Les Miserables (2012) : Film Tersedih Yang Pernah Ada

Day 8 : A Movie That Makes You Sad

Di Hari kedelapan saya menulis tentang perfilman ini saya memilih satu buah film yang menurut saya sedih banget. Bersetting di negara Eropa yaitu Perancis pasca Revolusi Perancis, film Les Miserables (2012) merupakan film yang cukup menyayat hati. Dari judulnya saja artinya adalah “Penderitaan” (Les Miserables) yang diambil dari bahasa Perancis. Bayangkan saja setiap adegan dan dialog di film ini menyatakan kekejaman dan kepahitan hidup terutama di negeri yang sedang bergejolak kala itu di Perancis.

Lambang teater Musikal Les Miserables yaitu Cossete gadis yang harus menghadapi kekejaman Perancis

Film ini diperankan oleh Hugh Jackman sebagai Jean Valjean, yang mencoba peran di film drama walaupun identitas Wolverine nya masih terasa kental. Kemudian ada aktris Anne Hathaway sebagai Fantine, dan Russel Crowe sebagai Inspector Javert. Selain nama itu, saya baru ngeh ketika nonton film ini yang ketiga kalinya bahwa Eddie Redmayne juga main di film ini sebagai Marius Pontmercy. Banyak lagi bintang bersinar lainnya seperti Amanda Seyfried, Sacha Baron Cohen, dan ada juga si cantik Helena Bonham Carter.

Akting Hugh Jackman di sini sangat memukau dia berhasil lepas dari sosok Wolverine yang selama ini dia sandang

Berdasarkan info dari wikipedia film ini diadaptasi dari pentas musikal yang diangkat dari novel karya Victor Hugo. Dari awal film kita sudah disuguhkan oleh sebuah fakta yang sangat menyakitkan dimana Jean Valjean harus merasakan hukuman penjara 19 tahun penjara karena mencuri roti. Belum lagi kisah Fantine yang mempunyai anak di luar pernikahan, dia selalu dicemooh dan dianggap wanita tuna susila. Belum lagi kisah Fantine yang akhirnya harus menjadi wanita tuna susila yang sesungguhnya untuk membiayai kehidupan anak semata wayangnya Cossete. Dan belum lagi Fantine yang harus merasakan penganiyaan sampai akhirnya dia tewas akibat pekerjaan barunya itu. Banyak sekali lah kepahitan hidup yang tergambarkan dan terlukiskan di film ini.

Lagu yang dinyanyikan oleh Anne Hathaway benar benar memukau dan mampu membuat kita menangis

Yang paling saya sukai di film ini adalah karakter Gavroche seorang anak kecil yang diperankan oleh Daniel Huttlestone. Saya melihat Gavroche ini sebagai seorang yang sangat berani walaupun dirinya masih kecil dan seharusnya mengecam pendidikan formal di sekolah namun karena kerasnya hidup di Paris kala itu mengharuskan seorang anak seperti Gavroche terjun ke jalan melakukan kejahatan dan berjuang bersama para aktivis revolusi. Gavroche mengambarkan sebuah implikasi politik dari rakyat jelata, artinya nyanyian dan dialog yang disampaikan Gavroche mengambarkan situasional aspirasi masyarakat bawah kala itu. Pahitnya adalah anak seperti Gavroche yang mungkin akan sangat jarang kita temui saat ini harus bernasib pahit yaitu tewas ditembak oleh militer Perancis pada saat adegan hari kudeta. Jujur saya sedih banget melihat Gavroche harus bernasib naas seperti itu.

Jika anda tidak  biasa lihat opera mungkin anda tidak akan menyukai film ini. Dari awal sampai dengan akhir adegan demi adegan adalah bernyanyi terus gak henti hentinya. Namun jika anda sudah biasa dengan pentas opera atau musikal saya yakin film ini akan menjadi film paling favorit Anda.

Banyak sekali yang bisa kita pelajari di film ini ya beberapa yang berhasil saya pelajari adalah Tanggung Jawab dan Semangat Berjuang yang digambarkan oleh Jean Valjean, Gavroche, Fantine, sampai Marius yang diperankan oleh Eddie Redmayne. Kita juga mempelajari betapa hidup itu tidak selamanya indah namun dengan bersyukur pasti semua akan indah pada waktunya.

Udah deh jangan sedih terus yang penting film ini bener-bener film yang luar biasa walaupun sedihnya juga sangat kentara. Buktinya film ini berhasil meraih banyak penghargaan loh, terutama akting Anne Hathaway yang berhasil menyandang predikat Best Supporting Actress di ajang Academy Awards tahun 2013.

Dan terakhir saya tampilkan foto saya ketika berada di Les Miserables London yaitu salah satu teater yang official melakaukan pemutaran musical show Les Miserables di London (51 Shaftesbury Avenue, London) sebuah pengalaman yang luar biasa saya bisa berfoto di depan teater yang menyuguhkan sebuah arti kehidupan sini mudah-mudahan next time ke London harus nonton ini drama musikal nya Amin amin amin.

Demikian review film di hari kedelapanya dan siap menuju dua puluh dua hari lagi.

Ferdi Cullen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: