Flashback Journey Australia Trip : Hello Perth dan Berjalan di Taman Terindah di Dunia

A Little Flashback, setelah melihat lihat album foto saya, saya jadi ingin terinspirasi dan ingin menceritakan kisah flashback dari travelling pertama saya yaitu ke Australia di tahun 2013. Tak terasa sudah dua tahun yang lalu ya. Waktu cepat sekali berlalu.

Jadi ceritanya gini ketika itu saya masih newbie sekali di dunia travelling, namun kegiatan tersebut membuat saya sangat tertarik dan atas ajakan dari rekan kerja saya di kantor sebut Namanya NN (dia sudah expert travelling hehehe). Dia mengajak saya ke negara kanguru tersebut yup negara kangguru pasti tau dong dimana, yup Australia sebagai Aussie Trip : My first Backpacker and Unforgettable Trip.

Perjalanan kami tempuh selama 10  hari mulai dari 2 Mei dan tiba kembali di Indonesia pada tanggal 13 Mei, perjalanan yang cukup lama dan juga membuat saya dan bos saya agak bertekak urat syaraf terutama masalah cuti hehehe tapi alhamdulillah dengan perjuangan dan negosiasi saya berhasil meyakinkan bos saya itu untuk ijinkan saya cuti Dan tunggu apalagi let’s Go.

Sebagai yang baru masuk dalam dunia perbackpackeran pastinya saya tidak begitu memahami, dan tiba-tiba saya langsung meloncat ke negeri kangguru ini. Ada yang bilang pasti susah approved visanya, plus gak mau coba Indonesia dulu atau ASEAN aja lah. Iya sih sebenarnya semua pendapat dan argumen saya tampung karena saya tipikal orang yang listener. Namun pastinya cerita orang berbeda kan so why not jika saya travel pertama kali ke negara kangguru ini.

Setelah coba tanya sana sini mengenai info VISA dan lainya (mhn maaf saya gak bahas sesi visa ya) akhirnya Visa saya approved. Nah pas awalnya visa tersebut approved agak bingung dan ragu juga karena tidak ada visa yang ditempel di paspor, rupanya memang demikian mereka mengunakan sistem paperless aka E-Visa. Alright setelah yakin 80-90%  hari H tiba saya tetap memberanikan diri deh, saya akan tetap pergi.

Waktu yang dinantikan pun tiba lets Go dan ketika itu saya sangat excited. Itinerary sudah kami buat dengan sangat rapih. Direncanakan kami akan mengunjungi beberapa kota di Australia, Pertama di Australia Barat yaitu Kota Perth dan Fremantle, dilanjutkan dengan Melbourne dan berakhir di Sydney.

HELLO Perth 

Kami tiba di Perth melalui gerbang Indonesa timur yaitu dari Denpasar, Perjalanan dari Medan ke Denpasar memakan waktu satu harian, berbekal tiket promo dari AA maka kami tiba pagi hari sekali dan ternyata udara sangat dingin. Dengan mata ala ala zombie kami melangkah keluar menuju imigrasi. Eitss don’t forget about Random Check Immigration, sebagai yang baru pertama menginjakan kaki ke Australia dan luar negeri,jelas dong ditanyain namun berkat kepiawaian temen perjalanan saya ini akhirnya saya terlepas dari random check syukurlah. Thanks Buddy youre really nice friends.

Hello Perth, itu yang saya teriakan ketika tiba keluar bandara, agak Salah kostum karena udara yang sangat dingin saya agak kedinginan gitu dan dimulailah petualangan di Perth

20130504_050138

Tiba Pagi hari di Perth mata masih kayak Zombie

20130504_070701

Breakfast at Costa Cafe

ferdicullen

Britania On Williams Hostel, tempat kami bermalam di Perth hostelnya ala ala castle di UK

Sekilas tentang Perth. Perth berdasarkan informasi di wikipedia adalah Ibukota Negara bagian Western Australia, dan merupakan salah satu kota termahal di Australia (iya sih saya sangat merasakan nya). Western Australia atau disingkat di sini WA, adalah negara bagian terbesar di Australia hampir 36% penduduk Australia ada disini mulai dari Aborigin penduduk lokal, sampai komunitas orang Asia tapi sangat sedikit warga Indonesia, warga Indonesia lebih banyak di Melbourne dan Sydney atau Canberra.

Perth merupakan tempat yang tepat untuk menjelajah budaya asli Australia dan alam Australia, tapi kalau saya lihat alam Australia ini mirip dengan Indonesia Timur (walaupun saya belum pernah ke Indonesia Timur), saya melihat hampir ada kemiripan dengan Bali, Kupang, Ende, bahkan Sumba hmmm…. (ini fakta lo). Namun bak negara-negara di Eropa, Perth mempunyai banyak restoran, museum, teater, dan pusat hiburan yang ala ala UK gitu. Dan tidak terkecuali adalah taman taman nya, saya sangat tertarik mengunjungi taman di perth karena sudah menjadi budaya masyarakat Inggris untuk melakukan ritual berjalan-jalan di taman baik sore hari, pagi hari maupun pada saat weekend sambil piknik membawa perbekalan dan ngobrol-ngobrol bareng kolega.

King’s Park Botanic Garden Perth

Nah perjalanan kami dengan menaiki CAT bus menghantarkan kami ke taman yang begitu indah ini, sekilas tentang CAT bus adalah salah satu moda transportasi di Perth yang Gratis dan mengelilingi spot spot menarik di kota ini. Saya ambil Blue Cat Circles yang muncul setiap 15 menit sekali. Akhirnya kami sampai, nama tamannya adalah King’s Park Botanic Garden.Taman ini merupakan tempat wisata utama di Perth, hawanya sangat sejuk (gak berasa dingin padahal suhu waktu itu 14 derajat celcius) selain itu banyak pohon-pohon tua yang menurut informasi sudah berusia 750 tahun, tapi tidak seperti pohon beringin ya tampilan pohonya bener bener adem dan gak angker seperti pohon-pohon tua di Indonesia.

Luas taman ini adalah 400 hektar dan ditanami oleh sekitar 12 ribu jenis tanaman dan merupakan salah satu taman terbaik di dunia lo (infonya mengalahkan Hyde Park di London).Botanic Garden di Kings Park mulai dibuka untuk umum sekitar tahun 1965. Sebelumnya hanya para bangsawan saja lo yang boleh mampir ke taman ini. Kings Park sendiri dibangun oleh John Forrest sejak tahun 1894-1918. Dia awalnya dikenal sebagai penjaga hutan lindung di kawasan Swan River, sehingga dinobatkan menjadi ‘bapaknya’ Botanic at King Park.

DSC_0037

Ini salah satu contoh pohon yang umurnya udah 750 tahun itu, gak terkesan angker kan

Yang menarik di Botanic Garden, banyak pepohonan yang berusia ribuan sampai ratusan tahun. Kebanyakan pohon memiliki manfaat bagi kesehatan, dan ini sudah digunakan ribuan tahun oleh penduduk pribumi, Aborigin. Menariknya selain padang rumput disini juga dijadikan tempat untuk bersantai warga lokal.

Bicara mengenai view, viewnya super sekali kalo kita berjalan terus ke atas maka ada bukit yang disebut Mt. Eliza sebuah bukit yang bisa memandang kota Perth dan Sungai Swan yang melintasi kota tersebut. Swan River ini merupakan sungai yang menjadi icon dari kota Perth.

Satu lagi banyak monumen-monumen yang sangat indah menghiasi taman ini, diantaranya adalah Monumen perang dan ada juga monumen untuk Ratu Victoria, mengingat bahwa negara ini adalah negara persemakmuran Inggris dimana Ratu Victoria adalah ratu yang berkuasa ketika terjadi penguasaan akan negara ini.

DSC_0092

Akhirnya Sampai di King’s Park Botanic Garden

20130504_122608

Pemandangan dari Mt. Eliza, kota Perth dan Swan River yang sangat indah

20130504_122603

Warga Perth bersantai di taman sambil ngobrol bersama kolega dan keluarga

20130504_122516

Selain pohon berusia tua di taman ini juga terdapat monumen perang

Setelah lelah berkelana sana sini maka saatnya melakukan foto selfie dan alhamdulillah kebetulan foto saya di sini lumayan banyak, hehehe jujur karena First Time Travel and backpacking jadi agak lepas kendali dan semua mau difoto. Berikut beberapa fotonya :

DSC_0079

Di Samping Patung Queen Victoria

DSC_0044

Salah Satu Monumen Perang di King’s Park

DSC_0087

Menikmati View di Mt. Eliza

DSC_0106

Salah Satu spot terbaik ini dimana bunganya sedang berwarna merah

DSC_0095

Monumen perang yang terbesar di taman ini

DSC_0105

Monumen perang dihiasi bunga, sangat cantik sekali

DSC_0064

Rupanya ada monumen bom bali juga di Taman ini In Memoriam Bom Bali 2002

Saat dibaca satu per satu ternyata ada monumen yang khusus bom bali disini, iya juga ya mengingat warga Australia merupakan korban terbesar ketika terjadi pengeboman di Legian Bali tahun 2002 lalu. Nice inspiration.

Nah demikian kisah saya pertama kali backpacker dan sampai di Perth sebenarnya masih banyak lagi cerita menarik di Perth dan kota lainya di Australia yang saya jelajahi. Sampai jumpa di postingan berikutnya.

King's Park Botanic Garden
Address: Fraser Ave | West Perth, Perth, Western Australia 6005, Australia
Transportasi : Blue CAT Circle LINE 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: