The Conjuring : Era Baru Horror Movie

Day 4 : A Favorite Horror or Suspense Movie

Beberapa tahun terakhir ini film horor banyak sekali mengandrungi kembali layar bioskop dunia, sebelumnya sempat vakum dikarenakan tidak adanya sebuah film horor yang cukup mumpuni dan mampu memberikan nuansa baru, nah ada satu film yang menurut saya adalah sebuah era baru dalam dunia perfilman Horor dan menjadi favorit saya yaitu The Conjuring.

Terus terang saya nonton film ini sudah 5X ditambah sequelnya yaitu Conjuring 2 juga sudah masuk 4X. Setiap kesempatan saya menonton film ini saya gak berhenti merinding padahal udah tahu  bakalan ada adegan kejutan ini itu, tapi tetap aja saya merinding hehehehe.

Setelah saya coba review sebenarnya apa sih yang membuat saya mengatakan ini era baru dunia horor. Beberapa hal yang menjadi concern saya adalah kurang beragam nya kisah horror Hollywood, sebelum adanya Conjuring mungkin kita sudah pernah mendengar adanya film Scream di era 90 an atau bahkan Nightmare on the Elm Street atau bahkan Final Destination sampai Wrong Turn yang aduh menurut saya hancur banget deh karena lebih menunjukkan aspek komersial dengan pemeran yang cantik, seksi dan ada sedikit semi pornografi nya juga ini lah yang akhirnya merusak film horor itu (mohon maaf ini menurut pendapat saya). Untuk Scream sendiri adalah sebuah cerita dimana tema utamanya adalah logika, jadi sebenarnya saya kurang suka kalau ini dikaitkan dengan horor mungkin thriller lebih cocok ya, saya memang kurang suka kalau yang kisah pembunuhan dilatarbelakangi oleh seorang penjahat yang cerdas tapi mempunyai kelainan jiwa menjadikan dia pura pura  jadi hantu eh akhirnya ketahuan namun lagi-lagi efek mistisnya tidak terlihat.

Patrick Wilson dan Vera Farmiga

Khusus negara Asia sudah lama menerapkan konsep Horor yang berasal dari dunia mistis sebut saja Jepang dan Indonesia, kedua negara ini kita mengenal ada The Ring, Sadako, Kayako, bahkan di Indonesia ada Jelangkung sampai kisah horor dari si Ratu Horor Alm. Suzanna sehingga sudah lumrah jika di Asia namun sayangnya efek horor yang mereka buat kurang maksimal sehingga di dunia film-film ini hanya mendapat sedikit apresiasi. Khusus horor Jepang juga pernah memasuki Hollywood dengan sebuah remake versi western nya namun menurut saya lagi lagi remake tersebut kurang maksimal malah lebih serem versi Jepangnya.

Nah apa yang baru dari Conjuring, Pertama adalah kisah nyata, jadi dua dari film Conjuring saat ini adalah berangkat dari kisah nyata. Conjuring pertama merupakan kisah nyata Lorraine Warren seorang paranormal di Amerika dan suaminya dalam membantu orang-orang yang mengalami gangguan mistis di sebuah peternakan kecil di Rhodes Island kemudian kisah sekuelnya Conjuring menceritakan fenomena horor kisah nyata yang paling terkenal di London yaitu Poltergeist in Endfield. Walaupun hanya 50% saja film ini mengambil tema kejadian serupa karena ada beberapa scene dan karakter yang memang ditambahkan dan merupakan buah karya sang Sutradara James Wan. Kedua, selain kisah nyata adalah special effect suspension nya yang simpel tapi menyeramkan, tanpa mengunakan efek visual yang canggih sebagaimana yang sudah dilakukan di film horor lainnya. Salah satu efek simpel yang saya maksud adalah seperti suara pintu, suara langkah kaki, bunyi jendela tua, jam kuno , sampai bunyi tangga semua nya tampak begitu sempurna dan mampu membuat kejutan yang pas sekali sehingga para penonton kaget. Hal ini sebenarnya sudah ada lama di Indonesia namun kayaknya mungkin kurang kreatif aja kali ya visual nya sehingga jauh lebih menarik yang dibuat oleh James Wan ini.

Kabarnya James Wan akan  membuat lagi dan bahkan ada beberapa karakter mistis malah dibuat filmnya tersendiri. Salah Satunya adalah boneka Annabelle yang akan dibuat film nya yaitu Annabelle : Creation dan tokoh yang paling digandrungi di Conjuring 2 yaitu seorang biarawati bernama Valak yang akan dibuat filmnya juga berjudul The Nun. Yup untuk yang dua film yang akan dibuat ini sudah rekayasa sih tapi mudah-mudahan dengan ada nya efek suspension yang simpel tadi tetap memikat hati saya.

Fenomena sosial pun terjadi di Indonesia kala film ini menjadi hits, bayangkan saja pada saat saya menonton film ini di bioskop banyak anak muda dan anak gaul kota Medan pada teriak teriak riwuh pokoknya. Selain itu bermunculan juga banyak meme atau sebuah parodi dengan text message di sosial media Indonesia mulai dari Instagram, Path, dan twitter. Semua meme tersebut mengambil beberapa adegan di film yang ditambah dengan sebuah text message dan jadinya memang lucu banget hehehe makin kreatif memang orang Indonesia.

Salah Satu Meme Conjuring 2

Saya suka banget dengan pasangan Warren yang diperankan oleh Patrick Wilson dan Vera Farmiga, mereka benar-benar ramah dan baik, setiap ada kasus mereka dengan empati melakukan pendekatan kemudian aspek keluarga juga sering ditonjolkan di film ini, nah ini satu lagi yang tidak ada di film horor lainya, dimana maksud saya adalah aspek keluarga merupakan sebuah hal yang positif yang sangat membantu dalam mengatasi segala fenomena negatif yang terjadi di film tersebut. Overall this is the best horror movie menurut perspektif saya.

Sebagai contoh ada adegan dimana Ed mencoba memberikan kebahagiaan kembali di Enfield, setelah para anak-anak ditinggalkan oleh ayah mereka dengan cara menyanyikan lagu Elvis Presley di Conjuring 2. Kemudian betapa Lorraine mengingatkan kepada keluarga Perron di Conjuring 1 bahwa mereka harus ingat dengan momen paling bahagia yang pernah mereka miliki yaitu saat bertamasya ke pantai sebagai kekuatan dalam melawan roh jahat awesome bukan.

Empati dan Kekeluargaan adalah hal yang sangat positif dalam film ini

Hupp sudah empat hari done ya challenge nya

Tetap Semangat masih ada 26 hari lagi…

2 comments

  1. Nggak berani liat saya 😂 kalau pun lihat,, pasti bareng-bareng atau efek suara di matikan biar nggak kebawa mimpi 😂 😂

    Like

    1. Iya memang serem banget ya kak, aku pun juga deg degan terus kalau nonton ini bahkan sampai yang ketiga kali nya aku nonton ini pun masih tetap kaget denger suara di setiap adegan nya

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: