TERACOTTA WARRIORS: PRAJURIT PENJAGA MAKAM SANG KAISAR

Terracotta Warrior and The Horses Museum, sudah lama sekali saya berkeinginan ingin mengunjungi salah satu temuan arkeologi terbesar di abad 20, bernama Museum Terracotta Warrior and Horses ini. Museum yang mana patung prajurit di museum ini menjadi inpirasi dari film terkenal bernama The Mummy : Tomb of Dragon Emperor, selain kisah Mummy nya Brandon Frasser, saya ingat pertama kali melihat The Terracotta Warrior itu pada masa Game Lara Croft Tomb Raider yang sempat hits di era 90 an dimana salah satu setting dari lokasi si arkeolog cantik itu adalah museum ini.

 Museum ini terletak di kota Lintong, kurang lebih berjarak 40 an km dari kota tempat saya pertama kali berlabuh di China yaitu Xi’an. Perjalanan menuju ke tempat ini ditempuh melalui bus kurang lebih perjalanan 1 jam. Bus yang saya ambil adalah bus yang terletak di Xi’an Railway Station.

Xi’an Railway Station selain sebagai stasiun kereta api juga menjadi stasiun bus, di sini ada begitu banyak bus ke beberapa wilayah ataupun propinsi di China, namun ada sebuah tempat khusus bernama East Square yang isinya adalah bus menuju ke tempat-tempat yang menjadi tujuan utama di Xi’an atau pun sekitarnya. Bergegas lah saya menuju East Square tersebut, dan dengan mengunakan panduan dari travelchinaguide.com saya memasuki bus bernomor 5(306). Awalnya sempat tergoda untuk naik bus lain apalagi saat itu banyak sekali bus yang kondekturnya berteriak “Bin Ma Yong” yang artinya adalah museum terracota, namun harap berhati-hati karena bus tersebut bisa jadi harganya lebih mahal. Sempat ragu sih karena saya lihat orang bule pada naik bus lain sedangkan yang naik bus 5(306) yang non chinese cuman saya, tapi saya tetap yakin dengan bus tersebut alhasil saya sampai dengan selamat di Bin Ma Yong.

Ini dia Map daftar bus yang ada di Xian Railway Station Sumber chinahighlights.com

Tips : Jika anda ingin mengunjungi Terracotta Warriors and The Horses Museum, pastikan anda naik bus warna biru dengan nomor 5(306) dengan tarif 7 yuan sekali naik bisa sih dengan bus lain tapi rata-rata bus lain bakalan ngetem alias berhenti berhenti di beberapa tempat jadi agak lama dan kadang agak lebih mahal 1 atau 2 yuan harga nya misal jadi 8 yuan, jadi saya saranin naik yang 5(306) aja.

Setelah bus penuh, maka si kondektur dengan mengunakan bahasa mandarin mengisyaratkan let’s go dan berangkatlah. Bus ini termasuk nyaman dan bersih untuk harga 7 yuan yang kisaran 15 ribu rupiah AC nya jalan, tempat duduk nya pun nyaman, cuman ya agak berisik saja apalagi saat saya kemari lagi liburan sekolah jadi banyak banget keluarga yang menuju ke museum itu naik bus ini.

Tik Tok waktu berjalan sudah satu jam dan saya tiba, kondektur yang baik yang tahu saya turis langsung memanggil saya dan lagi-lagi dia bilang “Bin Ma Yong… Bin Ma Yong…..”. Perhentian bis ini rupanya berjarak kurang lebih 1-2 km dari loket pembelian tiket. Siap-siap berjalan kaki lagi ya menuju ke tempat loket pembelian tiket dengan jarak tersebut. Sama satu lagi siap-siap bakal diserbu dengan beberapa calo tiket yang akan menawari anda tiket masuk ke museum namun dengan harga yang lebih mahal. So jangan percaya ya lebih baik kita ngantri baik baik dan dapat tiket saja. Tolak saja mereka baik-baik ya lagipula mereka juga banyak yang gak ngerti bahasa inggris jadi lebih mudah sih nolaknya. Kemudian saya sempat bingung dengan jalan nya sepanjang perjalanan dari tempat berhenti bus ke loket ada toko-toko dan penjualan suvenir yang banyak banget saya sempat nyasar ada 15 menit an dan please jangan percaya dengan tanda panah dan arah di sini gara-gara saya mengikuti tanda itu jieer jadi nyasar dan terbuang waktu 15 menit. Akhirnya saya bertanya ke salah satu resto deket situ dengan mengunakan aplikasi bahasa cina pocket yang saya download dari playstore saya bertanya kepada pekerja resto syukurnya dia mau bantu dan kasih tunjuk lokasi tepatnya bahkan saya sempat diantar lagi sampai gerbang masuk makasih ya pak yang saya lupa nanya namanya.

Tips : Jika anda travelling ke China dan ada tidak mengerti sedikit pun bahasa Mandarin atau Hokkian, sebaiknya anda mendownload aplikasi Learn Chinese ini jadi kita akan lebih mudah berkomunikasi, asal anda tahu hampir 80% masyarakat Chinese tidak bisa Bahasa Ingris so be prepared.

Karena hari masih pagi dan hari ini adalah hari biasa saya pun antri sebentar saja. Dengan tiket seharga 150 yuan, yup tiketnya emang mahal sekaliiii…… Namun karena sudah niat ya harus kita jalanin. Memasuki gerbang satu persatu pengunjung dilakukan scan tiket, masuk lah ke sebuah taman rupanya masih jalan lagi sekitaran 1-3 km lagi sebelum sampai ke main entrance jadi sekitar 15 menit jalan kaki, bagi anda yang tidak mau jalan kaki ada fasilitas shuttle ke main entrance dengan harga 5 yuan saja, saya seperti biasa backpacker hemat saya pilih jalan kaki biar sehat hehehe, pada saat di ujung main entrance ada periksa scan tiket kembali dan tibalah kita di pekarangan museum.

Rute Museum Terracotta sumber : chinahighlihts.com

Sesuai dengan peta yang saya lampirkan ada 3 gedung utama yang bisa kita kunjungi di museum ini saya sebut nama gedungnya sebagai Vault. Museum ini sendiri luasnya adalah 16.300 M loh jadi sebaiknya anda siapkan waktu kurang lebih 3 jam biar puas jelajah musuemnya

Vault One berisi pasukan terracotta yang menjadi main atrraction disini. Pada vault ini ada ribuan patung pasukan terracota beserta dengan kuda dan kereta kencananya, kabarnya vault ini adalah tempat penemuan pertama dari para prajurit teracotta ini.

IMG_0301

Vault One

Berikut sekilas cerita tentang penemuan para prajurit ini, jadi sebelumnya lokasi musuem ini ada areal pertanian milik seorang petani yang pada saat sedang mengerjakan tugas nya pada tahun 1974 dia menemukan sebongkah batu yang mirip dengan pecahan patung. Pemerintah China adalah salah satu pemerintah yang sangat memberikan perhatian terhadap situs situs arkeologi dengan sigap mereka langsung melokalisasi daerah ini dan menjadikan situs tersebut sebagai tempat penelitian yang sampai saat ini sudah bisa kita saksikan bersama. Terima kasih pak petani dan pemerintah China.

Kita kembali ke Vault One yang merupakan gedung pertama yang saya singahi, wah gimana ya ini udah seperti hanggar pesawat sih kalau saya lihat luas banget dan disini berjejer lah para prajurit penjaga makam ini. Saat ini sudah kurang lebih 3000 prajurit yang sudah berhasil dirangkai oleh para arkeolog. Sekedar informasi bahwa awalnya bentuk prajurit teracotta hanyalah kepingan demi kepingan saja namun dengan ketekunan dan kegigihan para excavator ( ala ala scavenger kalau di Star Wars) mereka berhasil sedikit demi sedikit merangkai tubuh sang prajurit. Nampaknya pekerjaan seperti ini butuh kesabaran tingkat tinggi. Dan kabarnya lagi masih banyak prajurit yang masih terkubur, malah berdasarkan literatur sejarah ada sekitar 10 ribu prajurit yang memang dibangun oleh Kaisar Qin Shi Huang untuk menjaga makamnya ini.

kaisar

Kaisar Qin Shi Huang pendiri dinasti Qin

Kaisar Qin Shi Huang merupakan kaisar pertama yang menyatukan seluruh China Daratan ke dalam satu kekaisaran dimana sebelumnya mereka hanya terdiri dari beberapa suku-suku. Ada dua tempat yang menjadi hasil karya luar biasa dari sang kaisar yaitu Pertama adalah Tembok Besar China yang disebut The Great Wall merupakan hasil karyanya dengan ide menjaga wilayah China dari serbuan negeri tetangga ketika itu adalah Mongolia dan Russia. Kedua adalah makam besarnya yang kita kenal sebagai Terracota Warriors ini.

Sang kaisar adalah kaisar yang sangat takut akan kematian, pada saat dia hidup dia pernah membuat sebuah ekspedisi para kaum terpelajar dan ilmuwan di China kala itu untuk misi mencari buah keabadian yang kabar nya ada di timur jauh. Selama kurang lebih 10 tahun team ekspedisi tersebut mencari dan mereka memang tidak pernah menemukan adanya buah yang diinginkan sang Kaisar. Namun karena sang kaisar adalah sang adidaya dimana jika mereka pulang hukuman mati pasti akan tarian sambutan buat mereka, maka team tersebut tidak berani pulang ke China kabarnya mereka terus pergi menembus laut dan diceritakan mereka adalah cikal bakal nenek moyang orang Jepang, menurut cerita mereka sampai di “Pulau Hantu” yang kala itu merupakan sebutan untuk Jepang yang merupakan pulau tak berpenghuni tersebut. Saya garis bawahi ya bahwa ekspedisi tersebut berisi semua orang pintar dan illmuwan di China ooo pantesan orang Jepang pintar pintar yah hehehe saya cuman menyimpulkan saja sih.

Walaupun takut kematian, Sang Kaisar sendiri pun sudah mempersiapkan diri untuk kematian (sebuah paradoks memang si kaisar ini) sejak awal dia naik tahta. Pembangunan makam nya dimulai sejak masa beliau berkuasa dengan mengerahkan para buruh terbaik di negeri ini. Para pematung pun mulai memahat satu per satu prajurit dimana agar benar terlihat nyata maka satu per satu patung harus mempunyai bentuk wajah yang berbeda beda. Wah saya benar benar tidak bisa membayangkan betapa ini merupakan sebuah proyek yang raksasa yang sangat detail kala itu setelah The Great Wall, apalagi jika sampai ada satu patung yang terlihat sama kabarnya sang Kaisar selalu meminta laporan langsung 0leh pengawas setiap hari yang mengunjungi perkembangan proyeknya ini jadi jika ada laporan kesalahan krekkk langsung hukuman mati buat si pematung.

Mohon maaf sebelumya karena kepanjangan cerita tentang Kaisar Qin yang sangat saya kagumi tersebut. Kemudian kita lanjutkan ke Vault One, di sini sudah berjejeran orang pada mau selfie dan wefie an jadi saya agak kesulitan mempelajari setiap bacaan yang ada di Vault ini. Saya sempat bertanya apa maksudnya jejeran patung prajurit ini jadi ide awalnya adalah sang kaisar mempunyai pasukan yang sangat luar biasa kala itu, sehingga pada saat dia mati dia ingin pasukanya tetap menjadi pasukan terkuat dengan mengabadikan pasukannya tersebut yang bertujuan menjaga sang Kaisar walaupun di alam baka. Patung para prajurit bertinggi 170-180 cm, menghadap ke arah timur yang merupakan ibukota kerajaan kala itu (Kota Xianyang).

IMG_0297

Megah Sekali ini sangat luar biasa

IMG_0313

Jika dilihat satu persatu memang masing-masing ada perbedaan fisik

IMG_0335

Bayangkan jika mereka adalah deretan manusia yang siap berperang

Tips : Jika ingin selfie ataupun wefie di sini saya berikan tips sebaiknya anda datang jam 12 siang, karena kebiasaan orang China adalah makan tepat waktu jadi pada pukul 12 siang itu sepi banget loh. Dan akan kembali datang pada pukul 13 siang.

IMG_0307

Rapih sekali formasi para pasukan elit ini

Takjub banget memang ketika melihat Vault One, deretan prajurit ini memang menyadarkan saya betapa luar biasanya negeri ini kala itu dan memang tujuan kaisar Qin Shi Huang berhasil meyakinkan saya bahwa ya anda memang kaisar yang luar biasa. Sebenarnya patung-patung ini terdapat warna namun karena sudah ribuan tahun kepingan patung pun warnanya memudar, dan memang kalau diperhatikan secara detail ada perbedaan antara satu prajurit dengan prajurit lainya baik kepangan rambutnya maupun corak wajahnya. Ada juga persenjataan baik itu pedang, busur panah, dan kereta kuda beserta kudanya.

Vault Two merupakan tempat kedua ditemukanya pasukan ini, di sini ada juga barisan prajurit namun tidak sebesar di Vault One. Saya mendapatkan kesempatan melihat beberapa arkeolog yang lagi berusaha menyatukan keping demi keping, saya rasa ini merupakan pekerjaan yang membutuhkan kesabaran dan keuletan tingkat tinggi ya. Kagum sih sama mereka yang sudah berupaya bekerja keras tersebut.

IMG_0372

Ini dia para arkeolog yang sabar sekali

IMG_0374

Tampilan kneeling Archer di Vault Two

IMG_0378

Para arkeolog sedang bekerja dengan gigih

Titik utama di vault ini adalah bagian diorama berisi tulisan dan patung yang bergambar disertai penjelasan yang membantu kita memahami lebih lanjut tentang kisah makam ini. Saya di sini belajar tentang ada beberapa jenis prajurit yang sudah ditemukan oleh para arkeolog yaitu sebagai berikut :

Prajurit Berkuda merupakan jenis prajurit dengan mengunakan kuda yang dilengkapi dengan jirah besi membawa pedang dan panah untuk menaklukan musuh. Prajurit tipe ini adalah prajurit Garda depan yang siap menjadi pasukan utama yang menyerang musuh

IMG_0389

Prajurit Berkuda

Prajurit Pemanah Jarak Jauh, merupakan prajurit yang dilengkapi dengan panah jarak jauh dan posisinya adalah berdiri (Standing Archer) mereka tidak mengunakan jirah tapi jubah biasa karena mereka menembak dari jarak jauh dan mereka berdiri berkelompok membentuk sebuah formasi yang mengagumkan.

IMG_0396

Standing Archer Sang Pemanah Jarak Jauh

Prajurit Pemanah Jarak Dekat, merupakan satu bagian dengan pasukan berkuda dimana mereka berada di tengah sedangkan pasukan berkuda di depan, posisinya memang seperti duduk karena mereka pemanah jarak dekat yang harus menyerang musuh dari jarak yang cukup namun tidak terlalu dekat apabila mereka bergerak biasanya mereka berguling dan posisi menembak harus dalam keadaan berjongkok, mereka bertugas melindungi pasukan berkuda jika ada yang menyerang mereka.

IMG_0406

Kneeling Archer

Middle Rangking Officer, adalah pasukan elit yang  mempunyai kemampuan bertempur luar biasa dilengkapi dengan jirah yang lebih kuat dibandingkan pasukan berkuda, pedang terbaik dan panah mereka baru keluar setelah pasukan berkuda dan para pemanah terjun terlebih dahulu dan biasanya mereka ini sebagai tenaga pamungkas jikalau musuh semakin kuat.

IMG_0403

Middle Rangking Officer

High Rangking Officer, ini adalah level paling tinggi dalam pasukan langsung berkordinasi dengan sang kaisar sendiri. Level mereka adalah level strategi jadi mereka lah yang memberikan perintah kapan akan mulai menyerang dan kapan mundur.

IMG_0400

High Rangking Officer yang saat ini setara Jenderal

Menjelang siang dan setelah puas mempelajari tentang berbagai jenis pasukan elit nya Kaisar Qin, saya pun berkunjung ke Vault Three yang merupakan vault terakhir penemuan situs ini di sini tidak banyak yang bisa dilihat karena masih banyak patung yang belum jadi, yang menarik adalah di sini juga ada jasa foto loh jadi kalau Anda tertarik untuk berfoto bersama prajurit Terracota jangan sungkan untuk memakai jasa foto di sini.

IMG_0408

Ferdi Cullen dan Pasukan Terracotta

Tips : Untuk berfoto bersama replika pasukan Teracota bisa Anda dapatkan di Vault Two dan Vault Three, sama saja sih sebenarnya dimana di Vault Two sebenarnya baru dibuka karena biasanya di Vault Three untuk berfoto antrianya panjang. Jika anda tertarik untuk berfoto biayanya lumayan murah menurut saya yaitu 5 yuan anda bisa mengunakan kamera anda sendiri dan waktu maksmial 5 menit berfoto dengan berbagai pose yang anda sukai.

Di luar musuem ada beberapa bangunan kecil yang berisi toko menjual souvenir jadi jika anda ingin membeli souvenir ya bisa dibeli di sini, selain itu ada juga resto dan cafe tapi harga di sini ya memang sedikit lebih mahal. Selesai mengelilingi museum saya pun keluar dengan mengikuti jalur yang sama ketika masuk. Mohon diperhatikan ya yang anda ikuti harus sesuai dengan ketika anda masuk jadi jangan membelok ka arah lain yang justru bisa buat nyasar. Untuk kembali ke Xi’an anda bisa menuju ke parkir Bus ketika anda turun dan di situ cari kembali bus sebelumnya naik dan anda dapat kembali dengan Aman.

IMG_0423

Pepatah Kaisar Qin di Vault Three

Puas rasanya setelah berkeliling saya pun mendapatkan banyak sekali inspirasi dari kunjungan saya ke museum ini. Kaisar Qin engkau memang luar  biasa saya sangat salut sekali dengan Anda. Betapa anda benar-benar seorang kaisar yang walaupun otoriter tapi anda benar-benar memikirkan masa mendatang dan menurut saya Anda berhasil untuk membawa nama Anda bahkan sampai ribuan tahun kemudian dikenal oleh dunia apalagi sama saya seorang Pria Indonesia ini.

Demikian kisah perjalanan saya satu lagi pengalaman hidup yang tidak akan pernah saya lupakan.

Ferdi Cullen

One comment

  1. […] sedikit pengalaman saya ke China dalam beberapa tema seperti kisah di Muslim Street dan Teracotta Warrior jika ada waktu mohon dilihat postingan saya […]

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: