FESTIVAL PATIO CORDOBA : PERANG BUNGA PERANG TERCANTIK DI DUNIA

Kunjungan saya ke kota Cordoba pada tanggal 4 Mei 2016 merupakan kunjungan yang tidak akan saya lupakan seumur hidup saya. Tanpa disangka dan tanpa terjadwalkan saya datang ketika musim semi tiba di kota ini. Musim semi merupakan musim dimana bunga bermekaran, dan seperti yang saya jelaskan tanpa disangka saya datang ke kota ini bertepatan dengan diselenggarakannya sebuah festival bunga yang sangat terkenal di seluruh dunia bernama Festival Patio Cordoba.

DSC01957

Salah satu keindahan Patio di Cordoba

Cordoba adalah kota seribu cahaya, kota tempat bangunan legendaris bernama Mezquita berdiri kokoh setelah ribuan tahun menyaksikan peradaban negeri bangsa latin ini. Sungai Guadaluivr yang menyusuri kota ini merupakan saksi sejarah dari semua peristiwa di tanah seribu cahaya ini. Cordoba merupakan kota dengan iklim yang panas dan kering, sehingga untuk membuat suasana sejuk maka diperlukan adanya ruang hijau. Oleh sebab itu, bangsa romawi yang merupakan bangsa pertama yang menduduki kota ini merasa perlu menambahkan sebuah ruang terbuka di tengah rumah. Ruang hijau terbuka di tengah rumah itu yang disebut dengan Patio.

DSC02111

Salah satu bentuk ruang tengah yang disebut dengan Patio

Sejalan dengan penguasaan bangsa Moors yang beragama Islam di Cordoba, ruang tengah yang bermula hanya berisi pohon dan rerumputan, mulai dikembangkan menjadi sebuah kebun bunga. Mereka mengembangkan ruang tengah tersebut dengan air mancur, sumur, dan bahkan penampung hujan. Jadi setiap hujan, akan ada ratusan  ml air yang akan ditampung dan disimpan. Apakah gunanya penambahan konsep air tersebut?, gunanya adalah untuk mengembangbiakkan bunga, yup bunga perlu disiram bukan dan kadang ada bunga yang harus disiram setiap hari nya. Dengan ada nya sistem pengairan ini memberikan kesempatan untuk segala jenis bunga dapat tumbuh. Nah pada akhirnya dengan adanya bunga menambah sejuk ruang Patio itu sendiri.

DSC02117

Patio dengan balkon khas Mozaik Timur Tengah

Bunga yang digunakan adalah bunga jenis anyelir kalau bahasa latin dan biologinya adalah Geranium. Ada banyak ragam jenis bungan geranium ini dan jenis bunga ini sangat berwarna warni. Semakin tahun mulai dari bangsa moors sampai pendudukan bangsa Katolik Spanyol tradisi menanam bunga ini terus dikembangkan bahkan sampai ide untuk menggantung bunga di balkon dan teras-teras. Tujuan dari digantungnya bunga di balkon adalah karena rata-rata rumah di Cordoba punya patio yang kecil sehingga mereka tidak punya lahan lagi untuk menaruh bunga yang setiap tahun mekar tersebut. Akhirnya muncul ide dari masyarakat katolik Spanyol untuk menambah patio mereka ke atas, yup ke atas bisa di balkon, atau tembok rumah, bahkan sampai atap rumah.

DSC01948

Jalan Kota Cordoba yang dihiasi Bunga

DSC01950

Keindahan Teras Rumah di Cordoba

Munculnya ide tersebut kemudian menambah kreatifitas lagi dengan merangkai bunga-bunga itu menjadi sajian yang sangat atraktif, kemudian masing-masing rumah pasti mempunyai pengaturan dan penataan yang berbeda. Akhirnya pada tahun 1918, dengan tujuan agar budaya ini tetap dilestarikan maka dibesitkan lah oleh pemerintah setempat sebuah festival. Festival yang diadakan setiap awal musim semi ini berlangsung antara minggu pertama sampai minggu ketiga bulan Mei Festival yang membuka mata dunia bahwa di balik sempitnya gang, terjalnya jalan kota, tingginya tembok rumah dengan mozaiknya, terdapat sebuah keindahan yaitu patios yang merupakan ruang sejuk yang sangat indah. Untuk membuat semakin menariknya festival ini di tahun 1921 pemerintah pun akan memberikan awarding atau penghargaan berupa uang tunai dan sebuah tanda certificate of excellence di setiap rumah yang menang. Gak tanggung tanggung hadiahnya 1000 Euro (banyak sekali itu).

DSC01971

Petunjuk adanya Festival Patio

Itulah dia sekelumit kisah di balik festival ini. perjalanan pun saya mulai setelah kami mengungjungi Alcazar de Christianos, sebenarnya ada 7 wilayah yang mengikuti lomba ini, Ketujuh wilayah itu adalah Regina Realejo, Santa Marina San Agustin, San Lorenzo, Santiago San Pedro, Juderia San Fransisco, dan Alcazar Viejo. Kami mendatangi yang pertama yaitu di alcazar viejo (warna biru di peta). Pada saat kami datang memang sudah pukul 3 sore dimana untuk jam buka masing masing rumah ada waktu-waktunya.

Peta Festival Patio Cordoba

Berikut adalah beberapa informasi yang bisa saya bagikan jika anda mau berkunjung ke festival ini :

  1. Waktu kunjungan masing-masing rumah ditentukan oleh pemilik rumah namun umumnya adalah sebagai berikut 11.00-14.00 & 18.00-22.00 waktu lokal Cordoba
  2. Tiket masuk gratis, anda cukup tersenyum dan antri di depan rumah, namun jika kita perhatikan baik baik ada sebuah cawan yang terletak di dekat patios. Cawan tersebut berisi uang koin hasil donasi pengunjung, jadi sebaiknya saran saya mari kita mendonasikan sedikit uang kita agar pemilik patios semakin rajin untuk mencipatakan ide kreatifnya.
  3. Sebaiknya berkunjung di awal waktu ya karena jika sudah di pertengahan siap-siap antrian panjang.Dan antrian ini gak nanggung-nanggung karena bisa sampai menghalangi jalan.
  4. Waktu berkunjung di dalam patios sih sebenarnya bebas karena pemilik rumah sangat ramah jadi dia tidak mau membatasi waktu pengunjung mengagumi keindahan patios milik nya, namun saran saya 10 menit sudah yang paling lama untuk mengagumi, terus ngobrol dikit sama pemilik, jepret sana jepret sini, sama selfie, karena menurut saya kita harus toleransi juga dengan yang lagi menunggu di luar masih antri kan.
  5. Sebaiknya jangan banyak membawa barang ya selama berkunjung di patios, seperti pengalaman saya bawa tas ransel di punggung eh karena sibuk jepret jepret ehh ternyata hampir aja mengenai salah satu bunga yang lagi digantung dan sempet kena marah sedikit. Jadi intinya adalah jangan banyak bawa tas atau kalau ada ransel bagus taruh di depan saja. Pemilik bisa sangat marah dengan mengunakan bahasa spanyol kalau kita tidak berhati hati. Kasian juga kan kalau rusak sudah begitu sulit untuk membuat bunga yang artisitik. Mari kita saling menghargai.
  6. Peta dan informasi tentang patios bisa anda download dan dapatkan di website resminya sebagai berikut : http://patios.cordoba.es/es/
  7. Jika anda tidak punya banyak waktu atau akan berkunjung ke kota lain di Spanyol saran saya silahkan kunjungi para jawara tahun sebelumnya biasanya di rumah-rumah ada sedikit short description apakah rumah tersebut pernah menjadi jawara atau tidak  selama beberapa tahun terakhir.
DSC01955

Rumah ini simpel sederhana namun indah

Pada saat Festival Patio berlangsung para pemilik rumah yang mengikuti kompetisi wajib membuka selebar-lebarnya pintu rumah mereka bagi para pengunjung yang ingin melihat halaman rumah mereka. Dengan tersenyum dan bersabar akhirnya kami berhasil mengunjungi kurang lebih 6 rumah dengan tampilan bunga yang ternyata berbeda-beda ya setiap rumah. Sepantasnya memang jerih payah mereka diberikan reward yang baik, karena dari rumah-rumah tersebut saya melihat ada yang harus merangkai bunga dengan tembok tinggi 4-8 meter mereka harus investasi tangga kontraktor yang biasa digunakan untuk bangun rumah loh, ditambah ada yang mengunakan sistem drainase dengan menanamkan selang di dalam tembok jadi penyiraman dapat dilakukan secara otomatis.

DSC01977

Wall Full of Flower

DSC02079

ini temanya alcazar flower karena rumah ini bersebelahan dengan Alcazar

DSC01979

Pengunjung begitu antusias mengunjungi rumah demi rumah

DSC01972

Gang dengan bunga di salah satu sudut Juderia

Atraksi perang bunga ini menurut saya adalah atraksi yang pantas untuk dijadikan salah satu kunjungan Anda jika datang ke kota Cordoba pada bulan Mei. Kita mempunyai kesempatan untuk bisa melihat berbagai jenis arsitektur patio mulai dari yang tradisional (mengunakan tangga, sumur, dan air mancur) sampai yang modern (mengunakan mesin crane, dan drainase otomatis). Keuntungan yang dapat kita peroleh adalah kita dapat menambah wawasan tentang budaya dan tata cara hidup yang masih dipegang teguh sampai generasi masa kini. Berdasarkan website resmi selain bunga di malam hari juga ada pertunjukan musik akustik yang bisa dinikmati terutama bagi rumah patio yang buka sampai malam hari.

DSC02103

Antusiasnya Bapak ini mengabadikan keindahan Patio

DSC02100

Saya dan Patio Favorit saya

Keindahan kota Cordoba juga menjadi lebih terpancar selain seribu cahaya nya yang memang legendaris itu, dengan adanya bunga-bunga terutama yang menghiasi balkon, teralis, dan teras rumah dimana dengan gang sempit menjadi lebih indah dan artistik. Dan akhir cerita saya pun saat ini masih mencari cara dan inspirasi pengen membuat halaman rumah saya yang sederhana dengan bunga yang digantung wish me luck ya

Ferdi Cullen

4 comments

  1. Ini hasil jalan-jalanmu kemarin ke Andalusia ya Fer? Ah seruuuu … Jadi teringat tekad ke Cordoba yang belum kesampaian nih. Nice post Fer, aku suka foto-fotomu. Menarik 🙂

    Like

    1. Terima kasih Mas Bart sering-sering mampir ya mas

      Liked by 1 person

      1. Siap! Sering-sering diupdate juga ya Fer 🙂

        Like

  2. […] Betapa beruntungnya saya ketika mengunjungi kota Cordoba ini terdapat sebuah festival bernama Festival Patio yaitu sebuah festival yang diselengarakan bertepatan dengan musim semi di kota ini. Banyak sekali bunga yang terpanjang di sudut kota dan sekaligus teras rumah. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat postingan saya berikut yang lebih lengkap mengenai Patio. […]

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: