Ayo Ke Museum : 3D Eye Trick Museum Kualanamu Hub

Hola Worlds, bagaimana rasaya apabila kita mengunjungi sebuah museum yang memang mempunyai sebuah konsep baru yaitu mengikuti tren jaman digital. Tren jaman digital itu ada 3 ini menurut teori saya, yaitu Pertama Konsepnya futuristik and colourful. Kedua harus instragramable artinya cocok untuk difoto baik selfie atau wefie atau groupie sehingga bisa segera diupload ke all sosial media. Dan Ketiga tematik ada tema khusus yang membuat menarik perhatian pengunjung. Nah ternyata di kota Medan tempat saya berdomisili saat ini ada loh sebuah museum yang memberikan 3 konsep itu dalam satu balutan namanya adalah 3D Eye Trick Museum Kualanamu Hub yuk kita lihat kisahnya.

img_0065

The New in Medan : Magic Eye 3D Museum

Berawal dari salah satu postingan seorang temen di Instagram bahwa ada sebuah konsep tempat baru di Medan. Walaupun bukan yang pertama di Indonesia apalagi di dunia, sebuah konsep tempat unik baru seperti ini di Kota Medan wajib dipertahankan selain memang membawa warna baru ke kota ini juga menghibur masyarakat lokal yang mungkin sedikit skeptis melihat keindahan kotanya. So jangan lagi ya mari kita generasi muda Medan membangun kota kita ini menjadi lebih keren.

Museum yang dibuka pada tanggal 22 Januari 2017 ini letaknya ada di lantai 2 gedung kualanamu hub sedangkan lantai 1 ada semacam jual souvenir dan beragam makanan khas Medan, anda dapat melewati pintu masuk dan silahkan naik ke lantai 2 melalui eskalator. Untuk tahap awal museum ini memberikan tiket promo kepada para pengunjung  yaitu seharga 50 ribu rupiah dari harga normal 100 ribu rupiah sedangkan untuk turis mancanegara tiket masuk dipatok agak lebih mahal yaitu 160 ribu promo 80 ribu. Museum ini buka  setiap hari dari pukul 09.00-21.00 WIB.

Bangunan museum ini terbilang cukup jauh dari kota Medan jadi bagi Anda yang ingin berkunjung ke museum ini sebaiknya membawa kendaraan bisa motor atau mobil, akses angkutan umum ke wilayah hub ini cukup menyulitkan sih jadi disarankan memang mengunakan mobil atau motor. Kualanamu Hub merupakan salah satu zona peristirahatan yang dibuat oleh pihak bandara Kualanamu untuk warga yang berasal dai kota Medan atau dari luar Medan yang berpergian dengan darat menuju ke bandara ini. Di tempat ini terdapat hotel dan cafe untuk sekedar istirahat dan melepas dahaga. Entah mengapa ide yang dibuat si pendiri museum kenapa membuat museum di tempat yang cukup jauh ini sehingga banyak orang di kota Medan yang justru tidak begitu tahu keberadaan museum ini.

Total ada 7 ruangan di museum ini yaitu Illusion Room, Under Water, Adventure, Classic, Dark Room, Funny Room, dan Egypt Room,  Ada juga Magic Show yang diselengarakan pada saat weekend (Sabtu dan Minggu) yang diadakan di aula lantai 1. Oh iya perlu diperhatikan adalah untuk memasuki museum ini kita akan diminta untuk melepas alasa kaki kita dan menitipkan pada tempat penitipan yang sudah disediakan, penitipan sepatu tidak berbayar kok alias free.

Ruang pertama berupa Illusion Room kita akan dipertemukan dengan cover majalah paling hits sedunia yaitu National Geographic dan Time, jadi anda bisa seakan-akan jadi bintang di majalah tersebut. Di tempat ini juga ada diceritakan tentang asal muasal seni 3D. Dan ada beberapa eye trick yang cukup menyita perhatian saya yaitu seperti bangunan yang seperti tampak keluar dari lukisan.

img_0070

Replika National Geographic Cover

img_0081

Replika Time Cover

img_0074

Seni 3D Illusion Art

img_0088

Watch Your Step, jika ada tanda ini berarti kita mengarahkan kamera sesuai dengan tanda tersebut agar hasilnya bisa lebih riil

Beralih ke ruang berikutnya yaitu Under Water Zone, disini sudah begitu banyak orang yang antri berfoto memang saya kebetulan datang pagi hari pas weekeend ampun deh ramai nya jadi agak sulit memang mengambil angle yang tepat. Oiya untuk museum 3D eye trick memang dibuat ada sebuah penanda atau sign untuk mengambil foto layaknya musem 3d eye trick yang lain sehingga memudahkan pengunjung untuk mengambil foto yang apik dan benar sehingga hasilnya benar-benar memuaskan. Yang menarik dari Underwater zone ini adalah adanya foto kapal selam yang ada bacaan Medan nya ya ini Medan my cityyy.

img_0091

Kapal Selam MEDAN

img_0105

Keceriaan Anak-anak dengan berbagai pose di Under Water Zone

Setelah puas dengan Under Water Zone masuk ke zona berikutnya yaitu Adventure Zone. Di Zona ini lebih banyak mengulas tema petualangan di dalam hutan. Ada satu gambar unik yang sangat saya sukai yaitu gambar katak yang sepertinya sedang murung. It looks nice di foto so you better check it out. Masuk ke zona berikutnya yaitu Zona Classic, sebuah zona yang klasik tapi menurut saya lebih ke European gitu. Di zona ini favorit saya adalah Replika Venesia yang benar-benar nyata banget ada perahu nya dan kita tinggal melakukan pose menarik dan cuss seakan akan kita berada di kota Venesia yang indah tersebut.

img_0113

Paling suka dengan ekspresi Replika Katak berikut

img_0126

Like An Angel With Wing

img_0161

Santai seperti di Venesia

img_0152

Beberapa lukisan Classic di Ruang Classic

Lanjut ke koridor berikutnya adalah Dark Room sebuah ruangan yang didesain bagi kita yang ingin mengambil foto dengan nuansa Gelap, ruangan didesain akan menjadi gelap kemudian terang dengan jarak waktu sekitar 30-40 detik bagi anda yang menggunakan baju putih sangat dianjurkan sekali di ruangan ini karena otomatis akan jadi berwarna terang jika dalam posisi gelap gitu sangat menarik jika difoto. Koridor selanjutnya juga merupakan tempat yang menarik di sini nama ruanganya adalah Funny Room yang merupakan perpaduan antara beberapa eye trick yang menurut saya lucu. Beberapa atraksi di zona ini adalah Upside Down Kitchen yang merepresentasikan sebuah dapur yang mana jika kita berpose di dalam nya akan terlihat seperti sedang terbalik atau jatuh its so interesting,

img_0199

Salah satu replika di Dark Room yaitu Laba-laba besar ini

img_0214

Salah satu replika upside down

img_0235

Salah Satu replika di Egypt

Koridor terakhir dari museum ini yang merupakan koridor yang paling banyak peminat nya yaitu koridor Egypt sebuah ilustrasi seakan akan kita berada di Mesir dengan piramid, padang pasir, dan beberapa mural seperti Ratu Mesir dan patung-patung para Raja Mesir. Setelah selesai maka ada sebuah toko souvenir di penghujung jalan bagi yang ingin mempunyai cenderamata dari museum ini.

Nah demikian cerita saya mengunjungi museum yang masih fresh ini di kota Medan yang menurut saya akan semakin berwarna dengan adanya museum ini.

Yuk mari kita kunjungi museum

5 comments

  1. Mengingat judulnya Kualanamu Hub jadi apa museum ini ada di Bandara Kualanamu, Mas? Agak lumayan sih itu jauhnya kalau dari Kota Medan, hehe. Tapi meskipun jauh, lumayan banget sebagai alternatif tempat wisata. Jadi, pengunjung tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri atau ke kota-kota wisata (yang sudah penuh sesak itu) untuk ke Museum 3D. Malah, Medan bisa punya tambahan magnet wisata lagi, hehe. Siplah, boleh nih datang ke sini kalau jalan ke Medan. Hitung-hitung menambah stok foto profil, hihi.

    Like

    1. Hai mas Gara, nah itu dia pertanyaan mas Gara sama dengan beberapa kolega saya, Kualanamu Hub ini merupakan sebuah zona peristirahatan jadi jaraknya kurang lebih 3 km dari Bandara Kualanamu sehingga museum 3D ini tidak satu lokasi dengan bandara. Setuju mas warga Medan seperti saya tentunya sangat membutuhkan alternatif wisata kayak gini. Mas Gara ditunggu ya pas ke Medan jangan lupa kabar-kabari saya ya mas sipp terima kasih

      Liked by 1 person

      1. Hoo tidak dalam satu kompleks tapi tidak terlalu jauh juga dari bandara ya. Sip, saya paham kini. Siap, kalau ke Medan pasti akan saya kabari. Terima kasih…

        Like

  2. oh, orang Medan ya bang hehehe… lokasinya kok nanggung yah, jauh dr kota, dr bandara juga lumayan kalo jalan kaki hehe.. atau ada alternatif transport lain bang?

    Like

    1. Halo bang Djangki, iya memang termasuk sulit dijangkau ini akses nya kalau alternatif transportasi lain mungkin bisa pakai transportasi online seperti Grab atau Go Car lebih nyaman lagi kan terima kasih

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: