpaduan musik Chopin dengan rock. Setelah nanya sana sini rupanya memang ini cara yang dilakukan oleh pihak panitia agar mengikuti perkembangan jaman khusus minggu ini rock minggu berikutnya pop dan memang sengaja setiap akhir penampilan akan ada kolaborasi dari musik pop, rock, & jazz, namun sentuhan akhir ini bener- bener nendang menurut saya, saya sampai berdecak kagum.

Konser yang luar biasa syahdu dan tenang sekali

Ada dua hal yang saya pelajari dari konser ini, Pertama walaupun tempatnya open space tapi masyarakat di sini ketika mendengarkan lantunan nada demi nada dari piano klasik sangat tenangggg……. sekali, gak ada sedikit pun mereka bersuara loh, saya aja yang mau menuju ke depan jadi agak grogi saya takut menggangu namun penghargaan mereka terhadap Chopin memang luar biasa. Kedua, dengan begitu banyak nya orang saya salut mereka bawa bekal dan setelah makan atau minum langsung dirapikan lagi jadi setelah selesai konser, taman kembali bersih dan asri, kebayang dong gimana kalau di Indonesia bisa menggunung sampahnya dengan jumlah orang sebanyak ini.

Bunga di taman ini menambah menarik suasana taman

Palace on The Water

Setelah puas menikmati konser Chopin saya pun penasaran dengan Palace on The Water. Lazienki Palace ini merupakan istana yang menjadi semacam bathhouse para raja-raja poland jika musim panas, dikatakan di atas air karena memang dibangun di atas pulau buatan. Arsitektur dari istana ini mengacu kepada arsitektur Roman karena banyak sekali patung dewa-dewi mitologi Romawi di sini. Istana ini dibangun di abad ke 17, namun danau nya itu menurut saya sangat asri serta sejuk sekali menikmati semilir angin di dekat istana ini. Bayangkan saja ketika itu suhunya 30 derajat dan sama sekali tidak  kepanasan.

Amphiteater ala Roman Empire

Palace on The Water

Suasana di halaman Palace on The Water

Sangat nyaman duduk seharian di danau menghadap istana ini

Ada juga beberapa orang menikmati perahu di danau

Selesai menikmati keindahan Palace on The Water, saya pun bergegas kembali ternyata waktu sudah menunjukan pukul 15.00 gak terasa ya habis nonton konser terus duduk di taman bablas deh udah sore, segera harus kembali ke kota tua nih. Taman ini luas banget dan sempat nyasar sih karena melewati beberapa istana lagi dan benar-benar seperti labirin, dan apesnya saya lupa ambil peta di pusat informasi di depan karena tersihir dengan alunan piano Chopin akhirnya setelah tanya sana sini ada dan sempat mampir di kedai ice cream karena capek banget melintasi taman yang pohon-pohonnya masih kuat ini.  Anehnya gak banyak loh polisi atau penjaga taman yang berkeliling di taman ini saya pikir ini merupakan kekurangan nya taman ini, kalau ada apa apa sama pengunjung gimana coba, ditambah peta umum cuman ada beberapa juga namun saya berpikir lagi mungkin karena hari minggu kali ya gak semua petugas bertugas ada sebagian yang libur kali ya. Akhirnya ketemu juga stasiun bus kecil yang terdapat di salah satu pintu keluar taman ini, bayangkan sudah jam 16.00 satu jam nyasar mondar mandir di taman yang luasnya seperti taman nasional leuser ini.

Akhirnya nyasar deh

Fasilitas Peta di taman ini sedikit kurang harusnya di setiap sudut ada nih

Pada saat kesasar ketemu istana kecil yang cantik cantik

Akan tetapi taman ini tetap worth it dikunjungi terutama di musim panas apalagi dengan konser musik klasik nya yang keren abis. Namun tips dari saya adalah jika anda mau masuk taman ini jangan lupa ambil peta dulu ya di pusat informasi di depan biar gak nyasar kayak saya. Dengan menaiki bus yang sama yaitu bus terbaik di kota ini hehehe yaitu bus 180 saya pun kembali ke Stare Miasto dengan terngiang alunan concerto dari Chopin .

Ferdi Cullen

2 comments

  1. I very much enjoy your pictures! Fantastic.

    Like

    1. Thank You for visited my blog

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: