Ayo Ke Museum : Natural History Museum London

Heloo World, balik kembali dengan sedikit kisah saya lanjutan dari kisah saya sebelumnya di British Museum, seperti yang dikisahkan sebelumnya saya berkunjung ke salah satu museum yang membuat saya berdecak sangat kagum yaitu The British Museum namun di London sebagai kota yang sangat menghargai ilmu pengetahuan dan sejarah banyak sekali terdapat museum. Perjalanan selanjutnya saya menyempatkan diri menuju ke salah satu museum yang masih satu grup dengan museum ini yaitu Natural History Museum London. Mari kita lihat kisahya.

img_20150607_162836

Gedung Natural History Museum of London

Pada awalnya tiga bangunan bersejarah yaitu The British Museum, Natural History Museum, dan British Library merupakan satu kesatuan yaitu sama sama dalam satu brand yaitu The British Museum. Pada tahun 1822, sehubungan dengan semakin banyak nya koleksi di The British Museum maka King George III berinisiatif untuk membagi 3 untuk koleksi yang ada di The British Museum, khusus British Museum adalah koleksi dari peradaban umat manusia, British Library adalah koleksi yang berhubungan dengan koleksi buku-buku dan manuskrip, dan terakhir yaitu Natural History Museum yang merupakan koleksi dari ilmu pengetahuan alam

img_20150607_162908

Sekilas mirip gedung parlemen atau Gereja museum ini

Setelah melakukan renovasi gedung  pada tahun 1887 koleksi natural history dipindahkan ke gedung baru di selatan kota London yaitu di South Kensington dan awalnya diberi nama British Museum of Natural History London. Namanya berubah menjadi Natural History setelah tahun 1992. Natural History Museum di London merupakan salah satu museum sejarah Alam terbesar di dunia. Ada kurang lebih 70 juta spesimen dari 5 koleksi utama yaitu Botani, Entomologi, Mineralogi, Palaentologi, dan Zoologi. Dan merupakan hasil penelitian yang terkenal di dunia dengan spesialisasi di bidang taksonomi, identifikasi, dan konservasi.

Namun sayangnya saat saya tiba di musuem ini sudah pukul 16.30 dan waktu tutup itu pukul 17.30 sehingga saya tidak begitu banyak melihat koleksi musuem, duh memang harus kemari lagi ini memang. Namun saya cukup puas mengagumi arsitektur museum ini yang memang bak istana negeri dongeng. Arsitek dari museum ini adalah Captain Francis Fowke, yang kemudian di design oleh Alfred Waterhouse sehingga bangunan ini dulunya dikenal dengan nama Waterhouse Building dan menjadi salah satu landmark di kota London. Bangunan awalnya terdiri dari sebuah Central Hall yang sangat luas dan ada di tengah berupa Great Stairs ala ala di film Harry Potter gitu. Naik dari tangga maka anda akan menemui beberapa gallery yang sayangnya pada saat saya ke sana Gallery sudah banyak yang mau tutup.

dsc00701

Arsitektur Museum ini memang membuat kita terpenrangah

Jika dibandingkan dengan British Museum maka pengunjung di museum ini saya perhatikan lebih banyak kalangan anak-anak dan pelajar karena di museum ini banyak yang merupakan studi tur untuk pelajaran science di elementary school anak-anak tersebut dan lagipula guru-guru yang ada di London suka ngasih PR berkaitan dengan kunjungan siawanya ke museum baik secara mandiri maupun grup, wah baik banget ya guru-guru di sini sudah menumbuhkan rasa mencintai museum kepada siswa nya. Info terbarunya di tahun pada saat saya berkunjung museum ini menawarkan teknologi terbaru yaitu Virtual Reality wah keren sekali kan. Jadi segala tampilan visualisasi masing-masing Gallery bisa dilihat dengan tampilan VR.

img_20150607_164819

Suasana Central Hall Natural History Museum of London

Nah saya sempat mengagumi Dippy, siapa Dippy, Dippy adalah replika tulang rangka Diplodocus (Dinosaurus jenis Brontoasuarus mamalia) sepanjang 32M yang dipamerkan di Central Hall museum ini. Dippy walaupun hanya sebuah replika tapi sangat terkenal sekali dan merupakan spesimen yang paling banyak dikunjungi di museum ini. Bahkan ada anak-anak yang hanya berlari dan berfoto mengunjungi Dippy tanpa melihat koleksi museum yang lain Ibaratnya sama dengan koleksi Mesir Kuno yang paling banyak dikunjungi di British Museum maka hampir sama dengan si Dippy ini. Saya menyempatkan diri mencoba selfie dengan dippy walaupun hasilnya tidak begitu bagus tapi gak papa lah hehehe. Replika Dippy ini sendiri kisahnya adalah dihadiahkan oleh industriawan terkenal bernama Andrew Carnegie dari USA, replika ini merupakan tiruan dari fosil asli yang berada di Carnegie Museum di Pittsburgh USA yang dikenal juga dengan nama Natural History Museum of USA.

img_20150607_163236

Hello my name is Dippy nice to meet you guys

Selain Dippy di sini ada juga patung Charles Darwin, Darwin yang terkenal dengan teori evolusinya ini merupakan pencitraan dari ilmu pengetahuan alam. Luar biasa memang Darwin dalam mengembangkan teori yang sempat mengegerkan dunia tersebut. Sementara patungnya merupakan representasi dari Darwin Centre salah satu gallery yang menegahkan kisah fosil manusia yaitu ilmu Paleontologi.

img_20150607_163505

Patung Charles Darwin Bapak ilmu pengetahuan alam

dsc00691

Grand Staircase

dsc00690

Agak sedikit dipaksakan saya selfie dengan Dippy

img_20150607_163437

Selfie di depan Grand Staircase

Dan usai sudah perjalanan saya ke musuem ini apalagi pengumuman microphone menyatakan museum sudah tutup maka saya keluar dan ada pemandangan menarik pada saat saya keluar ternyata banyak warga London yang lagi nyantai di taman sebelah museum ini sambil piknik dan menikmati mentari sore gitu saya pun istirahat sebentar di bangku taman untuk sekedar rebahan. Pemandangan sore ini begitu nikmat dan syahdu sekali I never forgetted this moment.

img_20150607_163545

Dinding Gedung yang sangat luar biasa

img_20150607_170551

Pemandangan Sore itu setelah selesai dari museum banyak orang pada rebahan

Sekedar informasi kawasan South Kensington ini juga berdekatan dengan beberapa museum terkenal lainya di London di antaranya adalah Victoria and Albert Museum yang merupakan art gallery dan Science Museum yaitu museum khusus ilmu pengetahuan modern, maka tipsnya buat anda pencinta museum adalah apabila ke Natural History maka sempatkan juga main ke kedua museum itu. Nah berikut saya informasikan tautan informasi ke museum ini.

  • The Natural History Museum
    Cromwell Road
    London SW7 5BD
  • Open daily 10.00-17.50
    Last entry 17.30
    Closed 24-26 December
  • Admission is free. There is a charge for some temporary exhibitions.

– See more at: http://www.nhm.ac.uk/visit/getting-here.html#sthash.fzkguXvm.dpuf

Untuk menuju museum ini maka anda bisa langsung berhenti di South Kensington Tube (Underground Station) kemudian jalan kaki sekitar 5 menit.

Yuk ayok mari kita ke museum

Ayo ke Museum

Ferdi Cullen

13 comments

  1. Museum ini bersama dengan ‘dua saudara’nya udah lama jadi incaranku, ya siapa tau nanti ada rejeki main ke London. Dan yang menyenangkannya ternyata untuk masuk museum sekeren ini gratis ya? Wah kalau melihat jumlah koleksinya, gak kebayang deh harus makan waktu berapa lama untuk mempelajarinya satu per satu.

    Like

    1. Terima kasih Mas Bart sudah mampir ke blog ferdi
      Benar mas Gratis dan bisa bolak balik lagi ke museum ini, untuk Natural History karena hanya ada 5 Gallery saya rasa 2-3 jam cukup mas, lain cerita jika The British Museum yang memang luas banget harus ambil lebih dari 1 hari untuk bisa eksplore semuanya. Yakin deh mas pasti suatu hari bisa kemari keep dreaming and keep travelling mas Bart

      Like

  2. Keren ya museum-museum di luar negeri. Bersih, lengkap, kaya koleksi, gratis pula. Tapi pengunjungnya juga bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya museum tersebut, mereka semua peduli. Banyak yang harus dibenahi dari museum Indonesia sebelum bisa setara dengan museum-museum di luar negeri. Tapi mungkin yang paling bisa kita lakukan adalah menjadi pengunjung yang baik dengan tidak sembarangan menyentuh koleksi museum.
    Dippy besar banget, selfie di setiap bagian tubuhnya kayanya keren. Terus dibuat tebak-tebakan: di bagian tubuh manakah tempat saya selfie bersama Dippy? Haha…

    Like

    1. Terima kasih Mas Gara sudah mampir ke blog Ferdi
      Benar sekali mas untuk sisi pengunjung saja museum di indonesia masih belum begitu banyak, memang tahap awal harus mampu menumbuhkan dulu keinginan generasi muda untuk berkunjung ke museum saya sangat suka dengan trik para guru di sini yang memberikan homework kepada muridnya dan untuk menyelesaikan homework itu mereka harus berkunjung ke museum baik pribadi maupun dalam grup. UK memang negara yang sudah sangat sadar akan pengetahuan sehingga manajemen museum mereka pun sangat bagus.

      Wah kreatif sekali ya mas Gara boleh juga idenya untuk buat tebak-tabakan nampaknya aku pengen buat kuis juga lah untuk blog ku ini biar semakin banyak dikunjungi , btw saya dapat bisikan nih ohh dippy kirim salam buat Mas Gara katanya “Yok mas Gara segera jumpai Dipppyyy….” hehehehe

      Like

      1. Iya Mas para guru itu perannya memang kudu lebih ditingkatkan lagi. Sayang banget padahal museum dan peninggalan di Indonesia ini kaya tapi karena tak ada pengunjung jadi terlantar, iya kan?
        Sip Mas, ditunggu tebak-tebakannya… buat belajar bagian tubuh dinosaurus itu seru tuh, hehe.

        Like

      2. Setuju Mas Gara, iya nih masih dipikirin tebak-tebakan nya mudah-mudahan segera dapat ya quiznya hehehe terima kasih mas Gara sudah berkunjung

        Like

      3. Amin. Ditunggu ya…

        Like

  3. London bagi saya selalu menarik dari segi arsitektur kunonya, termasuk keberadaan museumnya. Heheheh semogaa suatu hari nanti bisa ikuti jejak mas ferdi main ke museum di london 🙂

    Like

    1. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya Mbak Eka, yup pasti bisa itu yakin pasti ada jalan menuju London, dan setuju sekali arsitekturnya dan museum nya memang luar biasa di UK jadi wajib datang kemari mbak Terima kasih

      Like

  4. enak gitu ya bisa rebahan di rumput2 nya

    Like

    1. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya
      iya sangat menyenangkan sekali kala itu mereka sudah selesai dengan aktivitas utamanya sehingga mereka memanfaatkan space untuk bisa rebahan tks

      Like

  5. seneng deh ke museum2 di luar negeri, bersih, menarik dan bebas aroma2 kurang sedap 😉

    Like

    1. iya benar sekali, museum di luar negeri memang sangat bersih dan terpelihara, pelayanan yang diberikan sangat luar biasa

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: