Petualangan di Situs Warisan Dunia Part 1

Pada bulan Maret yang lalu saya berkunjung ke salah satu World Heritage List yang diakui oleh sebuah badan PBB bernama UNESCO yaitu Melaka. Setelah saya berkunjung ke kota World heritage tersebut maka saya terinspirasi untuk membuat cerita tentang beberapa World Heritage List yang sudah pernah saya kunjungi. Dan kali ini saya akan menceritakan perjalanan saya ke World Heritage di dua negeri yang berdekatan yaitu Indonesia dan Australia.

Berdasarkan web berikut ternyata ada banyak sekali World Heritage List yang sudah diklaim oleh UNESCO ini. Menurut wikipedia definisi dari World Heritage List atau disebut dengan Situs Warisan Dunia adalah sebuah tempat khusus baik alam (taman nasional, pegunungan, danau, gurun pasir), bangunan, kota, pedesaan, kompleks areal, yang mempunyai nilai-nilai universal yang dapat diwariskan kepada generasi selanjutnya. Nilai-nilai universal bisa macam-macam seperti sejarah, budaya, inovasi, maupun keindahan alamnya yang luar biasa.

Saya akan membahas pertama kali yaitu Situs Warisan Dunia yang ada di Indonesia terlebih dahulu. Berdasarkan list di web UNESCO ternyata masih sangat sedikit sekali ya ada 8 padahal Indonesia ini begitu luas dan banyak sekali situs warisan bangsa yang cukup unik dan menjual untuk dijadikan situs warisan dunia, terutama di Sumatera Utara namun saya sangat bersyukur ternyata Rainforest Sumatera adalah salah satu situs warisan dunia. Saya mencoba mencari tahu apa sih kriteria untuk masuk dalam daftar list yang prestisius ini.Ternyata banyak kriteria nya ya dan yang paling terpenting adalah Pertama, hasil pemikiran kreatif (human creative genius), akulturasi nilai (interchange of values), kesaksian tradisi budaya (testimony to cultural tradition – traditional human settlement), signifikansi pada sejarah (siginificance in human history), serta warisan universal (heritage associated with events of universal). Kedua, situs harus memenuhi syarat-syarat integritas dan keaslian yang relevan. Situs juga harus terbukti memenuhi syarat atas perlindungan dan pengelolaan. Menurut saya syarat kedua ini cukup sulit karena pariwisata negeri ini terkadang belum memenuhi syarat pengelolaan yang maksimal, tapi apapun itu saya sangat yakin pasti akan bertambah lagi situs warisan dunia dari Indonesia dalam daftar list yang ada saat ini. Amin

Candi Borobudur

Candi Buddha yang dibangun di masa Wangsa Syailendra ini masuk dalam jajaran situs warisan dunia UNESCO loh. Candi terletak di Magelang Jawa Tengah ini mempunyai sebuah struktur yang menurut saya sangat unik dan tidak ada lagi satupun bangunan di dunia yang mampu menyamai nya yaitu struktur Alam semesta melingkar dan searah dengan jarum jam. Namun ada teori lain yang menyatakan bahwa bentuknya meyerupai bunga Teratai. Situs ini masuk ke dalam situs UNESCO pada tahun 1991, salah satu nilai universal yang menjadi poin utama Candi Borobudur adalah tingakatan Bodisatva yang dilukiskan dalam 10 tingkatan Candi ini.

Candi Borobudur (gambar from Google)

Seiring dengan waktu candi ini banyak mengalami masalah terutama adalah Gempa Bumi, seperti kita ketahui bahwa telah terjadi gempa di Yogyakarta di tahun 2006 yang menyebabkan beberapa proses pemugaran menjadi rusak. Sudah banyak yang dialami oleh Candi ini dan dia tetap berdiri kokoh menatap Indonesia. Salah satu hal yang paling saya sukai di candi ini adalah stupa-stupa nya yang sangat tertata rapih dan jumlahnya mungkin ribuan. Saya berkunjung ke situs ini pada April 2015 lalu dan ketika itu hujan deras di situs ini, saya berusaha memanjat satu demi satu tangga dan di setiap tingkatan ada berbagai mural yang menceritakan mengenai kisah hidup sang Buddha dan kisah-kisah rakyat lainya seperti Ramayana ada di mural ini.

Candi ini merupakan situs warisan dunia UNESCO

Pemandangan sekitar candi memang luar biasa

Walaupun pemandangan alam nya kelabu namun ternyata pemandangan nya masih tetap indah bukit dan pegunungan yang berwarna hijau begitu memukau sekali.

Candi Prambanan

Candi Hindu yang legendanya sering saya denger dari orang-orang tua maupun guru di sekolahan ini merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO loh. Candi Prambanan yang menurut legenda merupakan kisah dari Roro Jonggrang seorang Putri yang ingin dilamar oleh seorang Pangeran bernama Bandung Bondowoso namun karena Roro Jonggrang tidak mencintai pria itu dengan sebab Bandung Bondowoso membunuh ayah Roro Jonggrang dan sekaligus menjajajah kerajaanya maka sang putri meminta agar Bandung Bondowoso membangun 1000 Candi untuknya.

Candi Prambanan candi Hindu tercantik di dunia (gambar dari google)

Dengan bantuan ilmu hitam yang dimiliki sang pangeran maka  dia berhasil menyelesaikan 999 Candi namun sang putri sangat cerdas sebelum waktu tiba dia sudah membangunkan para dayang agar segera menumbuk padi. akhirnya sang putri ketahuan dan Bandung Bondowoso marah besar sehingga dia pun mengutuk sang Putri menjadi salah satu arca di kompleks candi ini.

Selfie di Candi Prambanan

Candi Sewu yang berada di sebelah utara dari candi Prambanan diketahui merupakan 999 candi yang tidak selesai tersebut kemudian Candi Ratu Boko yang di sebelah selatan adalah istana Roro Jonggrang. Candi Prambanan terdiri dari 3 Candi utama yang mengambarkan Trimurti yaitu Wisnu, Brahma, dan Shiwa. Masing-masing candi utama tersebut didampingi oleh candi yang merupakan perwujudan dari kendaraan masing-masing Dewa tersebut yaitu Angsa untuk Brahma, Garuda untuk Wisnu, dan Nandi untuk Shiwa.

Kunjungan saya pada bulan Mei 2015 yang merupakan hampir 2 tahun dari tulisan ini dibuat merupakan kunjungan yang sedikit unpredictable dikarenakan hujan deras menerpa tapi sama hal nya dengan Borobudur saya paham kenapa candi ini jadi warisan dunia karena bentuknya memang cantik tinggi menjulang dan gak kalah sama Angkor Wat yang ada di Kamboja. Oleh sebab itu mari kita lestarikan yuk bangunan candi ini sebagai situs warisan dunia.

 Royal Exhibition Hall and Carlston Garden

Masih ingat dengan cerita saya di Melbourne, ada salah satu bangunan yang merupakan World Heritage List pertama di Australia yaitu Royal Exhibition Building dan taman indah di sekitarannya yaitu Carlston Garden. Yang paling menarik dari bangunan ini adalah menurut saya arsitekturnya yang memang sangat gothic seperti bagunan yang ada di British Empire, selain itu bangunan ini merupakan bangunan tertua di Australia loh. Bangunan ini mengambarkan optimisme, antusiasme, dan semangat warga Melbourne sehingga bangunan ini layak disebut sebagai Situs Warisan Dunia

Royal Exhibition Building Melbourne, situs warisan dunia pertama di Australia

Selfie di situs warisan dunia UNESCO Australia

Greeter Blue Mountain 

Selain yang ada di Melbourne, Australia mempunyai kurang lebih 20 situs warisan dunia yang sudah masuk dalam UNESCO list. Dan mayoritas nya adalah alam, sama hal nya dengan gunung yang saya datangi ketika saya berkunjung ke Sydney, perjalanan saya mulai dari Sydney menuju Katoomba sebuah kota kecil dua jam dari Sydney, perjalanan kami menggunakan kereta, kami tiba di Katoomba saja udara nya sudah sejuk banget. Setelah tiba di Katoomba kemudian kami membeli tiket tour untuk menuju ke Blue Mountain dengan mengunakan sebuah mini van kami pun menuju ke gunung tersebut. Tidak jauh dari kota Katoomba kurang lebih setengah jam menuju ke Greeter Blue Mountain.

Pemandangan nya benar-benar biru ya sama seperti namanya Blue Mountain

Apa yang bisa dilihat dari Gunung yang dinamakan Blue Mountain ini. Hirup udara segar di Blue Mountains – rangkaian tebing batu pasir, semak, air terjun, dan hutan eukaliptus seluas satu juta hektar. Kunjungi Wentworth Falls dan Three Sisters dan lakukan penjelajahan bawah tanah di Jenolan Caves. Yang paling saya sukai adalah udaranya yang memang seger banget dan satu lagi yang menarik di tour kami adalah kami bisa mengunakan Scenic Skyway sebuah furnicular yang keren banget jadi kita bisa langsung melihat keindahan alam Blue Mountain ini tanpa berjalan kaki atau hiking. Ada empat jenis yang ditawarkan oleh Scenic World of Blue Mountain yaitu pertama Scenic Railway, Scenic Walkway, Scenic Cableway, dan Scenic Skyway. Memang Australia benar-benar sangat luar biasa mempersiapkan infrastruktur yang memudahkan para turis mengelilingi Blue Mountain ini.

Saya tepat di Echo Point Blue Mountain

Sama halnya dengan Candi yang sudah kita bahas sebelumnya di Blue Mountain juga terdapat kisah legenda loh. Alkisah ada tiga gadis bersaudara bernama Meehni, Wimlah, dan Gunnedoo yang tinggal di lembah Jamison sebagai anggota suku Katoomba. Mereka jatuh cinta pada pria dari suku Nepean, hal tabu dalam hukum adat mereka. Hingga akhirnya timbul perang antar suku. Akibatnya, tiga gadis itu diburu karena dianggap sebagai penyebab pertempuran. Untuk menyelamatkan mereka, tetua suku Katoomba menyihir ketiganya jadi batu. Perang berakhir. Sayangnya sang tetua suku ikut mati sehingga tak bisa mengembalikan mantra agar tiga gadis itu kembali ke wujud manusia. Kisah ini pun sukses menjadikan Three Sister sebagai daya tarik wisatawan lokal dan asing. Hmm mungkin akan saya buat satu tulisan tentang blue mountain sendiri nantikan di blog ini.

The Three Sisters Blue Mountain

Sydney Opera House

Selain Blue Mountain dan Royal Exhibition Hall ada satu lagi situs Warisan Dunia di Australia yang sudah saya datangi mudah-mudahan bisa makin banyak lagi situs di Australia yang bisa saya datangi ke depanya Amin. Kota Sydney sebuah kota modern yang sangat luar biasa perpaduan kesan gothic dan sekaligus modern merupakan sebuah akulturasi dari budaya British yang telah bersemanyam lama di Australia ini.

Ada sebuah icon di kota ini yang menjadi salah satu incaran para turis dari seluruh dunia yaitu Sydney Opera House. Sebuah icon yang sangat menarik ini merupakan sebuah gedung Opera kurang lebih hampir sama dengan Royal Exhibition Building di Melbourne, namun arsitekturnya yang sangat unik dikenal sebagai arsitektur Gedung Opera Modern pertama di dunia nah ini dia nilai jualnya sehingga dia masuk ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

Sydney Opera House diambil dari Sydney Botanical Garden

Sydney Opera House berdiri di atas tanahseluas 2,2 Ha dan luas bangunan 1,8 Ha dengan bentang bangunan 185 m x 120 m dan ketinggian atap mencapai 67 meter di atas permukaan laut. Atap terbuat dari 2194 bagian beton precast yang masing-masingseberat 15,5 ton. Kesemuanya disatukan dengan kabel baja sepanjang 350 km. Berat atap keseluruhan mencapai 27.230 ton yang dilapisi 1.656.056 keramik Swedia.Berat bangunan 161.000 ton ditopang oleh 580 kostruksi baja yang  ditanam pada kedalaman 25 m di bawah permukaan laut. Penyangga atap terdiri dari 32 kolom beton yang masing-masing 2,5 meter persegi dengan struktur dinding curtain wall.

Shell Design yang merupakan rancangan desain Sydney Opera House adalah rancangan yang sangat rumit, atap nya bentuk metafora dengan menerapkan system  shell free form. Dimana bentuk shell yang ada tidak mengikuti pola geometri tetapi terikat secara structural yang dalam hal ini bentuk geometri tetap ada tetapi bukan merupakan factor utama. Shell pada Sydney opera house terbentuk dari proses rotasional kearah vertical dengan lengkung dua arah (vertical dan horizontal)/ double curved shell dengan permukaan lengkung sinklastik. Jadi menyerupai keong lah pokoknya

Sebuah pengalaman yang luar biasa ketika kunjungan saya ke Sydney kami menyempatkan diri berkunjung ke Sydney Opera House ini dan mengambil beberapa foto terbaik di icon kota Sydney ini.

Indahnya Sydney Opera House

Nah demikian cerita pertama saya tentang beberapa situs warisan dunia yang sudah pernah saya kunjungi jangan lupa untuk memantau terus blog ini agar mendapatkan kisah tentang situs warisan dunia lainya. Dan jangan lupa juga untuk comment Terima kasih

Ferdi Cullen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: