7 DAYS CHALLENGE ON NATURE PHOTOGRAPHY

Beberapa waktu yang lalu tepatnya di bulan Juni 2016, saya dinominasikan salah seorang rekan kerja di kantor untuk memposting foto-foto terbaik yang berhubungan dengan Alam atau Nature selama 7 hari berturut-turut, di sosial media Path dan facebook, selain itu saya juga harus menominasikan  lagi rekan dan kolega lainnya agar ikut dalam tantangan tersebut. Jadi kalau dilihat-lihat sih ini merupakan salah satu program buzzer yang sangat kreatif dalam meningkatkan trafik di sosial media kita dibalik pesan aslinya yaitu mari kita lindungi alam kita. Ide dasarnya adalah dari hastag #challengenaturephotography yang didedikasikan untuk menantang para fotografer di seluruh dunia untuk memasang foto terbaik mereka bertemakan alam.

Sebelumnya saya mau ucapkan terima kasih buat mas AES yang sudah menominasikan saya dalam tantangan ini, walaupun gak ada hadiahnya tapi tantangan ini bisa meningkatkan interaksi di sosial media saya. Nah untuk mengabadikan momen tersebut di sini, saya akan ceritakan foto mana saja yang menjadi andalan saya dalam menjawab tantangan tersebut. Urutan di bawah ini tidak mempunyai skala preferensi artinya ini  random jadi tidak berurut dari yang disukai. Semoga anda para pembaca semua suka dengan jepretan sederhana saya berikut.

1.Tangkahan Rain Forest Sumatera Utara

Hari pertama saya upload foto saya ketika berada di salah satu tempat dengan alam yang terbaik yang pernah saya datangi di Sumatera Utara yaitu Tangkahan Rain Forest. Hutan ini masih menjadi wilayah The National Park of Bukit Barisan. Anda bisa lihat kisah perjalanan saya di Tangkahan melalui link ini, Save The Elephant for The Future.

Saya paling suka dengan tagline pengurus Tangkahan ini dimana menyelamatkan hewan liar seperti Gajah Sumatera adalah salah satu hal yang perlu sekali kita lakukan, dimana kita harus bisa melestarikan keseimbangan antara Alam dan kebutuhan manusia. Saat ini gejolak industrialisasi Kelapa Sawit yang begitu cepat  di Sumatera Utara dengan cepat  menghancurkan habitat asli dari Gajah Sumatera. Mereka tidak punya tempat lagi untuk berlindung. Saya berharap semoga Gajah ini dapat mempunyai tempat berlindung dan akan selalu terjaga kelestarianya. Amin. Selama saya berada di sini saya benar benar belajar bagaimana beradaptasi dengan alam dan alam adalah Guru kita yang terbaik.

DSC_0596

Mari Kita Selamatkan Gajah Sumatera

DSC_0593

Foto Berikut di Hari Pertama

2. Lembah Harau Limapuluh Kota Sumatera Barat

Lembah Harau merupakan lembah yang subur terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat, berada sekitar 138 km dari Padang, sekitar 47 km dari Bukittinggi, sekitar 18 km dari Payakumbuh, dan 2 km dari pusat pemerintahan Limapuluh Kota.

Apa yang istimewa dari Lembah ini? Pertama, lembah ini memiliki iklim tropis dan tanah yang subur, dan pastinya keindahan yang sangat menawan hati dan mata kita.Lembah ini dijuluki Lembah Yosemite di Indonesia karena memiliki keindahan yang tak kalah dari Taman Yosemite di Sierra Nevada California. Kedua, lembah ini dikelilingi batu granit terjal berwarna warni dengan ketinggian 100 sampai dengan 500 meter.Batu-batu tersebut adalah batu yang terbentuk akibat sedimentasi air laut yang surut jutaan tahun lalu, yup jadi awalnya jutaan tahun lalu lembah ini adalah lautan luas namun sedikit demi sedikit airnya surut dan jadilah salah satu lembah terindah di Indonesia ini. Saya benar-benar takjub dengan pemandangan di sini walaupun perjalanan kemari (di tahun 2015, 1.5 tahun lalu) dari Padang sangat melelahkan tapi terbayar dengan keindahan lembah ini.

IMG_20150220_174358

Perfect Pics ini Lembah Harau dan ada Rumah Gadang khas Minang

IMG_20150220_174514

Pemandangan nya membayar semua gurat kelelahan menuju ke tempat ini

IMG_20150220_174716

Ini foto yang saya upload di hari kedua

IMG_20150220_175045

Bersama teman dan Lembah Harau

3. Danau Toba

Tidak pas rasanya saya yang asli Sumatera Utara tidak memperkenalkan salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Sumatera Utara yaitu Danau Toba. Danau Toba adalah danau tekno vulkanik dengan ukuran panjang 100 km dan lebar 30 km yang terletak di Provinsi Sumatera Utara.

Kurang lebih sudah 5 tahun lalu saya datangi danau ini, yah karena kesibukan dan juga tantangan menjelajahi dunia yah dapat mengalihkan perhatian saya sejenak akan keindahan danau yang letak nya 5 jam dari kota Medan ini. Besar harapan saya setelah upload foto ini saya akan segera kunjungi danau ini kembali Amin.

DSC02824

Pinggiran Danau Toba di Saat Matahari Terbenam

DSC_0120

Ini saya 5 tahun lalu dengan Danau Toba view

DSC_0165

Nah foto ini yang saya upload di hari ketiga

4. Puncak Lawang Danau Singkarak

Tanpa sengaja dan tanpa diduga dalam perjalanan kami pulang dari Lembah Harau ke Padang, kami singgah di sebuah tempat yang disebut Puncak Lawang. Tempat ini adalah sebuah view point dari Danau Maninjau, salah satu danau di Sumatera Barat.

Lelah pun sekejap hilang dengan melihat pemandangan yang sangat indah dari Danau Maninjau tersebut, setelah kami sadari kami serasa berada di pulau melayang karena danau maninjau seperti cermin yang memantulkan awan-awan yang menjadi tempat peristirahatan yang sangat menyenangkan ini.

IMG_20150221_144258

Foto ini saya upload di hari keempat

IMG-20150221-WA0002

Aksi saya ala superman di pulau melayang di Puncak Lawang

5. Lancelin Sand Dune Western Australia

Setelah hutan, sungai, danau, dan lembah saatnya melipir ke salah satu pesona alam yang paling bikin saya penasaran yaitu Gurun. Ceritanya adalah ini kali pertamanya saya ke Gurun, Gurun Lancelin ini terletak di utara Kota Perth dan gurun ini merupakan gurun terbesar di Western Australia.

Perjalanan yang tak saya lupakan adalah dengan menaiki sebuah van dengan jalan naik turun seperti naik van di Bromo lah rasanya, kemudian menuju ke Dune yang biasa digunakan turis untuk sebuah kegiatan olahraga bernama Sandboarding. Sandboarding itu seperti surfing ada papannya kemudian surfing deh di pasir putih dari ketinggian turun ke bawah. Kegiatan Sandboarding di Lancelin adalah kegiatan yang masuk dalam things to do yang wajib jika datang ke Australia.

Ini adalah pengalaman yang luar biasa berhadapan dengan pasir putih dan perjalanan saya ini sudah 3 tahun lalu. OMG how I missed Australia so much.

20130506_153841

Ini foto yang saya upload di hari kelima

DSC_0490

Jalanan nya sangat menanjak di gurun ini

 6. Travertine Cotton Castle Pamukalle Turkey

Travertine The Cotton Castle yang terletak di Turkey tepatnya di Pamukalle wilayah Izmir ini merupakan sumber air hangat yang di dalam nya terdapat kolam antik yang dipakai ribuan tahun lalu sebagai pemandian air hangat raja-raja Romawi. Konon rumor mengatakan bahwa Cleopatra Ratu Mesir yang merupakan istri dari Julius Caesar pernah mandi di sini dan kolam ini merupakan kolam favorit beliau.

Bentuk travertine ini sangat unik yaitu menyerupai sawah sengkedan, untuk memasuki nya anda harus melepas sepatu karena sedimen kapurnya mudah rusak jika diinjak dengan alas kaki. Jika kajian ilmiahnya adalah kawasan ini terbentuk dari Carbondioxida yang menguap lalu mengendap sehingga tanahnya membentuk sebuah lapisan berwarna putih kegelapan. Sebuah pengalaman yang luar biasa yang tidak bisa saya ungkapkan dengan kata-kata ketika berkunjung ke sini sekitar 1 tahun 8 bulan yang lalu.

DSC_0553

Foto ini saya upload di hari keenam

DSC_0566

Bentuknya mirip kapas yang berlikuk sepert sengkedan

DSC_0577

Pengalaman luar biasa ke Cotton Castle ini

7. Goreme Panoramic View Cappodacia Turkey

Last atau hari terakhir yaitu hari ketujuh saya upload foto saya dengan pemandangan alam yang sangat unik dan paling berkesan selama 3 tahun saya backpakeran ngebolang. Bed of Rock sebuah kota tempat Flintstones tinggal, Flintstones adalah salah satu serial yang pernah terkenal di era 90 an. Nah di situlah saya berada kira-kira begitulah gambaranya.

Merasakan berada di sarang semut raksasa dan Bed Rock adalah perasaan saya ketika melihat pemandangan Goreme Panoramic ini kisahnya secara lengakap bisa anda baca di Berpetualang ke Tatooine. Betapa luar biasa kekuasaan Allah SWT menciptakan sebuah alam yang sangat indah ini, goretan batu yang saling menjulang benar-benar menciptakan keunikan yang masih melekat di hati saya hingga saat ini.

DSC_0696

Foto Terakhir Day 7 Nature Photo Challenge

DSC_0699

Bed Rock benar benar sangat indah

Nah demikian kisah saya menjawab tantangan dari rekan kerja saya itu semoga ada tantangan tantangan lainya yang pasti menarik untuk dilakukan. Oh iya berhubung besok adalah hari Raya Idul Fitri saya Ferdi Cullen mengucapkan

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H Taqabballahu Minna Wa Minkum

Mohon maaf Lahir Bathin.

12 comments

  1. itu photo cakep bg

    Like

    1. Terima kasih mbak Winny tapi foto nya udah lama semua hehehe old but still fresh

      Like

  2. I saw a lot of website but I think this one contains
    smething extra in it.

    Like

    1. Thank You for visited my website, hope you will come visit again

      Best Regards
      Ferdi Cullen

      Like

  3. Fastidious respond in return of this question with solid
    arguments and telling everything on the topic of
    that.

    Like

  4. Ⲟf course, what a magnificent website and enliցhtening posts, I
    surеly will bookmark your website.Have an awsomе day!

    Like

  5. Good article. I’m going through a few of these issues as well..

    Like

  6. Players line up in single file behind the sticks.

    Like

  7. I have learn several good stuff here. Certainly value bookmarking for revisiting.
    I surprise how much attempt you put to create any such magnificent informative web site.

    Like

  8. Hi there! I know this is kinda off topic nevertheless I’d
    figured I’d ask. Would you be interested in exchanging links or maybe guest authoring a blog article
    or vice-versa? My website discusses a lot of the same topics as yours and I believe we could
    greatly benefit from each other. If you happen to be interested feel free to shoot me an email.
    I look forward to hearing from you! Fantastic blog by the way!

    Like

  9. Woah! I’m really enjoying the template/theme of this website.
    It’s simple, yet effective. A lot of times it’s tough to get
    that “perfect balance” between user friendliness and visual appearance.

    I must say that you’ve done a awesome job with this.
    In addition, the blog loads super fast for me on Opera.

    Excellent Blog! http://insomniatics.com.mx/?option=com_k2&view=itemlist&task=user&id=251790

    Like

  10. Woah! I’m really enjoying the template/theme of this website.
    It’s simple, yet effective. A lot of times it’s tough to get
    that “perfect balance” between user friendliness and visual appearance.
    I must say that you’ve done a awesome job with this. In addition, the blog loads super fast for me on Opera.

    Excellent Blog! http://insomniatics.com.mx/?option=com_k2&view=itemlist&task=user&id=251790

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: