Hal UNIK di PRAHA

Praha, Juli 2017

Perjalanan ke Praha adalah salah satu perjalanan saya yang tidak terlupakan. Pasalnya saya menemukan beberapa hal unik dan menarik selama saya berada di kota fairytale ini. Pada dasarnya memang kota ini adalah kota yang sangat unik, ada ratusan bahkan ribuan hal unik yang bisa dilihat dan dialami oleh turis. Akan tetapi saya merangkum memang hanya yang kebetulan yang saya lihat dan temukan saja. Jika anda punya hal unik lain yang juga anda temukan selama berada di Praha silahkan isikan di kolom komentar Terima kasih.

Praha sebuah kota yang memang orang-orangnya kreatif saya pikir

1. The Boy with Golden Penis 

Judulnya memang agak sedikit kontroversial saya mohon maaf namun begitulah yang saya temukan di hari pertama saya di kota ini. Awalnya saya memutuskan untuk memanjat Prague Castle di sore hari itu karena saya pikir sebagai tempat yang tourisity pastinya waktu sore akan sedikit orang datang ke lokasi ini, dan ketika sudah berada di kompleks Prague Castle, saya menemukan sebuah patung aneh yang mana ada beberapa orang mengelilingi nya.

The Boy With Golden Penis, Kontroversial memang

Patung berbentuk seorang anak remaja laki-laki kurus ceking tidak mengenakan pakaian sedikit pun, dimana hal yang unik adalah bagian kelamin dari si remaja tersebut dibuat berwarna kuning keemasan. Agak weirdo memang tapi hal ini cukup attraktiv, pasalnya ada lumayan beberapa turis sore itu yang berfoto selfie dengan sang patung. Usut punya usut ternyata patung ini disebut dengan “Youth” ciptaan seorang pematung terkenal asal Czech, Milos Zet. Patung ini dikabarkan, jika kita memegang “The Golden Penis” tersebut akan mendatangkan keberuntungan bagi siapa pun yang menyentuh nya wow makin aneh jadinya ya. Jika anda ingin melihat patung ini atau bahkan ingin mencoba keberuntungan. silahkan, cara mudah anda temukan saja di Prague Castle, Toy Museum, patung ini berada di halaman museum tersebut.

2. The Golden Lane : Alchemist House

Masih di sekitaran Prague Castle, ada sebuah kompleks perumahan yang menurut saya sangat unik, yaitu perumahan berwarna warni tapi pintunya kecil-kecil seakan akan rumah para dwarf atau hobbit saja. Yang menarik dari rumah ini adalah mirip dengan Dwarf House atau rumah kurcaci karena memang pintu nya kecil-kecil dan seukuran saya memang hehehe, hal ini di luar normal ukuran warga Eropa yang memang biasanya bertubuh besar. Ada anggapan juga kalau para alkemis dulunya pernah tinggal di rumah ini dan mereka adalah orang-orang kerdil seperti dwarf atau hobbit gitu . Namun itu hanya lah legenda, yang sangat terkenal maka nya The Golden Lane ini disebut Alchemist House

Kompleks perumahan warna warni dan indah sekali

Rumah-rumah ini ditinggali oleh para penjaga istana bersama keluarganya, kabarnya pintunya yang kecil memang sengaja dirancang agar para penjaga selalu menunduk dan mengingat bahwa mereka memang harus tunduk dengan sang Raja. yang menarik selain kisah para alkemis adalah kompleks ini merupakan kompleks perumahan terkecil yang tertua di dunia loh jadi sangat menarik sekali untuk dikunjungi selain kompleks nya yang bersih rumah-rumahnya juga lebih berwarna dan berbeda dengan khas rumah Bohemian pada umumnya.

Jika anda tertarik kemari ada tips, yaitu untuk berkunjung ke tempat ini sebenarnya harus menggunakan tiket namun jika anda datang pada pukul 18.00 ke atas, pengunjung bisa masuk dengan gratis. Lokasi Golden Lane ada di kompleks Prague Castle.

3. Lennon Wall

Praha memang kota yang unik, bahkan sangking uniknya saya dapat katakan mereka kreatif. John Lennon, siapa yang tidak kenal dengan musisi dari the Beatles ini, di Praha terdapat sebuah grafiti wall yang didedikasikan oleh penggemar personil The Beatles ini. Yang menarik adalah sebenarnya tembok ini dipenuhi bukan oleh kisah John Lennon tapi malahan ditulis oleh para anak muda yang kesal dengan rezim komunisme di era 80 an. So kalau boleh saya simpulkan sangat sedikit hubunganya dengan John Lennon kan dan menurut saya unik dan aneh.

Para Turis Berselfie di Lennon Wall

 

Tembok ini mulai ditulis oleh anak muda Praha pada tahun 1981 dimana mereka terinspirasi dari lagu John Lennon bersama The Beatles tentang perdamaian. Banyak coretan tentang perang, kisah pahit era komunis, bahkan ada makian dan kata-kata yang tidak senonoh saya lihat di tembok ini. Saya maklum karena begitulah perasaan anak muda di era komunis tahun 80 an dulu dimana mereka tidak punya media untuk menyalurkan hasrat mereka beropini dan terima kasih buat John Lennon yang walaupun dia bahkan tidak tahu bahwa ada penggemarnya yang membuat Lennon Wall ini, saat ini tembok ini  menjadi salah satu atraksi turis favorit.

John Lennon, namanya diabadikan di tembok unik di Praha ini

Ketika berada di tembok ini, penuh dengan beberapa turis yang mencoba selfie dengan tembok legendaris ini. Jika anda ingin kemari lokasi tembok agak tricky saya rasa berada tepat di samping Charles Bridge arah Prague Castle, silahkan anda bertanya kepada penduduk lokal yang baik baik ini agar bisa mendapat arah yang tepat. Lokasi yang tricky memang disinyalir sebagai salah satu cara untuk rezim komunis tidak mengetahui keberadaan Lennon wall ini kala itu, sebab di sini banyak bentuk tulisan yang mengekspresikan kekesalan warga terhadap rezim komunis.

Tembok ini adalah lambang ekspresi anak muda di era komunis banyak curhatan mereka di sini

4. Statue of St. John of Nepomuk in Charles Bridge

Anda ingin kembali lagi ke Praha, jangan lupa untuk datangi salah satu patung indah di Charles Bridge berikut yaitu Patung St. John of Nepomuk. Cara menemukan patung ini, anda tinggal menghitung patung ke delapan dari ujung Charles Bridge yang mulai dari Old Town Square mengarah ke Prague Castle. Ciri Khas patung ini adalah satu-satunya patung yang menggunakan bulatan kuning keemasan. Kabarnya jika anda berhasil menyentuh patung ini di bagian bawah nya dimana ada sebuah plakat  batu yang juga berwarna keemasan maka anda dipastikan akan kembali ke Praha.

Jangan lupa berkunjung dan berkesempatan memagang plakat di bawah patung ini agar bisa kembali ke Praha

Karena saya ingin kembali ke kota indah ini, saya memutuskan ikut mengantri untuk menyentuh plakat ini dan rasanya memang sangat hangat sekali seakan akan ada magnetic field gitu yah boleh percaya boleh tidak terserah kepada anda. Namun kisah ini cukup banyak meyakinkan turis karena tetap ada antrian turis baik itu Asia, Eropa, bahkan orang Amerika yang rela mengantri untuk menyentuh plakat keemasan ini. Selain tentang anda kembali ke Praha lagi, ada kelebihan lain jika menyentuh plakat keemasan ini yaitu anda juga bisa mendapat rejeki bagus dan juga dipecaya bagi yang single bisa mendapatkan pasangan. Silahkan boleh percaya boleh tidak.

Mudah-mudahan bisa balik ke Praha Amin

5. The Narrowest Street in The World 

Pernah membayangkan tidak bagaimana jalan tersempit di dunia itu. Jawabannya ada di Praha, tidak jauh dari Charles Bridge yang menuju ke Prague Castle, saya menemukan sebuah jalan yang sangat sempit dengan lebar hanya 50 cm. Saya tidak habis pikir kreativitas warga Bohemian ini, karena sangking sempitnya maka agar tetap dapat bermanfaat dibuat sebuah tanda lampu lalu lintas merah dan hijau.

Jalan selebar 50 cm ini diklaim sebagai The Narrowest Street in The world loh

Lampu Merah, sabar ya tunggu dari sebelah jalan jangan lupa pencet tombol

Lokasi di Google Map untuk Jalan tersempit

Jika berwarna merah maka sisi satu tidak boleh jalan, sisi kedua yang berjalan, setelah selesai berwarna hijau maka sisi satu nya baru bisa berjalan. Ini adalah hal yang paling luar biasa yang pernah saya temui bagaimana tidak  aktivitas di jalan ini dapat dikatakan cukup banyak yang melalui nya. Namun apakah pernah ya ada orang yang bertabrakan di sini hehehe saya tidak habis pikir karena kalau bertabrakan maka agak sulit loh buat kita balik badan kecuali jalan mundur  so don’t do that jangan lupa untuk selalu menekan tombol lampu. Dan tentunya setiap satu menit lampu lalu lintas akan berubah dari warna hijau ke merah. Sangat menyenangkan sekali bisa melihat jalan ini terima kasih Praha. Jika anda ingin berkunjung kesini anda bisa turun dari Charles Bridge yang menuju ke Prague Castle cari jalan besar bernama U Luzickeho Seminare, tepat di sebelah kanan berhimpitan dengaan rumah rumah pay attention agar tidak terlewat karena mudah sekali terlewati, jaraknya tidak begitu jauh dari ujung Charles Bridge.

Lampu Hijau silahkan jalan

6. Bata from Prague

Untuk yang satu ini terus terang saya pun memang tidak tahu, selama ini stereotip Sepatu Bata adalah milik bangsa sendiri dan ternyata saya salah, saya beberapa hari lalu memasang polling di twitter saya pengen tahu saja apakah memang cuman saya yang tidak tahu bahwa Bata berasal dari Praha. Namun tidak tentunya hampir 80% dari hasil polling menyatakan bahwa merk Bata asli Indonesia. Oleh sebab itu saya memasukan tulisan berikut sebagai hal unik yang saya temui Praha karena ya saya baru tau kalau Bata adalah asli Czech Republik dan merupakan produk Bohemia. Sekalian nambah wawasan bahwa sepatu yang selama ini kita pakai adalah sepatu khas Bohemia. Anda bisa lihat di situs wikipedia yang saya kutip berikut

Bata berasal dari Praha

Ketika saya melewati Wencelas Square saya kaget banget melihat ada toko Sepatu Bata yang outletnya sangat berlimpah di Indonesia, begitupun juga dengan di Praha banyak sekali outlet Bata yang bisa kita temui salah satu nya adalah di Wencelas Square ini. Luar biasa memang kesalahan saya selama ini, namun dengan demikian saya tetap menjadi pelanggan setia Bata terima kasih Bata Shoe.

7. Dancing House

Selain jajaran arsitektur Baroque, Art Nouveau, dan Gothic, ada satu bangunan yang melambangkan modernisme arsitektur di Praha. Bangunan ini adalah Dancing House, bangunan yang dibangun di era kejatuhan komunis yaitu awal 90 an merupakan sebuah lambang kebangkitan Praha sekaligus keterbukaan mereka terhadap dunia.

Dancing House lambang arsitektur modern di Praha

Dancing House dibangun pada tahun 1992 dan selesai pada tahun 1996, struktur bangunan ini sangat menarik dan unik bahkan menjadi salah satu bangunan paling unik di dunia. Designer bangunan ini adalah Vlado Milunic seorang arsitek yang sampai meminta ijin kepada presiden Vaclav Havel kala itu untuk membangun Dancing House ini. Hal ini dilakukanya karena bangunan ini adalah bangunan pertama yang lepas dari kesan gothic atau art nouveau yang melekat selama ini di Praha. Dan sang presiden memberikan ijin syukurnya sehingga bangunan ini sekarang ada berdiri kokoh bisa kita saksikan bersama.

Sekilas memang bangunan ini mirip seperti angin topan saya rasa, dengan banyak sekali jendela yang tenyata adalah kaca-kaca yang membentuk pola ada kurang lebih 99 panel kaca yang saling merangkai membentuk keindahan dari bangunan ini. Bangunan ini digunakan untuk Cultural Activity dan merupakan salah satu tempat yang bisa digunakan jika warga Praha ada perhelatan budaya. Sangat menyenangkan sekali bisa melihat bangunan yang melambangkan arsitektur modern di Praha ini.

8. The Dead Horse Upside Down

The last thing that unique in Praha adalah patung the Dead Horse Upside Down. jika anda berkunjung ke Wencelas Square sebuah pusat kota yang sangat ramai dikunjungi wisatawan, ada satu patung besar yang menandakan St. Wencelas salah satu orang suci sekaligus Raja di Praha. Namun sebagai counterpart dari patung yang megah tersebut ada satu patung lagi yang sebenarnya merupakan patung yang mengkerdilkan sang orang suci yang disebut The Dead Horse Upside Down.

Patung Kehormatan untuk St. Wencelas di tengah Wencelas Square

Lucerna Palace, salah satu mall gothic di Praha

Tidak jauh dari Wencelas Square, ada sebuah mall yang dari luar gak nampak sebuah mall  bernama Lucerna Palace. Tempat ini tepatnya di aula ada sebuah patung unik dimana St. Wencelas menunggangi sebuah kuda yang sudah mati namun terbalik, jadi St wencelas tepat berada di tengah sang kuda. Konon patung ini dibuat karena ada sebuah kontroversi yang dilakukan oleh St. Wencelas yang sepatutnya tidak dilakukan oleh orang suci dari Praha ini. Sebagai bentuk kekecewaan maka sang pematung David Cerny membuat patung ini, namun tidak jelas juga motif dari sang pemahat menghina sang raja suci ini dengan tujuan apa. Selain itu Lucerna Palace sebagai salah satu mall yang sangat gothic merupakan mall favorit saya di Prague bentuk nya benar-benar art nouveau ditambah atraksi patung ini jadi anda sebaiknya datang ke Lucerna Palace yang tidak jauh Wencelas Square ini.

Upside Down Dead Horse, sebuah patung St. Wencelas yang contrast dengan patung yang ada di Wencelas Square

Suasana Wencelas Square hari itu

Demikian hal-hal unik yang saya temukan selama berada di Praha sekali lagi jika ada hal unik yang pernah Anda temui di Praha jangan lupa komentar di bawah ya, komentar lain selain tentang Praha juga terbuka. Terima kasih

Ferdi Cullen

 

 

4 comments

  1. Bata di PRague itu beneran menarik bgt haha

    Like

    1. iya kak noni, gak nyangka sekali pokoknya

      Like

    1. Terima kasih

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: