Impressive Phrase The City I Ever Visited Part 1

Apa yang begitu berkesan di ingatan anda ketika berkunjung ke salah satu kota pada saat liburan anda? hmm kalau saya, orangnya suka memberikan istilah atau frasa kata dari beberapa kota yang saya datangi, saya punya sebutan masing-masing untuk kota tersebut. Sengaja saya buat Impressive Phrase agar lebih melekat saja di ingatan setiap momen dan kejadian yang mengesankan di negara yang saya datangi tersebut. Nah cerita berikut adalah mengenai apa saja “sebutan mesra” atau impressive phrase dari kota-kota yang pernah saya singgahi tersebut. Yuk mari saksikan ceritanya.

  1. Singapore : The City of Futuristic Garden

Singapore sebagai salah satu negara maju yang ada di Asia Tengara kerap kali saya datangi kurang lebih 4 kali, dari perjalanan saya ke negeri Singa ini saya sangat berkesan sekali ketika berkunjung ke salah satu taman yang bukan taman biasa, yaitu Gardens by The Bay walaupun bagi banyak orang yang ke Singapore mungkin saya tebak mereka akan lebih menyebut kota ini adalah kota belanja, atau kota multikulural saya lebih suka menyebutnya kota dengan taman yang saya yakin tidak ada duanya di dunia ini. Gardens By The Bay ini merupakan salah satu taman yang unik yang sangat saya sukai bentuk tanamanya memang di desain sebagai futuristic ala ala di film Avatar gitu sehingga memberikan kesan unik bagi para pengunjungnya.

Gardens By The Bay, taman paling unik dan futuristik di Singapore

Sebaiknya datang ke taman ini malam hari, warna nya itu loh

The Coolest Park ever

2. Kualalumpur : The City Transit from Medan

Kesan yang selalu saya ingat dari kota  ini adalah kalau udah cari tiket menuju bagian lain dari dunia saya langsung mencari first pointnya adalah Kualalumpur sebab pertamanya adalah selama 3 tahun belakangan ini saya berdomisili di Medan. Penerbangan dari Medan ke Kualalumpur adalah berkisar 45 menit sehingga tidak banyak memakan waktu penerbangan transit. Dan biayanya lebih murah karena banyak sekali penerbangan dari Medan ke Kualalumpur terutama untuk low cost airline Air Asia yang mana jika kita berhasil mendapat tiket promo kurang lebih 500 ribu PP dari Medan ke negeri jiran ini. Sebagai kota transit Kualalumpur juga mempunyai bandara yang sangat bagus sehingga membuat saya sangat berkesan setiap saya melakukan transit di kota ini.

Lapangan Terbang Antar Bangsa KLIA

KLIA 2

Medan-Kualalumpur hanya 55 minutes

3.  Bangkok : The City for Budget Traveller in South East Asia

Bangkok kota ini begitu bersahaja dan apapun yang ada di sekitarnya murah, hostel penginapan ada yang sekitar 50 ribu sd 70 ribu semalam bahkan hotel bintang empat sajapun mematok tarif 50 USD lebih murah dari di Jakarta, kemudian banyak tempat menarik yang dikunjungi dengan harga tiket yang juga tidak mahal, masing-masing tempat wisata mematok harga 10 ribuan dan makanan juga sangat murah, yaitu tempat makanan fast food seperti KFC dan MCD mempunyai harga satu paket 50 bath sekitar 20 ribuan rupiah. Hmm benar-benar puas deh pokoknya kalau dari sisi harga di kota ini. Nah murahnya itu di kota ini yang begitu berkesan bagi saya.

Kota Bangkok dan Sungai Chao Praya

Bangkok 2013 from my camera

4.  Manila : Intramuros

Hehehe mohon maaf ini opini saya saja sih, tapi setiap saya ke Manila saya selalu teringat dengan Intramuros sebuah kota tua yang sangat indah, kota tua imperialisme Spanyol ini menurut saya adalah jenis kota tua yang sangat luar biasa di kawasan Asia Tenggara. Terasa banget seakan-akan berada di Spanyol kalau sudah di sini. Mulai dari penataan bangunan, arsitektur bangunan, gereja-gereja tua nya it’s so hispanic, dan hal itulah yang sangat berkesan bagi saya selama berkunjung di Manila.

Me in front of Intramuros Sign

Manila Cathedral in Intramuros

In Front of Charles IV, Plaza Roma Intramuros, Manila

5. Ho Chi Minh City : The Bikers City

Ho Chi Minh City yang merupakan salah satu kota di Vietnam ini banyak terdapat situs historis namun yang selalu berkesan adalah para bikers nya. Jadi kota ini merupakan kota yang hampir 75% penguasa traffic di jalanan adalah para pengemudi motor, mereka dengan seenaknya melintas dan sepertinya tidak menaati lalu lintas, tidak melihat apakah lampu lalu lintas sudah merah atau hijau, yang ada di pikiran para bikers adalah bagaimana bisa segera sampai di tujuan. Pengalaman menyeberang jalan juga menjadi pengalaman yang paling berkesan, walaupun ada zebra cross harus bareng-bareng jadi agak gimana gitu kalau sendirian menyeberang dan idealnya adalah menggunakan magic hand alias tangan kanan mengacung ke pengendara motor agar mereka menurunkan sedikit kecepatanya, namun yang menarik adalah tingkat kecelakaan di kota ini sangat rendah loh jadi luar biasa banget kan para pengendara motor di HCM ini.

The Bikers of Ho Chi Minh City

Crowd of Ben Than Market, Ho Chi Minh City

6. Hongkong : The City of 1000 Skyscrappers

Hongkong sebuah kota Modern di bawah naungan Republik Rakyat China merupakan sebuah kota yang perkembangannya sangat luar biasa. Ketika saya berada di kota ini maka yang sangat saya berkesan akan ada nya gedung pencakar langit yang jumlahnya sudah tak sanggup lagi menghitungnya. Pantas saja karena kota ini merupakan kota global nomor 5 setelah New York City, London, Tokyo, dan Paris. View menarik dari gedung-gedung ini bisa kita cek ketika kita berada di Victoria Harbour sebuah tempat wisata di kota ini, saya benar-benar takjub dengan semua skyscrappers yang seakan-akan menjulang menembus langit ini very impressive.

Cahaya menghiasi gedung-gedung di Hongkong

1000 Skyscrappers

7. Macau : The Little Lisbon

Jika di Asia Tenggara kota tua imperialis terbaik adalah Manila maka di Asia Timur adalah Macau. Macau sebuah negara adminsitratif yang mempunyai status sama dengan Hongkong ini terletak di selatan Hongkong. Negeri ini merupakan wilayah adminsitratif Portugis sejak abad ke-16 sampai dengan 1999. Oleh sebab itu hampir kurang lebih 5 abad Portugis berkuasa di wilayah ini, bentuk bangunan dan bahkan budaya masyarakat nya sangat kental dengan budaya Portugis. Dan benar-benar serasa berada di Lisbon Portugal loh. Jika anda berkunjung ke Senado Square maka decak kagum pasti terucap, bagaimana tidak jika anda ke sini suasana bangunanya tidak menceritakan kota di China pada umumnya it’s like in Portugal wow silahkan rasakan sensasinya.

Satu sisi Macau yang mirip dengan Lisbon

Saya sedang mengelilingi Lisbon eh Macau maksudnya

8. Taipei  : The City of Shilin

Saya pertama sekali mendengar Taipei di negara Taiwan adalah karena ada salah satu gerai makanan di Indonesia yang menjual panganan khas Taiwan berupa Ayam digoreng dengan tepung tapi ayam tersebut tanpa tulang dan porsinya besar sekali, dimasukan ke dalam sebuah plastik dan kita tinggal makan. Taiwan sangat terkenal dengan street food nya yang menurut saya sangat unik. Ada sebuah pasar malam yang sangat terkenal di Taipei bernama Shilin Night Market dan saya sangat berkesan sekali di pasar malam ini. Sebenarnya banyak juga pasar malam di Bangkok maupun Manila, tapi di Shilin tempatnya sangat teratur, street food dengan harga yang murah murah, dan pastinya enak. Namun buat kita yang Muslim harus banyak-banyak bertanya ya di pasar malam ini agar tidak salah makan. Dan satu lagi pasar malam ini juga menjual barang-barang unik khas negeri ini yang mereka tidak mau dibilang bahwa barang tersebut dari China jadi jangan coba-coba ya bilang barang China itu adalah barang Taiwan.

Shilin Night Market

Large Fried Chicken khas Taiwan

9. Tokyo : The City of Rush Hour

Tokyo yang sangat berkesan adalah kesibukan kota ini, kecepatan orang-orangnya kalau udah jalan, wajah orang-orangnya yang kalau lagi mengejar waktu itu udah macam robot tanpa senyum. Di dunia maya Tokyo terkenal akan Tokyo Rush Hour, banyak sekali video yang diupload menunjukan betapa padatnya subway, betapa padatnya tempat penyeberangan di Shibuya. Saya terus terang pernah tertabrak sama beberapa orang dan mereka dengan tidak perdulinya menabrak saya, pria-pria dengan mengunakan jas dan nampaknya dia sangat sibuk. Saya sih tidak masalah dan saya sangat menikmati pemandangan ini, walaupun sering tertabrak hehehe. Tapi jangan salah dibalik wajah yang kaku itu orang Jepang baik kok ketika kita bertanya mereka dengan senang hati akan membantu kita bahkan saya sempat berjumpa dengan orang yang tidak bisa berbahasa Inggris namun karena dia ingin sekali membantu saya maka kami berkomunikasi dengan menggunakan bahasa isyarat ooo I Miss Tokyo so much.

Very Very rush hour

Suasana di dalam metro kala rush hour di Tokyo

Jreng-jreng mungkin itu saja ya dulu impressive phrase kali ini masih banyak lagi sih kota lainya yang akan saya tulis di part 2 dari tulisan ini. Jika ada yang mempunyai pengalaman yang sama dengan saya silahkan berikan komentar atau mungkin ada juga yang ingin memberikan impressive phrase nya di kota yang menurut Anda sangat berkesan tidak harus di luar negeri di negeri kita sendiri juga sangat luar biasa silahkan komentar ya. Dan nantikan part selanjutnya untuk kota-kota di Indonesia dan negara lainya. Terima kasih

Keep Travelling

Ferdi Cullen

2 comments

  1. Baru pernah ke Singapura, Manila, Macau, Tokyo 😀 terus lagi pengen ke Tokyo lagi sama penasaran banget dengan Ho Chi Minh City 😀

    Like

    1. Terima kasih Mas Fahmi sudah berkunjung ke blog saya, btw salam kenal saya fans berat blog dan instagram nya mas Fahmi loh merupakan suatu kehormatan sekali ini mas, setuju mas tokyo memang ngagenin dan mas wajib datang ke Ho Chi Minh kota nya mirip mirip Manila dan sangat murah lagi lebih murah dari Manila

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: