The Terminal : Kreativitas Saat di Bandara

Day 9 : A Movie That You Know Practically The Whole Script Of

Hello Im back again, still with the movie challenge, kali ini memang agak bingung dengan tantangan di hari kesembilan saya menulis tentang perfilman ini. Akhirnya saya memilih film The Terminal sebagai film yang saya rasa saya sangat tahu banget merasakan sesuai dengan karakter dan script yang diceritakan. Jadi jika dihitung saya sudah 11 kali lihat film ini sejak film ini dirilis tahun 2004. Mau tau lebih lanjut ayo mari kita bahas.

Film ini memang udah lama sekali yaitu tahun 2004, merupakan genre film komedi, dan merupakan salah satu karya besar dari Steven Spielberg. Sudah pasti pada kenal dong dengan nama Spielberg dengan film besarnya, namun di film ini Spielberg mencoba tantangan baru melalui genre komedi dan setting filmnya itu loh. Tahukan kamu apa itu setting filmnya, yup kalau sudah baca resensi nya pasti tahu yaitu Bandara John F Kennedy di New York. Bayangkan saja bandara yang menjadi top destination in the world kala itu dijadikan miniaturnya oleh Spielberg dengan sangat persis sama 100% sama persis.

Ceritanya juga sangat unik diperankan oleh artis papan atas Tom Hanks. Duh perpaduan yang luar biasa bukan antara Tom Hanks dan Spielberg. Nah ceritanya adalah Tom Hanks memerankan Victor Navorski seorang traveller dari negara Krakozia namun nasib buruk terjadi di tengah perjalanan nya menuju ke New York yang menghabiskan hampir 24 jam penerbangan itu, negara nya mengalami kudeta sehingga terjadi kejatuhan kedaulatan kenegaraan sehingga dalam status internasional negaranya sudah tidak ada lagi. Ketika Navorski tiba, dia tidak tahu menahu mengenai kondisi tersebut dan dengan santainya menuju ke imigrasi namun Visa dan pasportnya dinyatakan tidak berlaku. Wah saya kebetulan seorang Traveller dan pastinya ini adalah sebuah mimpi buruk bagi semua traveller.

Sejak itu Navorski yang tidak bisa dipulangkan ke Krakozia dan sekaligus tidak diijinkan masuk ke Amerika, dia hanya boleh berkeliling di Bandara JFK sampai ada kepastian dari negaranya bagaimana nasib warga negara nya di dunia internasional. Dimulailah petualangan Navorski yang sangat unik sekali, di bandara JFK mulai dari dia membantu kisah cinta seorang petugas imigrasi, mencari pekerjaan di bandara, membantu para penumpang, sampai percintaan nya dengan seorang pramugari.

Hmm sedikit rahasia dulu waktu saya masih mahasiswa ini merupakan salah satu film favorit saya dan ada beberapa kali saya tonton sehingga saya terinspirasi mau jadi traveller ingin banget merasakan gimana transit di bandara sekelas JFK alhamdulillah walupun belum sampai ke JFK akhirnya hal tersebut tercapai saat ini saya sudah keliling 22 negara. Insyaallah bisa ke JFK Amin. Ok itu lah diasedikit nostagia saya dengan film yang luar biasa ini.

Konflik pun terjadi, kepala imigrasi yang diperankan oleh Stanley Tucci tidak senang dengan keberadaan Navorski, dia merasa tidak sabar menunggu apalagi di film ini Navorski menunggu sampai 7 bulan wow bayangkan saja 7 bulan hanya bisa keliling terminal transit doang. Tucci yang memerankan Mr. Dixon ini mencari cari apapun agar Navorski bisa keluar dari bandara itu, misalnya membuat Navorski dipecat dari pekerjaan nya di bandara, kemudian membuat agar Navorski secara diam-diam melintas pintu pintu darurat yang sengaja dibuat tidak berkunci agar dia menjadi kriminal dan ditangkap polisi. Namun apapun yang dilakukan oleh Dixon selalu gagal. Navorski merupakan karakter yang jujur dan lugu yang membuat dia jadi terselematkan.

Banyak adegan yang sangat berkesan bagi saya di film ini sehingga dapat saya katakan saya sangat memahami film ini dengan baik. Apa saja sebagai berikut :

  1. Adegan Navorksi bersama Petugas Imigrasi dengan kata khas nya :”Next”

Heheheh adegan ini adalah yang paling lucu saya rasa, apalagi sang petugas imigrasi diperankan sama Zoe Saldana udah tau kan siapa doi yup Gamora di Guardian of The Galaxy, kalau gak salah ini sebelum dia di film Avatar jadi masih muda banget lah dia kala itu, saya malah tidak mengenali dia ketika di GTG. Ciri khas wajah Zoe yang memang kaku dan keras sama seperti karakter nya di GTG atau Avatar membuat gadis ini khas banget dengan kejutekan serta keseriusan para petugas imigrasi yang sering saya lihat di bandara yang memang sepertinya mereka gak boleh positif thinking harus selalu tegas dan Next… Next….

 

2. Adegan mandi ala kadar di Bandara

Nah kalo ini saya pernah lihat jadi ada bandara yang memang belum memberikan kelengkapan fasilitas shower sehingga ada beberapa orang yang memang hanya mandi ala kadar pakai buka baju atas saja untuk membersihkan bagian atasnya di wastafel hehehe. Namun saya gak percaya masa sekelas JFK gak ada fasilitas shower ya atau mungkin yang dimaksud di film ini adalah Navorski belum berpengalaman untuk masalah mandi di bandara namun adegan ini membuat saya terpingkal pingkal.

3.  Adegan Navorski Makan hemat,

Heheheh saya gak menampik saya pernah melakukan ini dan ide saya memang dari film ini dimana saya menggabungkan beberapa biskuit yang ada stok nya saya bawa dari Indonesia dan jadilah sandwich hehehe, kemarin hal ini terjadi karena saya kehabisan duit di bandara dan karena sudah waktu pulang malas banget mau narik lagi di ATM nanti malah jadi pengen belanja banyak kan hehehe jadi ya hehehe makan hemat deh dengan campuran biskuit jadi sandwich.

4. Adegan Tidur di Bench Ruang Tunggu

Gak tau juga ya apakah mungkin di era 2000 an fasilitas bandara belum selengkap sekarang ya, atau memang seperti poin 2 Navorski agak kalut jadi melakukan apa saja yang rasa dia bisa dilakukan. Jika sekarang kalau mau tidur pastinya ada khusus di bandara bandara internasional sekelas Changi Singapore, yaitu sebuah bench khusus untuk para traveller. Namun lucunya di film ini Navorksi menarik beberapa bench dan dijadikan satu menjadi tempat tidur.

5. Ngumpulin Trolley dapat 25 Cent 

Ini sebenarnya belum pernah saya lihat dan ketika saya mau coba gak ada kayaknya yang kayak gini hehehe, jadi Navorski semacam mengambil masing-masing trolley orang-orang dan siapa yang menaruh nya bakal dapat duit tips gitu 25 cent wow betapa luar biasa Navorski langsung ambil puluhan trolley dan akhirnya dia dapat makan Burger King hehehe lucu banget loh tapi Smart lohhh….

Totally Creative dan menjadi traveller memang harus Kreatif, bahkan kalau bisa sangat kreatif kita gak pernah tahu tantangan apa yang akan kita jumpai baik itu di bandara ataupun di negara yang kita tuju. So Be Crative you all traveller out there. Pelajaran yang sangat bagus dari film Terminal ini bagi yang belum nonton yuk segera nonton film lama yang dijamin masih bikin kita ketawa dan bagi yang sudah nonton bagaimana menurut kalian isi dong di komentar di bawah. Demikian hari kesembilan completed.

Ferdi Cullen

 

2 comments

  1. Kamu masih ngeblog film, ihhhh keren + rajin hehe

    Like

    1. Iya mbak noni asyik juga ternyata hehehe

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: